telset

Tetap Aman Saat Gunakan WiFi Publik, Ini Tipsnya!

Telset.id – Layanan WiFi banyak tersedia di area-area publik. Sayangnya jaringan WiFi publik sering dipakai penjahat siber untuk melakukan aksinya. Untuk itu, langkah preventif pun dibuthkan untuk menjaga segala aktivitas tetap aman. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips dari Karspersky agar kita dapat mengakses WiFi dengan aman.

Saat kita terhubung ke WiFi publik, berurusan dengan kemungkinan pencurian data bisa dibilang hal yang lumrah. Ini karena kita mentransfer begitu banyak informasi berharga melalui internet.

Dengan begitu, hacker dapat mencuri data finansial, kredensial login, dokumen, obrolan pribadi, dan sebagainya. Mereka juga mampu melakukan pemerasan pada tabungan dan membajak akun.

{Baca juga: Hati-hati, Bug WiFi Ini Bikin iPhone Kamu Rusak}

Dalam beberapa kasus, pelaku kejahatan siber dapat menginfeksi perangkat dengan malware lewat WiFi. Bahkan malware masih akan tetap ada walaupun sambungan dari hotspot berbahaya tersebut telah terputus.

Demi menghindari risiko tersebut, berikut ini 5 tips aman memakai WiFi publik ala Kaspersky.

1. Jangan Akses WiFi Tanpa Password 

Tips Aman WiFi Publik
Tips aman akses wifi publik

Harus diakui bahwa WiFi tanpa password memang menggoda, tetapi jangan dipakai. Alasannya ketika kita menggunakan WiFi untuk mengirim atau menerima data, maka proses transfer data dapat dilihat oleh siapa saja yang memiliki akses ke jaringan yang sama.

Meskipun demikian, hotspot yang memiliki kata sandi juga berbahaya khususnya jika kata sandi ditulis di dinding sebuah cafe atau area publik.

2. Periksa Nama Hotspot Dengan Cermat 

Beberapa pelaku kejahatan siber terkadang mampu menipu kita. Alih-alih terhubung ke jaringan WiFi publik, kita justru terkoneksi dengan jaringan buatan mereka sendiri, dengan nama serupa.

Oleh karenanya kita harus periksa nama hotspot sebelum memakainya. Misalnya jika MyCoffeeShop adalah jaringan yang sebenarnya, bagi yang tidak waspada mungkin salah bergabung dengan CoffeeShop_Guest atau MyC0ffeeShop.

{Baca juga: Awas! Serangan “FragAttacks” Lewat WiFi, Begini Cara Mengatasinya}

Kemungkinan besar, kedua nama hotspot tersebut berbahaya. Supaya terhindar dari jebakan WiFi berbahaya, maka periksa cermat nama hotspotnya. Coba tanya ke penjaga coffe agar tidak salah menyambungkan WiFi ke HP.

3. Nonaktifkan Koneksi Otomatis WiFi 

Terkadang perangkat smartphone ataupun laptop, memiliki fitur yang mampu menghubungkan perangkat dengan WiFi secara otomatis. Demi menjaga keamanan data di perangkat HP dan laptop, disarankan untuk menonaktifkan fitur tersebut. 

Cara menonaktifkannya juga cukup mudah. Silakan buka menu “Pengaturan WiFi” di ponsel. Lalu pilih menu “Lupakan” jaringan WiFi publik agar tidak terkoneksi WiFi secara otomatis.

4. Hindari WiFi Ketika Login Akun Bank

Usahakan untuk selalu menggunakan jaringan rumah atau perusahaan yang aman ketika akan memasukkan akun bank, paspor, atau detail sensitif lainnya. Jika keadaan mengharuskan kita segera memeriksa saldo, gunakanlah data seluler.

Bahkan jika kita berada di luar negeri dan biaya roaming tinggi, kehilangan informasi melalui titik akses berbahaya akan jauh lebih merugikan.

5. Pasang Aplikasi VPN ketika Akses WiFi 

Terakhir silakan pasang aplikasi VPN ketika mengakses WiFi. Aplikasi VPN dapat melindungi privasi dengan mengenkripsi data sebelum mengirimnya ke router, dan menjaganya agar tetap tersembunyi.

{Baca juga: Cara Bagikan Password WiFi dari iPhone, Panduan Lengkap!}

Saat memilih VPN, pastikan sudah memilih aplikasi terbaik dari perusahaan terpercaya. Misalnya, Kaspersky VPN Secure Connection yang menggunakan protokol OpenVPN yang andal dan aman.

Itu tadi informasi lengkap mengenai 5 tips aman ketika mengakses WiFi. Semoga informasi ini bermanfaat demi keamanan data pribadi. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0