5 Aplikasi Password Manager Terbaik 2020, dan Cara Menggunakannya

Aplikasi Password Manager Terbaik

Telset.id – “Susah ingat password yang berbeda”, itu adalah salah satu dari sekian banyak alasan mengapa sebagian besar pengguna sering menyeragamkan password dari seluruh akun yang mereka gunakan. Bagi Anda yang juga punya alasan sama, kami akan kasih solusinya. Kami akan memberikan rekomendasi aplikasi password manager terbaik 2020 yang bisa Anda gunakan.

Harus diakui, kebiasaan buruk dari sebagian besar pengguna platform online adalah, menyeragamkan password untuk seluruh akun yang digunakan. Mulai dari media sosial, akun e-commerce, sampai mbanking, semuanya menggunakan password yang sama.

Ditambah, biasanya password yang digunakan juga gampang ditebak. Biasanya, tak akan jauh-jauh dari tanggal lahir ataupun tanggal penting, nama singkat, sampai beberapa digit terakhir dari nomor telepon.

{Baca juga: Tokopedia Diretas, 15 juta Data Pengguna Bocor}

Kejadian yang menimpa Tokopedia pada Sabtu (02/05) lalu pun menjadi “pukulan telak” bagi pengguna yang malas update password dan mengatur password seaman mungkin.

Bagaimana tidak, setidaknya 91 juta akun pengguna dan 7 juta akun merchant Tokopedia telah diretas oleh hacker, dan datanya dijual di forum darkweb. Data yang berhasil dirampas oleh hacker berupa nama akun, alamat email, password yang masih di-hash, tanggal lahir, waktu login terakhir, nomor telepon dan sebagainya.

Hal ini langsung menimbulkan keresahan bagi banyak pengguna platform online, tidak hanya Tokopedia. “Apakah data, email, password kami aman dari hacker?”, mungkin itu pertanyaan yang kini terlintas di pikiran pengguna.

Satu-satunya solusi yang harus dilakukan sebagai respon dari kasus ini adalah, segera ganti password. Bukan cuma password Tokopedia saja, tapi seluruh akun online yang memiliki password sama dengan akun Tokopedia.

Password dari setiap akun yang digunakan pun tidak boleh sama satu sama lain. Jangan beralasan “sulit menghafalnya”, “ribet menghafalnya”, dan alasan lainnya.

Analoginya, ketika Anda ingin lebih aman, maka kenyamanan akan dikorbankan. Tapi, apabila Anda ingin nyaman, keamanan yang dikorbankan. Kenyamanan di sini adalah kemudahan untuk menghafal dengan menyeragamkan password dari seluruh akun yang digunakan.

Buat Anda yang sulit mengingat password atau bahkan membuat password super sulit adalah dengan menggunakan password manager. Nah, kali ini tim Telset.id akan memberikan rekomendasi 5 aplikasi password manager terbaik 2020 yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan password dengan aman sampai membuat password maha sulit. Yuk simak!

Bitwarden

Aplikasi Password Manager Terbaik

Bitwarden masuk ke dalam rekomendasi kami sebagai aplikasi password manager terbaik 2020. Aplikasi ini mendukung semua platform dan browser yang membutuhkan password, termasuk Tokopedia.

Meski tersedia gratis, Bitwarden memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna. Selain bertugas untuk menyimpan password, Bitwarden dapat memudahkan pengguna untuk membuat password super sulit yang terdiri dari kombinasi angka, huruf besar dan kecil, sampai simbol.

Bertindak sebagai aplikasi maupun ekstensi pada browser, Bitwarden juga memiliki kemampuan untuk auto-fill username dan password di setiap layanan yang diakses oleh pengguna, tentunya layanan tersebut harus disimpan terlebih dahulu di dalam platform Bitwarden.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mengakses situs resmi Bitwarden (untuk penggunaan di browser) maupun download aplikasinya di Google Play Store dan App Store.

Secara fungsional, ekstensi pada browser dan aplikasi memilik fitur yang sama. Sebelum menggunakannya, Anda diharuskan login atau membuat akun dengan password master.

Kemudian, Anda bisa menekan tombol Add Login untuk menambahkan akun yang ingin disimpan. Apabila Anda merasa password dari akun terkait terlalu mudah untuk ditebak dan diingat, Anda bisa melakukan Generate Password di kolom Item Information.

{Baca juga: 5 Tanda WhatsApp Disadap, Begini Cara Mengatasinya!}

Selain akun dari aplikasi atau layanan online, Anda juga dimungkinkan untuk menyimpan kartu identitas, informasi bank, sampai catatan keamanan.

Anda sebenarnya dapat membeli Bitwarden Premium. Keuntungannya, aplikasi ini langsung berubah menjadi sebuah authenticator berbasis FIDO U2F, seperti layanan Yubico Security Key atau Google Titan Security Key.

1
2
3
Previous articleSoal Misi ke Bulan, NASA “Pasrah” pada Bezos dan Musk
Next articleHands-on Oppo A92: Tampil Beda dengan Desain “Neo Display”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here