Kerja Produktif ala Duet “S Pen dan S Notes” di Galaxy Note20

S Pen Samsung Galaxy Note20

Telset.id – Bisa tebak satu fitur yang selalu melekat di Samsung Galaxy Note Series sampai sekarang? Yup! S Pen. Melalui S Pen, Samsung Galaxy Note Series langsung dikenal sebagai seri ponsel pintar yang menunjang produktivitas pengguna, termasuk seri terbaru Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra.

Ketika S Pen dipadukan dengan layar yang besar, prosesor kencang, kapasitas RAM dan storage yang besar, serta baterai yang tahan lama, Anda pun dapat dengan mudah melakukan apapun yang mereka suka, termasuk bekerja ataupun berkreasi dengan nyaman.

S Pen bukan sekadar stylus biasa saja. Pensil pintar ini terus ditingkatkan kemampuannya oleh Samsung untuk memberikan pengalaman menulis maupun menggambar yang lebih baik..

Kini, pada seri Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra, S Pen jauh lebih pintar dan canggih. Dengan dukungan dari layar dengan refresh rate 120Hz pada Galaxy Note terbaru, latency S Pen sekarang jauh lebih baik.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

S Pen di Samsung Galaxy Note20 memiliki latency hingga 26ms. Sementara untuk Samsung Galaxy Note20 Ultra, S Pen punya latency 9ms. Lalu, gunanya untuk apa? 

Makin cepatnya latency dari S Pen, maka memberikan pengalaman layaknya menulis pada secarik kertas. Hampir tidak ada jeda antara apa yang dibuat atau ditulis, dengan hasil yang ditampilkan pada layar.

Cukupkah sampai disitu peningkatan yang diberikan? Tentu saja tidak. Bukan Samsung namanya kalau memberikan peningkatan pada hardware dan software “setengah-setengah”. 

S Pen kurang lengkap tanpa fitur bernama Samsung Notes. Fitur tersebut juga mengalami beberapa peningkatan. 

{Baca juga: 5 Fitur Galaxy Note20 Series Ini Bikin Kamu Semakin Produktif}

Selain fitur Handwriting to Text dan Screen-off Memo yang sudah hadir pada Note Series sebelumnya, kini mencatat menggunakan Samsung Notes semakin mudah dengan adanya fitur Audio Bookmark. 

Ditambah untuk menkonversikan file-file pada Samsung Notes menjadi format PPT, Word, maupun PDF dan sinkronisasi Samsung Notes antar perangkat, membuat bekerja semakin mudah dengan menggunakan Galaxy Note20 Series.

Itu artinya, perpaduan antara duo Samsung Galaxy Note20 dan S Pen memberikan kenyamanan saat mencatat, menggambar, bekerja, hingga mengedit foto maupun mengedit video.

Kerja Efisien di Era New Normal dengan Galaxy Note20

S Pen Samsung Galaxy Note20
Foto: The Tech Chap

Tahun 2020 bisa dibilang sebagai tahun yang sangat berbeda bagi kita semua. Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, situasi pun tiba-tiba berubah nyaris 180 derajat. 

Mulai muncul istilah era “New Normal” yang membuat kita dapat melakukan berbagai aktivitas outdoor di rumah untuk menjaga jarak alias social distancing, seperti bekerja misalnya. Memang, ada kalanya kita harus bekerja dikantor maupun bekerja di rumah.

Akan tetapi, bekerja di rumah pasti membawa tantangan tersendiri, karena Anda harus pintar-pintar membagi waktu personal dengan waktu bekerja. Beruntung, ada Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra yang bisa menjadi gadget yang tepat untuk memudahkan Anda bekerja secara remote di rumah.

Tiba-tiba harus rapat online di kala senggang? Jangan panik, karena ada fitur Screen-off memo yang memastikan Anda tidak ketinggalan mencatat hal-hal yang penting. Caranya?

Cukup keluarkan S Pen dari Galaxy Note20 Series. Kemudian, tulis saja catatan penting di layar tanpa harus membuka lockscreen terlebih dahulu maupun mencari aplikasi Samsung Notes. 

{Baca juga: 7 Alasan Samsung Galaxy Note20 Ultra Paling Ditunggu ‘Tech Savvy’}

Bak sebuah aplikasi di laptop, Samsung Galaxy Note20 Series dengan S Pen juga bisa digunakan untuk mengedit PDF. Cukup buka dokumen PDF melalui aplikasi Samsung Notes. 

Kemudian, temukan halaman yang ingin diedit dengan menggunakan Page View. Anda pun bisa dengan leluasa menandai tulisan, memberikan komentar, dan menaruh gambar menggunakan S Pen.

Melalui Samsung Notes, Anda pun dapat menkonversikan catatan atau gambar ke format PDF, PPT, atau Word. Sehingga, catatan atau feedback Anda saat rapat online dapat dilihat oleh karyawan maupun atasan dengan mudah. 

Ya, perpaduan antara Samsung Galaxy Note20 dan S Pen memang memudahkan para pengguna yang “terpaksa” bekerja di rumah untuk tetap produktif tanpa gangguan berarti. 

Hadirkan Cara Baru Mencatat dengan Audio Bookmark

Audio masih menjadi salah satu metode yang tepat untuk membantu kita dalam mengingat hal-hal yang penting. Oleh karenanya, masih banyak orang lebih memilih untuk merekam suara menggunakan recorder daripada mencatat.

Samsung sepertinya sadar akan hal itu. Sehingga, perusahaan asal Korea Selatan ini membekali S Pen dan aplikasi Samsung Notes pada Galaxy Note20 Series dengan fitur Audio Bookmark.

Dengan fitur ini, Anda tidak perlu takut ketinggalan atau melupakan hal-hal penting saat rapat. Sebab, Audio Bookmark bisa terhubung dengan catatan yang Anda buat di saat yang bersamaan.

Jadi, Audio Bookmark akan memberikan timestamp pada Voice Notes dan mensinkronisasikannya dengan tulisan atau catatan yang dibuat. Apabila Anda lupa dengan salah satu poin yang dicatat, tinggal tekan play pada kanan atas aplikasi Samsung Notes, dan ketuk S Pen pada poin yang ingin diingat.

Otomatis, Samsung Notes akan memainkan rekaman suara di waktu Anda membuat catatan tersebut. Sehingga, Anda langsung mengingat poin-poin penting pada saat rapat ataupun belajar online

Satu lagi fitur canggih yang disematkan pada S Pen, yakni Auto Straightens. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang sering terburu-buru mencatat sesuatu. Biasanya, tulisan dari tipikal orang-orang tersebut selalu miring, dan fitur Auto Straightens akan merapikannya secara otomatis.

Pengalaman Mengatur File Layaknya Sebuah PC

S Pen Samsung Galaxy Note20

Ada alasan kenapa Samsung mengklaim kalau Galaxy Note Series terbaru cocok disebut sebagai powerphone. Salah satu alasannya adalah, Samsung Galaxy Note Series menghadirkan pengalaman layaknya menggunaan sebuah PC.

Pada Samsung Galaxy Note20 Ultra, Anda dapat dengan mudah mengatur dokumen dengan fitur Folder. Anda bisa menaruh catatan pada Samsung Notes pada folder tertentu agar lebih mudah ditemukan di kemudian hari.

Apabila Anda memiliki lebih dari satu perangkat, hal yang sulit adalah bagaimana memastikan semua perangkat memiliki file yang sama-sama diperbarui. Samsung Notes sekarang sudah dapat tersinkronisasi secara otomatis pada setiap perangkat yang Anda miliki. 

Spesifikasi Kelas Atas Bikin Produktivitas Maksimal

S Pen Samsung Galaxy Note20
Foto: Young 360

Tentu saja, berbagai fitur-fitur untuk meningkatkan produktivitas pengguna tak terlepas dari kecanggihan S Pen dan spesifikasi mumpuni dari Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, S Pen terbaru punya latency yang lebih baik. 9ms pada Samsung Galaxy Note20 Ultra dan 26ms pada Galaxy Note20 reguler. Kedua latency itu jauh lebih rendah dibanding S Pen pada Galaxy Note 10 Series yang mencapai 42ms.

Kecepatan latency ini, alhasil membuat S Pen mampu menyesuaikan pergerakan stylus dengan output tampilan pada layar dengan akurat. Pengalamannya pun bisa dibilang hampir sama layaknya menulis di atas kertas menggunakan pena atau pensil sungguhan.

Sama seperti S Pen generasi sebelumnya, Samsung masih melengkapinya dengan sensor gyroscope yang mendukung gestur Air Action. Lewat fitur ini, pengguna bisa mengendalikan perangkat tanpa menyentuh layar.

S Pen terbaru juga sudah memiliki jangkauan hingga 10 meter. Diameter ujung penanya juga kecil, tepatnya 0,7 mm dan telah mendukung sertifikasi IP68.

{Baca juga: Perjalanan Samsung Galaxy Note Hingga Galaxy Note20: Kisah Lompatan Inovasi}

Satu lagi, S Pen kini telah terintegrasi dengan Microsoft OneNote dan Outlook. Dan juga, pensil pintar ini dapat dihubungkan dengan laptop dan PC untuk memudahkan pengguna ketika melakukan presentasi. 

Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra pun sudah dilengkapi dengan spesifikasi kelas atas. Galaxy Note20 memiliki layar 6,7 inci berjenis Super AMOLED+ Infinity-O dengan resolusi maksimal Full HD+ dan aspek rasio 20:9. Layarnya juga sudah terlindungi Gorilla Glass 5.

Sedangkan Samsung Galaxy Note20 Ultra tampil lebih besar dengan layar Infinity-O berukuran 6,9 inci berjenis Dynamic AMOLED 2X dengan resolusi WQHD+.

Tidak seperti versi standar yang masih menggunakan layar 60Hz, layar Galaxy Note20 Ultra sudah mendukung dengan refresh rate 120Hz, dan layarnya pun terlindung Gorilla Glass Victus.

Keduanya ditenagai oleh prosesor octa-core Exynos 990 yang dirancang menggunakan proses fabrikasi 7nm+. Kemudian, dihadirkan pula RAM LPDDR5 dengan kapasitas 8GB untuk versi reguler dan 8GB/12GB untuk model Ultra.

RAM LPDDR5 sendiri punya kecepatan yang jauh lebih kencang dibandingkan LPDDR4X yang ada di seri Galaxy Note sebelumnya. LPDDR5 secara umum memiliki kecepatan 6.400 Mb/s atau 50% lebih cepat apabila dibandingkan dengan kecepatan LPDDR4X dengan 4.266 Mb/s.

{Baca juga: 5 Fitur Baru nan Canggih di Samsung Galaxy Note 20 Series}

Selain kencang, RAM LPDDR5 pun membutuhkan daya yang lebih sedikit. Sebab, RAM jenis ini menggunakan daya 30% lebih efisien dibandingkan dengan LPDDR4X.

Oleh karenanya, RAM LPDDR5 sangat baik dalam mendukung performa pada Samsung Galaxy Note20 maupun Galaxy Note20 Ultra. Berbagai aktivitas yang berkaitan dengan produktivitas, gaming, editing video 8K, dan lainnya, bisa dijalankan dengan lancar tanpa kendala di perangkat ini.

RAM LPDDR5 dipadukan dengan storage hingga 512GB, dan baterai berkapasitas masing-masing 4.300 mAh dan 4.500 mAh dengan dukungan fast charging.

Ya, perpaduan antara S Pen, Samsung Galaxy Note20 Series, dan aplikasi maupun fitur yang ada di dalamnya memang terbukti mampu mendukung pengguna agar tetap produktif, berkarya, serta selalu menjalankan aktivitas positif dan menghasilkan, dimanapun dan kapanpun. (MF/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here