XL Axiata Hadirkan VoLTE di Indonesia Secara Bertahap

Telset.id, Jakarta – XL Axiata menghadirkan layanan Voice over LTE (VoLTE) di Indonesia. Layanan ini hadir secara bertahap di beberapa kota dan VoLTE hadir untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan menghadirkan layanan panggilan telepon menggunakan jaringan 4G LTE.

Menurut Group Head Commercial GTM XL Axiata Rahmadi Mulyohartono, VoLTE adalah layanan percakapan (voice) atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan VoLTE, panggilan telepon menjadi lebih baik di mana kualitas suara menjadi sangat jernih.

“Melalui VoLTE maka kualitas suara yang dihasilkan lebih jernih yaitu HD Voice,” kata Rahmadi dalam konferensi pers virtual pada Selasa (18/08/2020).

Rahmadi menambahkan bahwa layanan VoLTE milik XL ini juga dapat menunjang kegiatan pengguna khususnya saat mengakses internet.

{Baca juga: XL Axiata Hadirkan PRIO Club dengan Kuota 300 GB}

Selama ini, ketika pengguna menggunakan panggilan telepon melalui jaringan 2G atau 3G maka jaringan internet di smartphone akan mati karena terjadi perubahan pemakaian jaringan dari 4G menjadi 2G atau 3G.

“Saat melakukan panggilan melalui jaringan 2G atau 3G maka otomatis internet akan terputus,” tutur Rahmadi.

Namun melalui VoLTE maka pengguna bisa menggunakan internet karena saat menggunakan layanan VoLTE, jaringan tetap di jaringan 4G sehingga internet masih bisa diakses oleh pengguna. Bahkan panggilan telepon bisa lebih cepat tersambung.

“Jaringan VoLTE memiliki kecepatan sambung yang jauh lebih cepat dengan suara yang jernih,” ucap Rahmadi.

{Baca juga: Percepat Transformasi Digital, XL Axiata Gandeng Google Cloud}

Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa juga mengatakan jika untuk tahap awal saat ini, jaringan XL siap mendukung layanan VOLTE di wilayah Jakarta dan Medan. Selanjutnya, perusahaan akan terus memperluas ke area lainnya seiring dengan penyiapan jaringan infrastruktur pendukungnya.

Untuk kesiapan jaringan mendukung layanan VoLTE ini, XL akan bekerja sama dengan Ericsson dan Huawei sebagai mitra teknologi untuk jaringan radio dan core.

‚ÄúSecara bertahap, hingga akhir tahun 2020 ini layanan VoLTE XL akan ada di 13 kota yang kemudian akan terus kami perluas. Kami memastikan jaringan yang dimiliki telah memenuhi kriteria kualitas yang ditetapkan untuk menggelar layanan VoLTE,” kata Gede.

{Baca juga: Awal 2020, Pendapatan XL Axiata Tembus Rp 6,5 Triliun}

“Optimasi jaringan juga telah dilakukan untuk memastikan semua fitur utama dapat dijalankan, seperti antara lain layanan VoLTE to VoLTE, VoLTE to non-VoLTE seperti layanan suara 2G dan 3G dan sebaliknya, termasuk juga layanan Video over LTE (ViLTE),” tutup Gede.

Pada tahap awal ini layanan VoLTE didukung oleh lebih dari 3.000 BTS 4G XL Axiata yang tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Medan.

Saat ini XL sedang menyiapkan BTS-BTS di kota-kota lainnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya. Operator asal Malaysia ini perlu melakukan optimasi jaringan secara menyeluruh sehingga benar benar siap untuk layanan VoLTE.

Jika semua jaringan sudah selesai dioptimasi, XL berencana ke depan seluruh BTS 4G/LTE akan dipersiapkan untuk mendukung layanan VoLTE. [NM/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -