telset
spot_img

iPhone 14 Pro Ada Kamera 48MP, iPhone 15 Punya Kamera Periskop

Telset.id, Jakarta – Telah lama Apple mengandalkan kamera dengan sensor 12MP pada jajaran iPhone yang mereka rilis. Bahkan, iPhone 13 Pro pun mengusung kamera 12MP. Tapi “tradisi” tersebut segera dipatahkan karena Apple rencananya akan menyematkan kamera 48MP pada seri iPhone 14 Pro dan kamera periskop untuk iPhone 15.

Kurang lebih satu dekade Apple terus menerus mengandalkan kamera utama bersensor 12MP pada jajaran iPhone terbaru yang diperkenalkan. Walau terlihat tak sehebat kamera HP Android yang sudah 108MP, tapi kamera tersebut masih dapat bersaing di papan klasemen HP kamera terbaik versi DxOMark.

Meski tetap 12MP, Apple selalu meningkatkan kualitas hardware dan fitur kamera ke level terbaik pada iPhone terbaru mereka. Nah, di tahun depan, iPhone 14 Series bakal “lebih gila” lagi kemampuan kameranya.

Menurut analis Apple terkenal, Ming-Chi Kuo, raksasa teknologi asal Cupertino ini akan menempatkan sensor 48MP sebagai kamera utama dari iPhone 14 Pro yang dijadwalkan akan rilis tahun depan.

Baca juga: iPhone 14 Pro dan Pro Max Mirip HP Android

Dilansir Telset dari Macrumors pada Rabu (22/12/2021), dipadukan dengan prosesor Apple Bionic yang baru, kamera 48MP ini memiliki kemampuan untuk merekam video 8K. Video dengan resolusi tinggi ini akan cocok untuk ditonton di perangkat AR/VR Apple yang juga akan dirilis tahun depan.

Lebih lanjut, Kuo menjelaskan bahwa kamera 48MP dari iPhone 14 Pro akan menghasilkan gambar di resolusi 48MP dan 12MP, yang dikenal dengan proses pixel-binning.

Namun menariknya, mode resolusi tinggi 48MP akan diambil secara otomatis ketika pengguna memotret di kondisi cerah. Sementara foto dengan resolusi 12MP bakal dipilih secara otomatis saat pengguna mengambil gambar dalam kondisi cahaya rendah untuk menjaga kualitasnya.

iPhone 15 Tahun Depan Punya Kamera Periskop

Desain iphone 14 Pro max

Tak cuma memprediksi kamera dari iPhone 14 Pro saja, Kuo pun memberikan gambaran seperti apa iPhone 15 Series yang akan hadir pada 2023 mendatang. Ia menjelaskan, setidaknya satu model iPhone 15 akan mengusung kamera periskop yang canggih.

Fitur ini menjadi peningkatan signifikan pada iPhone terbaru, meski memang tergolong telat dibandingkan ponsel Android. Asal tahu saja, saat ini jajaran ponsel Android dengan kemampuan kamera periskop tak cuma ada di smartphone harga mahal saja.

Baca juga: Semua iPhone 14 Punya Layar LTPO 120Hz

HP Android mudah seperti Infinix Zero X Neo pun sudah dibekali dengan kamera yang punya zoom super jauh. Kamera periskop sendiri memiliki optik terlipat, di mana cahaya yang diserap oleh sensor akan dibelokkan demi meningkatkan perbesaran secara optik sambil mempertahankan desain yang ringkas.

Sayang, Kuo sama sekali tidak merinci tentang kehadiran kamera periskop ini. Saat ini, Apple masih mengandalkan kamera telephoto dengan kemampuan 3x optical-zoom pada jajaran iPhone terbaru. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0