Tes Gaming Oppo Reno6: Main Game Berat Sanggup “Rata Kanan”

Telset.id – Ketika Oppo Reno6 diperkenalkan di Indonesia, cukup banyak yang mempertanyakan mengapa smartphone ini masih ditenagai Snapdragon 720G yang sama dengan seri terdahulu. Meski begitu, Oppo memastikan kalau Reno6 mampu memberikan kinerja yang apik, khususnya untuk gaming. Benarkah demikian?

Sekadar informasi, Oppo Reno6 ditenagai oleh spesifikasi yang sama dengan Reno5. Prosesornya Snapdragon 720G yang dipadukan dengan RAM 8 GB berjenis LPDDR4X dan memori internal 128 GB yang bisa diperluas dengan microSD.

Mengenal sedikit tentang Snapdragon 720G, prosesor ini adalah chipset kelas menengah yang dirancang dengan arsitektur 8nm yang menawarkan kinerja mumpuni dan efisiensi baterai yang bagus.

Prosesor ini memiliki konfigurasi CPU 2-core Cortex-A76 dengan clock-speed 2.3 GHz dan 6-core Cortex-A55 dengan clock-speed 1.8 GHz. Prosesor ini pun sudah disematkan GPU Adreno 618.

{Baca juga: Review Singkat Oppo Reno6 Indonesia: Bodi Menawan, Kamera Jagoan}

Qualcomm telah menyematkan beberapa fitur untuk menunjang aktivitas gaming para pengguna. Snapdragon Elite Gaming misalnya, yang mampu memberikan pengalaman grafis tinggi dan frame rate yang lancar kepada pengguna.

Ditambah, ada chip AIE atau artificial intelligence engine dari Qualcomm yang bertugas untuk meningkatkan performa saat dibutuhkan dan tetap menjaga power serendah mungkin untuk menghemat baterai.

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari Oppo Reno6 yang dijual resmi di Indonesia:

SPESIFIKASI OPPO RENO6
Rilis Juli 2021
Network 2G, 3G, 4G
OS ColorOS 11.1, Android 11
Chipset Snapdragon 720G
CPU Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
GPU Adreno 618
RAM 8 GB
Memori 128 GB
Dimensi 159.1 × 73.3 × 7.8mm, 173 g
Layar 6.4 inci Full HD+, AMOLED, 90 Hz, 180 Hz touch sampling rate
Kamera Utama 64MP (wide) + 8MP 119° (ultra wide) + 2MP (macro) + 2MP (mono)
Kamera Depan 44 MP
Beterai 4310 mAh, Fast Charging 50W
Warna Aurora dan Stellar Black
Harga Rp 5,1 jutaan

Fitur Gaming Oppo Reno6

Spesifikasi Harga Oppo Reno6 Indonesia
Foto: Oppo Indonesia

Di atas kertas, spesifikasi Oppo Reno6 di Indonesia masih sama dengan seri sebelumnya. Walau demikian, Oppo Indonesia menjamin kinerja smartphone terbaru ini lebih baik dari Reno5.

Pasalnya, kemampuan HP terbaru Oppo ini telah ditingkatkan melalui proses integrasi antara fitur bawaan Oppo dan sistem ColorOS 11 terbaru.

Ya, ada beragam fitur terbaru untuk meningkatkan kemampuan Oppo Reno6, terutama untuk gaming. Expansi RAM misalnya, yang memungkinkan Reno6 memiliki RAM lebih besar dari biasanya.

RAM 8 GB pada ponsel ini bisa ditambah dengan virtual RAM hingga 5 GB yang mengambil sebagian kecil memori penyimpanan yang tak terpakai. Pastinya, fitur ini membuat ponsel berjalan lebih lancar.

Fitur Gaming Oppo Reno5 F
Quick Startup

Selain itu, ada pula fitur Quick Startup. Fitur ini memungkinkan game favorit yang biasa dimainkan pengguna untuk dapat dijalankan langsung dalam waktu yang singkat.

{Baca juga: 8 Fitur Canggih di Oppo Reno6, dari Gaming Hingga Privasi}

Sistem Quick Startup secara pintar dapat mengidentifikasi game apa saja yang paling sering dimainkan pengguna. Kemudian, game tersebut akan dibuat untuk selalu aktif di latar belakang agar bisa dijalankan secara cepat tanpa menunggu waktu loading.

Lalu, ada fitur Game Focus Mode yang ditujukan bagi pengguna yang benar-benar tak mau diganggu saat bermain game. Sebab, Game Focus Mode akan memblokir alarm, notifikasi aplikasi, panggilan masuk, pengaturan, gestur, bahkan sampai menu Game Assistant.

Fitur Gaming Oppo Reno5 F
Game Focus Mode

Tes Gaming Oppo Reno6

Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan membeberkan hasil tes gaming Oppo Reno6 yang telah dilakukan. Pengujian yang kami kerjakan ini untuk mengetahui, apakah Reno6 punya kinerja yang bagus untuk bermain game grafis berat atau tidak.

Nah, dalam tes yang dilakukan, kami bermain tiga game favorit, yakni COD Mobile, PUBG Mobile, dan Sausage Man.

Tes Gaming Oppo Reno6
Mencoba bermain COD Mobile di Oppo Reno6

Sebelum bermain game, kami menambah RAM secara virtual hingga 5 GB, mengaktifkan fitur Quick Startup, dan juga memakai fitur untuk menampilkan refresh rate di layar.

Fitur ini dapat diaktifkan melalui Developer Options yang dapat diaktifkan melalui klik Build Number 7 kali, dan aktifkan toggle Show Refresh Rate.

Fitur ini berguna untuk melihat apakah permainan yang kami coba dapat dimainkan di konsisi layar 90Hz atau tidak. Kami juga secara simultan mengecek informasi FPS yang ditampilkan oleh Game Assistant.

Hasil Tes Gaming

Oppo Reno6 mampu menjalankan tiga game Android berat dengan grafis yang cukup tinggi. Bahkan, dua game di antaranya, Sausage Man dan COD Mobile dapat dimainkan dengan grafis “rata kanan”.

Sausage Man kami mainkan dengan pengaturan Battle Graphics Extreme, Battle Resolution High, dan Frame Rate High. Reno6 dengan mudahnya menampilkan game ini dengan FPS cukup stabil di rentang 55 – 60 FPS.

Sama halnya dengan COD Mobile yang dapat kami atur grafis dan frame rate-nya di tingkatan Very High. Game FPS terbaik ini pun bisa kami mainkan dengan pengalaman cukup smooth, yaitu stabil di 40 FPS tanpa ngelag.

Lain hal dengan PUBG Mobile. Kami akui kalau game ini punya grafis yang berat dan membutuhkan ponsel dengan performa mumpuni untuk menjalankannya secara lancar tanpa kendala.

Oppo Reno6 hanya mampu menampilkannya dengan pengaturan grafis HD dan frame rate High. Sementara saat kami bermain, PUBG Mobile ditampilkan secara cukup lancar dalam rentang 30 – 35 FPS. Sedangkan saat diatur menjadi Smoth – Ultra, frame rate naik menjadi 40 – 45 FPS.

Hanya saja, seluruh game yang kami mainkan dalam tes gaming Oppo Reno6 ditampilkan dengan refresh rate 60Hz, alih-alih 90Hz (sesuai pengaturan layar yang sudah kami aktifkan). Informasi ini tertera dari petunjuk yang tampil di sudut kiri atas layar ponsel.

Akan tetapi, pengalaman main game-nya jauh lebih lancar daripada ponsel dengan pengaturan layar standar 60Hz. Oppo Reno4 misalnya, yang masih menggunakan panel layar 60Hz.

Secara overall, kami puas dengan performa gaming dari Oppo Reno6. Game favorit yang sering kami coba di kala senggang ditampilkan dengan grafis yang berkualitas, lancar, dan tanpa kendala.

Kami pun mengapresiasi fitur-fitur game yang ada di smartphone ini, terutama Quick Startup. Kami tak perlu lagi menunggu waktu loading yang biasanya lama, karena Quick Startup bisa membuka game dalam waktu yang singkat tanpa harus melalui halaman loading terlebih dahulu.

Itu dia paparan tes gaming yang telah kami lakukan di Oppo Reno6 terbaru. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya, sob! (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0