Percepat Transformasi Digital, XL Axiata Gandeng Google Cloud

XL Axiata Google Cloud

Telset.id, Jakarta – XL Axiata bekerja sama dengan Google Cloud untuk transformasi digital dan meningkatkan layanan lewat strategi hybrid-cloud yang sedang dijalankan perusahaan.

XL Axiata mengumumkan dua inisiatif kemitraan strategis untuk melanjutkan perjalanan transformasi digital perusahaan, lewat kerja sama dengan Google Cloud.

Dua inisiatif itu adalah, melanjutkan strategi hybrid-cloud XL Axiata dengan platform Anthos dari Google Cloud, dan mengalihkan 70% beban kerja perusahaan ke cloud dalam tiga tahun ke depan.

Melalui Anthos, XL bisa membangun dan mengelola aplikasi berbasis Kubernetes, baik yang ada di pusat data lokal, Google Cloud, atau solusi cloud lainnya, tanpa perlu modifikasi.

{Baca juga: Trafik Data XL Axiata Naik 25% Selama Lebaran 2020}

XL juga ingin mengimplementasikan platform analisis data Google Cloud yang bisa diskalakan untuk menyempurnakan pengalaman pelanggan melalui teknologi berbasis data dan Artificial Intelligence (AI).

Platform tersebut dapat membantu XL Axiata untuk menganalisis data dengan lebih cepat sehingga bisa meningkatkan  pelayanan kepada pelanggan.

Chief Information and Digital Officer XL Axiata Yessie D. Yosetya mengatakan jika kemitraan strategis dengan Google Cloud dapat memodernisasi infrastruktur, meningkatkan fleksibilitas bisnis dan mempercepat deployment atau penyebaran aplikasi.

“Anthos sangat ideal bagi kami karena memungkinkan kami mengadopsi kontainer sekaligus memungkinkan Google, pemimpin di teknologi Kubernetes, melakukan pengelolaan infrastruktur kontainer bagi kami,” kata Yessie melalui keterangan resmi pada Selasa (09/06/2020).

Inisiatif kemitraan strategis yang kedua adalah XL Axiata menjadi partner interkoneksi Google Cloud. Dengan kemitraan ini keduanya akan bisa menyajikan konektivitas berkecepatan tinggi dan layanan cloud.

Selain itu berpeluang pertumbuhan digital terbaik bagi pelanggan di Indonesia, dengan kemampuan transfer data yang andal antara kelima pusat data XL Axiata dan jaringan global Google.

{Baca juga: RUPS XL Axiata Bagi Dividen 215,7 M dan Rombak Susunan Direksi}

Melalui Interkoneksi Partner, traffic antara jaringan lokal dan Google Cloud lebih aman karena tidak melewati jaringan internet publik, melainkan diarahkan melalui jalur langsung di jaringan milik XL. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here