telset

Update Android 12 Stable Dirilis, Developer Bisa Bikin Custom ROM

Telset.id, Jakarta – Update Android 12 versi stable akhirnya resmi dirilis oleh Google. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, smartphone Google Pixel tidak langsung mendapatkan update Android 12 ini.

Update Android 12 ini tidak menjangkau HP Google Pixel terbaru. Raksasa pencarian ini lebih memilih mendorong OS terbaru ke Android Open Source Project (AOSP). Google Pixel nantinya mendapatkan update Android 12 versi stable dalam beberapa minggu ke depan.

Dengan kode Android 12 yang dimasukkan ke database AOSP, ini berarti pengembang custom ROM akan bisa menggunakan kode dan mulai menerbitkan ROM kustom berbasis Android 12.

Baca Juga: Fitur Android 12 yang Tersembunyi

Untuk pengguna smartphone seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, dan lain sebagainya, tinggal menunggu waktu sampai pihak vendor mengumumkan model mana saja yang kebagian update Android 12 versi stable.

Menurut Google, sebagaimana dilansir dari GizChina, Selasa (5/10/2021) ponsel dari Samsung, OnePlus, Oppo, Realme, Tecno, Vivo, dan Xiaomi dijanjikan mendapatkan Android 12 akhir tahun ini.

Namun, semuanya tentu kembali kepada kebijakan perusahaan. Mulai dari jadwal pemberian update, hingga seri mana saja yang akan mendapat sistem operasi baru.

Android 12 membawa banyak peningkatan dan perombakan besar dalam desain OS. Google memperkenalkan UI “Material You” baru dengan tema berbasis wallpaper dan banyak elemen desain baru. Perusahaan juga menyegarkan Widget dan meningkatkan aspek lain dari sistem operasi.

Update Android 12 Stable

update Android 12

Perubahan terbesar yang datang ke Android 12 adalah tampilan antarmuka yang baru. UI-nya didesain ulang dengan konsep “Material You”, yang menjadikan Android memiliki cita rasa sesuai dengan pemiliknya.

Pada Android 12 beta tercermin, bagaimana pengguna bisa memilih palet warna sendiri dan juga widget yang didesain ulang. Misalnya, saat pengguna menggunakan wallpaper baru, maka secara otomatis sistem bisa menerapkan tema baru berdasarkan warna wallpaper tersebut.

Baca Juga: HP Android 12 Bisa Jadi Kunci Mobil

Warna dari tema yang diterapkan akan terlihat di bayangan notifikasi, widget lock screen, aplikasi pihak pertama dari Google, dan bahkan aplikasi pihak ketiga jika pengembang ingin mendukung perubahan desain baru.

Ini merupakan kali pertama sejak tahun 2014 Google melakukan perubahan pada tampilan UI Android terbaru. Google memberikan sentuhan yang bisa lebih dipersonalisasi oleh pengguna.

Tidak hanya tampilan, masih banyak beragam pembaruan yang diterapkan oleh Google. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membacanya di artikel mengenai fitur baru Android 12. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0