telset

5 Aplikasi untuk Cek Layar HP Android Rusak atau Tidak

Telset.id – Layar HP Android rusak dan tidak berjalan dengan normal? Atau ada bagian di mana layar tidak memberikan respon apapun saat disentuh? Mungkin ada indikasi layar ponsel pintar rusak. Tenang, kami akan membantu Anda dengan memberikan rekomendasi aplikasi cek layar HP Android rusak atau tidak.

Sebelum mengambil kesimpulan dan buru-buru pergi ke service center, terlebih dahulu lakukan pengecekan apakah layar HP Android Anda rusak atau tidak. Pengecekan bisa dilakukan secara mandiri dengan menggunakan aplikasi yang ada di Play Store.

Dengan menggunakan aplikasi rekomendasi dari kami, Anda dapat mengetahui apapun terkait kondisi layar. Aplikasi-aplikasi ini pun bisa membantu Anda mengidentifikasi dan mendiagnosis masalah apa yang terjadi pada layar ponsel pintar.

{Baca Juga: Cari Penghasilan Tambahan? Cobain 7 Aplikasi Kerja Sampingan Online}

Oleh karenanya, simak terus rekomendasi aplikasi tes layar Android berikut ini:

Touch Screen Test

Download

Aplikasi Cek layar Android Rusak

Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan pada layar smartphone adalah Touch Screen Test. Meski terlihat sederhana, namun aplikasi ini cukup berguna.

Touch Screen Test berfungsi untuk melakukan pengujian pada layar ponsel pintar Anda. Caranya, cukup menggunakan tombol volume naik dan volume turun untuk melakukan navigasi dalam menu aplikasi.

Selain itu, aplikasi cek layar HP ini juga bisa digunakan untuk mengecek dukungan multi-touch pada layar.

Screen Test Pro

Download

Selanjutnya ada aplikasi layar HP bernama Screen Test Pro. Aplikasi satu ini tergolong baru, tetapi bisa diandalkan untuk membantu Anda menguji layar sentuh HP Android Anda.

Aplikasi cek LCD ini mampu memberikan gambaran umum dan terperinci mengenai layar smartphone Anda. Disajikan pula beragam informasi dari layar seperti resolusi, piksel, kerapatan layar, besaran DPI dan lain sebagainya.

Screen Test Pro juga bisa mendeteksi rendering warna layar yang bermasalah, piksel yang mati, bright spot, dan masalah lainnya.

{Baca Juga: 7 Software untuk Presentasi Terbaik, Alternatif Selain PowerPoint}

Touchscreen Test

Download

Aplikasi Cek layar Android Rusak

Cara melihat lcd hp rusak atau tidak yang berikutnya adalah dengan Touchscreen Test. Aplikasi besutan Anton Mokshyn ini bisa digunakan untuk membantu Anda menemukan area yang rusak pada layar smartphone.

Aplikasi ini pun memiliki metode yang sedikit berbeda dibanding aplikasi lainnya. Touchscreen Test menggunakan metode menemukan bintik-bintik mati di layar HP Android.

Cara kerjanya adalah dengan memunculkan lingkaran di layar. Kemudian, Anda diharuskan menyentuh semua lingkaran. Apabila layar normal, maka lingkaran akan menyala hijau. Sebaliknya, jika terdapat masalah maka lingkaran tidak akan menyala.

Multitouch Tester

Download

Nah, kalau aplikasi cek layar Android Multitouch Tester ini bisa digunakan untuk mengetahui berapa banyak jari atau sentuhan yang bisa diakomodir oleh layar smartphone.

Anda hanya tinggal menyentuh layar dengan jari satu per satu. Aplikasi akan mencatat berapa banyak jari yang menyentuh layar dengan ikon lingkaran.

Jika sentuhan berikutnya lingkaran tersebut tidak muncul, maka sebanyak itu jumlah sentuhan yang bisa didukung layar smartphone Anda. Sejauh ini, maksimal multi-touch yang didukung smartphone adalah 10 jari atau sentuhan sekaligus.

Display Tester

Download

Aplikasi Cek layar Android Rusak

Aplikasi cek layar HP ini memiliki fitur yang cukup banyak untuk melakukan pengujian pada layar smartphone. Display Tester juga mendukung pengujian di banyak jenis layar, seperti LCD, OLED, atau AMOLED.

Serangkaian pengujian yang bisa dilakukan melalui aplikasi ini antara lain, tes warna, kalibrasi gamma, Screen Viewing Test, Dead Pixel Test, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia tadi beragam aplikasi yang dpat membantu Anda cek layar HP Android rusak atau tidak. Semoga tidak ada masalah yang ditemukan, dan smartphone Anda bisa berfungsi secara normal seperti biasa.

(HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0