Kenapa Kamu Harus Upgrade ke Galaxy Note20 Ultra? Ini 5 Alasannya

Galaxy Note20 Ultra spesifikasi

Telset.id – Samsung Galaxy Note20 Ultra menjadi anggota keluarga terbaru dari Galaxy Note Series. Bagi pengguna seri Galaxy Note10 atau seri sebelumnya, mungkin inilah saat yang tepat untuk upgrade Galaxy Note10+ ke Galaxy Note20 Ultra. Ada 5 alasan kenapa Anda harus upgrade.

Samsung memberikan cukup banyak peningkatan spesifikasi dan menambahkan sejumlah fitur baru, yang membuat Samsung Galaxy Note20 Ultra lebih powerful dibanding seri sebelumnya.

Itu sebabnya, banyak tech savvy yang menyebut Galaxy Note20 Ultra sebagai powerphone, karena memiliki performa tinggi. Tapi performa gahar saja tidak cukup, karena banyak ponsel flagship di luar sana yang juga menawarkan performa yang tinggi.

Yang membedakan Galaxy Note20 Ultra dengan smartphone berforma tinggi lainnya adalah, teknologi dan fitur-fiturnya yang multi-tasking untuk menunjang produktifitas pemakainya.

Sejak awal, seri Galaxy Note memang dirancang sebagai perangkat multi-tasking berperfoma tinggi, sehingga dapat digunakan oleh para penggunanya untuk menunjang produktitas pekerjaan. Tapi bukan berarti ponsel ini tidak bisa dibawa santai lho.

Dengan speknya yang tinggi, phablet ini siap melahap game-game berat yang sedang populer saat ini, semisal PUBG Mobile, Fortnite, COD Mobile, Shadowgun: War Games, eFootball PES 2020, dan lainnya.

Bagi pengguna Galaxy Note Series pasti sudah tahu soal kemampuan multi-tasking yang dimiliki seri Galaxy Note. Dan kini pada Galaxy Note20 Ultra, kemampuan multi-tasking-nya semakin ditingkatkan.

Jika membandingkan spesifikasi generasi sebelumnya, kali ini Samsung nampaknya cukup royal memberikan peningkatan spesifikasi dan fitur. Lompatan teknologi cukup signifikan diberikan terutama pada fitur-fitur yang menunjang produktifitas, dan tentu saja dari sisi dapur pacunya.

So, jika saat ini Anda sedang berpikir untuk upgrade smartphone Anda, mungkin inilah waktu yang tepat untuk upgrade ke Galaxy Note20 Ultra. Mengapa harus upgrade?

Tim Telset.id mencatat, ada 5 alasan utama mengapa kamu harus upgrade Galaxy Note10+ ke Galaxy Note20 Ultra. Kita akan membahas alasannya satu per satu.

Desain Mewah, Layar Lebih Berkualitas

Galaxy Note20 ultra

Alasan pertama adalah dari sisi desainnya yang lebih mewah dan elegan. Galaxy Note20 Ultra menawarkan desain yang lebih mewah dibandingkan pendahulunya Samsung Galaxy Note10+.

Kami tidak bilang kalau warna-warna Aura Glow, Aura White dan Aura Black yang membalut bodi Galaxy Note10+ tidak keren. Tapi harus diakui, varian warna Mystic Bronze, Mystic Black, dan Mystic White yang dibawa Note20 Ultra lebih terkesan mewah.

Dari semua varian warna tersebut, Mystic Bronze menjadi signature color dari Galaxy Note20 Series. Samsung mengungkapkan warna Mystic Bronze memang sangat istimewa, karena didapatkan berdasarkan riset dari mengamati tren gaya hidup saat ini.

{Baca juga: Kerja Produktif ala Duet “S Pen dan S Notes” di Galaxy Note20}

Mystic Bronze disebut sebagai warna yang timeless, cocok dikenakan oleh perempuan maupun pria. Kesan mewahnya disempurnakan desain casing belakang yang dibuat dengan tekstur haze finish, sehingga tidak meninggalkan jejak sidik jari saat digenggam.

Kemewahan desainnya semakin lengkap dengan kualitas layarnya yang semakin memanjakan mata Anda. Secara ukuran, Galaxy Note20 Ultra memiliki layar yang lebih lapang ketimbang Galaxy Note10+.

Samsung menyematkan layar WQHD+ Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,9 inci, yang memberikan tingkat kecerahan lebih baik dari Dynamic AMOLED yang digunakan Galaxy Note10+ dengan ukuran layar 6,8 inci.

Dengan layar yang lebih luas, smartphone ini tentu saja akan mampu memberikan pengalaman bekerja mobile yang lebih baik, dan juga kenikmatan saat menonton konten film favorit. Ditambah lagi, resolusi layarnya bisa hingga 3088×1440.

Perlu Anda ketahui, teknologi Dynamic AMOLED 2X mampu menghadirkan tingkat kecerahan hingga 1.500 nits. Teknologi ini menjadikannya ponsel dengan layar paling jelas dan terang saat ini. Tak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan kualitas warna yang lebih nyata, dan memudahkan mata melihat layar saat berada di bawah sinar matahari.

Dan berkat chipset Exynos 990, layar Note20 Ultra telah mendukung teknologi refresh rate 120Hz, yang merupakan peningkatan dari chipset Exynos 9825 pada Galaxy Note10 Series yang baru mendukung teknologi refresh rate 60Hz.

Note20 Ultra

Dengan refresh rate 120Hz, layar Note20 Ultra mampu memberikan response time 46,6ms. Dengan begitu, pengoperasian perangkat akan menjadi lebih nyaman karena tanpa delay, baik saat Anda menggunakan jari maupun S Pen.

Samsung juga memberikan perlindungan layar yang lebih mumpuni, dengan menggunakan pelindung layar Gorilla Glass Victus. Generasi ketujuh dari Gorilla Glass buatan Corning ini lebih tangguh dari Gorilla Glass 6 yang ada Galaxy Note10 Series.

{Baca juga: Setangguh Apa Gorilla Glass Victus, Si Pelindung Galaxy Note20 Ultra}

Menurut hasil tes laboratorium Corning, bahwa Gorilla Glass Victus mampu bertahan saat dijatuhkan dari ketinggian hingga 2 meter, dan memiliki ketahanan terhadap goresan 4 kali lebih baik dari pendahulunya.

Kamera Zoom 50x dan Laser AF 

Note20 Ultra

Samsung menyematkan teknologi kamera yang lebih canggih pada Galaxy Note20 Ultra. Di sektor kamera, lompatan teknologi yang diberikan sangat terasa. Baik dari sisi kualitas lensa kamera, maupun kelengkapan fiturnya.

Sebelum kita mengulasnya lebih jauh, kita akan membandingkan dulu spesifikasi kameranya. Galaxy Note10+ mengandalkan tiga kamera di belakang dengan konfigurasi lensa 16MP Ultra Wide Camera, 12MP Wide Angle Camera, 12MP Telephoto Camera, serta dukungan DepthVision Camera, dan lensa 3D Time of Flight (ToF). Sedangkan kamera depan, beresolusi 10MP.

Sementara Galaxy Note20 Ultra mengusung tiga kamera belakang dengan konfigurasi kamera Wide Angle 108MP f / 1.8 dengan Laser AF Sensor, kamera Ultra Wide Angle 12MP f / 2.2, kamera Telephoto Periscop 12MP f / 3.0 yang mendukung optical zoom 5X dan Digital Zoom 50X, dan perekaman video 8K.

Peningkatan signifikan ada pada fitur Space Zoom yang mampu menyediakan tingkat pembesaran secara optikal hingga 5X dan digital sebanyak 50X. Dibandingkan dengan Galaxy Note10+ yang menyediakan 2X Optical Zoom dan 10X Digital Zoom.

{Baca juga: Asah Kreativitas Kamu dengan 8 Fitur Kamera Galaxy Note20 Series}

Memang, tak sejauh Samsung Galaxy S20 Ultra yang mampu mengambil gambar dengan perbesaran digital sampai 100X, namun 50x Digital Zoom di kamera Note20 Ultra ini sudah lebih dari cukup untuk mendukung pengguna mengabadikan berbagai momen di kondisi berbeda-beda.

Smartphone ini juga untuk pertama kalinya didukung fitur Laser AF Sensor pada lensa telescopic 12 MP. Buat kamu yang belum tahu, fitur Laser AF ini membantu software kamera mengenali objek dan mengunci fokus lebih cepat.

Modul Laser AF akan menembakkan sinar inframerah menuju objek yang dibidik. Selanjutnya software kamera akan menghitung jarak antara lensa kamera dengan objek berdasar pengukuran yang dilakukan oleh sinar laser inframerah tadi.

Begitupun untuk kamera selfie tidak sekadar tempelan. Samsung menyematkan sensor kamera selfie 10 MP di bagian depan dengan bukaan lensa f / 2.2, dengan fitur autofokus untuk menghasilkan foto selfie yang lebih bagus.

{Baca juga: 5 Fitur Kamera Samsung Galaxy Note20 Ultra, Suka yang Mana?}

Fitur videonya juga ditingkatkan, dengan kemampuan untuk merekam video hingga resolusi tinggi 8K @24 FPS, dan bisa mengambil gambar dalam aspek rasio 21 : 9 ala video cinematic.

Kemampuan itu dikombinasikan dengan OIS atau Optical Image Stabilization pada kamera utama, perekaman video 8K, 4K, Full HD pun akan sangat mulus. Tak perlu lagi bawa aksesoris tambahan seperti gimbal ketika merekam video.

Ada juga fitur pro video, yang memungkinkan Anda bisa memilih mikrofone mana yang dipilih untuk menangkap suara. Bisa diatur untuk menangkap suara dari depan, belakang, atau headphone.

Chipset dan RAM Terbaru, Lebih Powerful

Sebagai smartphone generasi terbaru, Galaxy Note20 Ultra memiliki performa yang lebih mumpuni. Bicara soal spesifikasi jeroannya, Galaxy Note20 Ultra ditenagai prosesor Exynos 990 yang dibuat dengan fabrikasi 7nm.

Chipset ini didesain dengan kemampuan pemrosesan AI yang powerful dan performa machine learning yang lebih cepat, sehingga mampu menjalankan hingga sekitar 15 triliun operasi per detik.

Exynos 990 menawarkan performa tinggi, tapi dengan manajemen baterai yang lebih efisien. Prosesor Exynos 990 memiliki kinerja CPU lebih tinggi 19% dan performa GPU lebih baik 13% jika dibandingkan dengan Exynos generasi sebelumnya.

Peningkatan performa ini sangat bermanfaat untuk mendukung kinerja smartphone dari berbagai aspek, mulai dari fotografi, gaming, hingga multimedia. Untuk mendukung performa dari prosesor Exynos 990, Samsung juga menyematkan teknologi RAM terbaru LPDDR5 di perangkat Galaxy Note20 series.

Penggunaan RAM LPDDR5 di Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra jelas akan membuat kinerja smartphone semakin kencang dan optimal. Jika dibandingkan dengan LPDDR4X, teknologi LPDDR5 ini punya speed 1,5 kali lebih cepat.

RAM 8GB LPDDR5 juga sangat baik untuk mendukung performa saat dipakai untuk “bermain-main”. Mulai dari bermain game casual seperti Mobile Legend, hingga game seberat PUBG atau Fortnite, maupun merekam video 8K.

Anda bisa menggunakan phablet ini untuk menghubungkan Wireless Dex, atau terhubung dengan online meeting lewat video call, dan tentu saja bermain game-game berat, tanpa perlu takut ngelag.

Selain itu, ukuran memori juga cukup penting ketika membahas mengenai RAM, jangan lupakan pentingnya kecepatan transer data. LPDDR5 secara umum memiliki kecepatan 6,400 Mb/s, atau 50% lebih cepat dibandingkan dengan LPDDR4X di Galaxy Note10+, yang memiliki kecepatan 4266 Mb/s.

Meski bisa dipacu lebih cepat, RAM LPDDR5 mengkonsumsi daya 30% lebih efisien dibandingkan dengan LPDDR4X. Hal ini pada akhirnya akan berkontribusi pada performa dan kemampuan perangkat untuk melakukan multi-tasking.

Kalau bahasanya Samsung, device dengan 8GB LPDDR5 ini memiliki kemampuan “sweet-spot”, terutama apabila digunakan untuk keperluan sehari-hari, baik untuk bekerja maupun bermain game atau menonton film di ponsel.

Baterai Awet, Ngecas Makin Cepat 

Baterai yang hemat sangat penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari dan Samsung Galaxy Note20 Ultra memiliki peningkatan baterai sehingga lebih hemat dan cepat dalam mengisi daya dibandingkan generasi pendahulunya.

Galaxy Note20 Ultra didukung baterai 4.500mAh, lebih besar dari penduhulunya yang memiliki kapasitas baterai 4300mAh. Tapi tak asal besar, baterainya juga dilengkapi teknologi Super Fast Charging 25W, yang bisa mengisi daya sebanyak 50% hanya dalam waktu 30 menit saja.

{Baca juga: 7 Alasan Samsung Galaxy Note20 Ultra Paling Ditunggu ‘Tech Savvy’}

Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan kabel saat mengisi daya, ponsel pintar ini juga sudah dilengkapi fitur Fast Wireless Charging 2.0. Gak perlu repot-repot colok charger, tinggal letakkan Galaxy Note20 Ultra di dock pengisian daya.

Tak hanya itu, Samsung juga menyematkan teknologi Wireless PowerShare. Teknologi ini berguna untuk mengisi daya perangkat lain, semisal Galaxy Watch, Galaxy Buds, dan juga bahkan smartphone Samsung lainnya.

S Pen Punya Fitur Baru, Latency 9ms

Note20 Ultra

Samsung Pen atau S Pen di Galaxy Note20 Ultra menjadi salah satu fitur yang ditingkatkan kemampuannya dengan fitur-fitur baru. S Pen di Note20 Ultra kini memiliki tingkat latency 9ms, saat digoreskan ke layar. Peningkat yang diberikan pada S Pen ini sangat signifikan, jika dibandingkan seri Galaxy Note10+ yang memiliki tingkat latency 42ms.

Dengan tingkat latency yang lebih rendah, S Pen bisa digunakan jauh lebih cepat saat Anda ingin menggambar di layar ponsel. Menurut kami, mungkin ini salah satu upgrade paling penting yang dihadirkan di Galaxy Note20 Ultra.

S Pen di Galaxy Note20 Ultra juga sudah dilengkapi Bluetooth, yang bisa Anda gunakan sebagai pengontrol atau pointer nirkabel pada ponsel saat melakukan presentasi.

{Baca juga: Perjalanan Samsung Galaxy Note Hingga Galaxy Note20: Kisah Lompatan Inovasi}

Lalu ada fitur baru Anywhere Actions di S Pen, yang membuat navigasi menjadi lebih mudah saat Anda memakai aplikasi apapun. Apabila Anda ingin kembali ke layar Home, cukup membuat gerakan naik ke atas dengan S Pen.

Samsung juga memberikan peningkatan pada Samsung Notes, dengan menghadirkan fitur Audio Bookmark, melengkapi fitur Handwriting to Text dan Screen-off Memo yang sudah hadir di Note Series sebelumnya.

Fitur Audio Bookmark memudahkan Anda mencatat dengan S Pen dari Voice Notes, dengan memberikan timestamp pada Voice Notes dan mensinkronisasikannya dengan tulisan disaat yang bersamaan. Fitur ini memudahkan Anda mengingat poin-poin pembicaraan ketika membaca ulang catatan Anda.

Pre Order Galaxy Note20 Series

Bagi konsumen Indonesia yang ingin memiliki Samsung Galaxy Note20 Series masih bisa mengikuti pre-order hingga 19 Agustus 2020. Ada berbagai penawaran menarik  selama masa pre-order tersebut, yaitu:

  • Galaxy Note20 dibanderol dengan harga Rp 14.499.000. Setiap pemesanan akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds+ senilai Rp 2.399.000.
  • Galaxy Note20 Ultra varian 256GB memiliki harga Rp 17.999.000, sementara varian 512GB dibanderol senilai Rp19.999.000. Setiap pemesanan Galaxy Note 20 Ultra akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds Live senilai Rp 2.599.000.

Peserta pre-order juga berkesempatan untuk mendapatkan Bank Cashback hingga Rp 1.000.000 dengan bunga cicilan 0% dan periode hingga 24 bulan bila menggunakan mitra-mitra Bank Samsung di Indonesia.

Sedangkan bagi yang sudah register sebelumnya di situs resmi Samsung dan melanjutkan dengan pembelian akan mendapatkan smart case cover senilai Rp699.000.

Dan untuk konsumen yang ingin langsung melakukan Trade In dengan smartphone lamanya, Samsung juga memberikan kesempatan di masa pre-order ini. Konsumen dapat mengunduh aplikasi GLPTradeIn dan aplikasi akan langsung mengidentifikasi smartphone Anda dan jumlah yang harus dibayarkan untuk melanjutkan pre-order Galaxy Note20 Series.

Untuk mengikuti pre-order atau mendapatkan informasi lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengunjungi situs Pre-Order Samsung di www.galaxylaunchpack.com, serta berbagai e-commerce yang telah bekerja sama dengan Samsung, yaitu Lazada, JD.ID, Blibli, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka.com, Dinomarket, dan Globalteleshop.

Nah, itu tadi 5 alasan mengapa kamu harus upgrade Samsung Galaxy Note10+ ke Samsung Galaxy Note20 Ultra. Semoga informasi ini dapat menambah referensi Anda ya. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here