telset

10 Tips Ampuh Mengamankan HP Android Biar Gak Mudah Dihack

Telset.id – Tips atau cara untuk mengamankan HP Android agar tidak dihack orang tak bertanggung jawab wajib Anda ketahui. Jangan sampai ponsel kesayangan Anda dirusak oleh hacker, dan bikin data-data penting yang tersimpan di dalamnya turut terkena dampaknya.

Kasus HP Android yang dihack memang cukup marak terjadi. Rata-rata, para korban terkena tipuan aplikasi populer yang mereka download di situs atau aplikasi non-resmi.

Oleh sebab itu, penting untuk menjaga keamanan smartphone Android agar tidak diretas oleh para hacker yang tidak bertanggung jawab. Nah, kali ini tim Telset akan membagikan beberapa tips agar HP Android lebih aman dan tidak dihack oleh para peretas.

Setidaknya ada beberapa cara untuk mengamankan HP Android dari hacker supaya tidak gampang kena hack. Berikut ini 10 tips lengkapnya. 

1. Download Aplikasi di Google Play Store

Cara Mengamankan HP Android dari hacker

Aplikasi Android memang banyak ragamnya, seperti aplikasi dompet digital, aplikasi olahraga, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang ingin mengunduh aplikasi, disarankan untuk download di Google Play Store. 

Berbagai aplikasi di Play Store telah melalui kurasi dari Google sehingga tidak mengandung virus atau malware yang berpotensi meretas HP Anda. Demi amankan HP Android agar tidak dihack, pastikan download aplikasi lewat Play Store. 

2. Gunakan Fitur Keamanan Bawaan

HP Android dihack

Berikutnya, Anda bisa menggunakan berbagai fitur keamanan bawaan yang ada di smartphone. Misalnya dengan mengaktifkan berbagai opsi kunci layar seperti kata sandi, PIN, pola, sampai membuka kunci dengan wajah atau sidik jari.  

Jika Anda ingin membuat sistem keamanan dengan PIN atau pola, pastikan kombinasinya sesulit mungkin tapi mudah diingat juga oleh Anda. 

3. Gunakan Aplikasi Autentikasi Tambahan

HP Android kena hack

Cara berikutnya untuk melindungi HP Android kesayangan biar tidak dihack adalah dengan menggunakan aplikasi autentikasi 2 faktor. Melalui aplikasi ini, data maupun akun yang ada di aplikasi akan sulit diakses oleh orang lain, termasuk oleh hacker.

Baca juga: 5 Tips Mencegah Website Agar Tidak Dihack

Biasanya, aplikasi seperti Google Authenticator dan sebagainya memiliki kode keamanan yang hanya ditampilkan di aplikasi itu sendiri. Bisa juga kode keamanan dikirimkan ke nomor yang terdaftar. 

4. Rajin Update Software 

Tips Mengamankan HP Android

Melakukan pembaruan OS adalah cara terbaik lainnya untuk mengamankan HP Android Anda dari hack. Terkadang peretas memanfaatkan bug pada sistem operasi untuk meretas pengguna. 

Anda dapat dengan cepat mencegah supaya hal tersebut tidak terjadi, dengan memperbarui Android Anda ke versi yang terbaru seperti Android 12

5. Jangan Pakai WiFi Publik 

WiFi Publik

WiFi gratis yang ada di area publik memang menguntungkan karena Anda bisa menghemat kuota. Akan tetapi, WiFi publik kerap kali dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab untuk mengambil alih HP Anda. 

Baca juga: Tips Aman Saat Gunakan WiFi Publik

Lewat jaringan publik, hacker mampu mencatat mencatat berbagai aktivitas yang dilakukan di smartphone. Supaya insiden tersebut tidak terjadi dan mengamankan HP Android, jangan pernah menggunakan WiFi publik. 

6. Matikan Bluetooth 

Tips Mengamankan HP Android

Percaya atau tidak, HP Android Anda bisa dengan mudah dihack melalui koneksi Bluetooth. Beberapa penelitian telah mengklaim bahwa peretas dapat memanfaatkan fungsi bluetooth untuk mendapatkan akses ke kontak telepon. 

Jadi meskipun Anda tidak menggunakan bluetooth, pastikan untuk menonaktifkannya setelah memakainya. Ini juga akan menghemat masa pakai baterai HP Anda. 

7. Jangan Menyimpan Password di Browser 

Aplikasi password manager terbaik

Ketika Anda melakukan login media sosial di web browser, Anda sering menemukan layanan untuk menyimpan username dan password. Jika Anda sering menggunakan fitur tersebut, maka mulai sekarang segera menonaktifkan layanan. 

Para hacker bisah saja menyusup ke browser dan mengetahui password dan username Anda. Tindakan ini sangat berbahaya karena mereka dapat meretas media sosial Anda. Oleh karena itu jangan pernah menyimpan password akun di web browser. 

Daripada di browser, sebaiknya amankan kata sandi penting Anda di aplikasi password manager terbaik.

8. Periksa Semua Aplikasi

Tips Mengamankan HP Android

Tips atau cara berikutnya untuk mengamankan HP Android agar tidak dihack adalah memeriksa seluruh aplikasi yang terpasang di ponsel. Luangkan waktu beberapa menit untuk meninjau semua aplikasi yang sudah terpasang. 

Caranya Anda bisa mengakses menu Pengaturan lalu Aplikasi, dan lihat semua aplikasi yang diinstal. Jika Anda menemukan aplikasi yang mencurigakan, Anda bisa menghapusnya. 

9. Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu 

Hapus aplikasi di HP Android

Menghapus aplikasi yang tidak perlu, bisa jadi salah satu cara terbaik untuk mengamankan HP Android supaya tidak dihack. Cara ini bisa dilakukan karena para pelaku kejahatan siber dapat memanfaatkan kerentanan aplikasi untuk meretas HP Android. 

Demi mencegah hal tersebut, Anda bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang dirasa tidak perlu. Sedangkan untuk aplikasi yang masih diperlukan, disarankan untuk selalu melakukan update aplikasi secara rutin. 

10. Gunakan Aplikasi VPN 

Aplikasi VPN Terbaik

Tips terakhir untuk mengamankan HP Android biar tidak dihack adalah dengan menggunakan aplikasi VPN terpercaya. VPN mampu menghilangkan berbagai pelacak yang dirancang untuk melacak aktivitas Anda.

Tidak hanya pelacak, tetapi VPN adalah aplikasi keamanan yang kuat karena mampu melindungi Anda dari serangan phishing atau ransomware. Disarankan untuk menggunakan aplikasi premium terpercaya demi keamanan HP Anda. 

Baca juga: 15 Aplikasi VPN di Android Terbaik

Oke, itu tadi 10 tips mengamankan HP Android supaya tidak kena hack. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba, sob! (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0