Review Singkat Oppo Reno6 Indonesia: Bodi Menawan, Kamera Jagoan

Telset.id – Oppo Reno6 telah diperkenalkan di Indonesia. Nah, berikut tim Telset rangkumkan spesifikasi lengkap dari ponsel terbaru Oppo ini dalam review singkat Oppo Reno6.

Sesuai bocoran yang beredar belakangan ini, smartphone tersebut dirancang dengan desain yang menarik perhatian. Terlebih, ponsel ini juga mengedepankan kemampuan foto dan video portrait dengan dukungan teknologi fotografi komputasi.

Penasaran seperti apa desain dan spesifikasi lengkap yang diusung Oppo Reno6 yang akan hadir di Indonesia? Berikut review singkatnya!

Desain Menawan dengan Reno Glow

Teknologi Kamera Fotografi komputasi Review Oppo Reno6 Indonesia
Desain Oppo Reno6 di Indonesia (Foto: Oppo Indonesia)

Oppo Reno6 yang akan meluncur di Indonesia dibuat dengan desain yang hampir sama dengan seri sebelumnya. Berbeda dengan versi China dengan bingkai bodi yang mengotak, perangkat ini punya bingkai bodi yang kompak dan punya lengkungan di kiri dan kanan bodi belakangnya.

Smartphone terbaru Oppo ini pas dalam genggaman tangan dan mudah dimasukkan ke dalam saku, karena memiliki ketebalan 7,8mm dan berat sekitar 173 gram.

Oppo Reno6 di Indonesia tersedia dalam dua warna, yakni Aurora dan Stellar Black. Kedua warna ini dirancang dengan teknik pewarnaan kompleks bernama Reno Glow.

Sekadar informasi, Reno Glow telah menjadi fitur ikonik yang dapat dikenali dari seri Reno. Teknik pewarnaan ini menciptakan efek kilauan halus pada penutup belakang perangkat, sekaligus membuatnya bebas sidik jari.

Review Oppo Reno6 Indonesia Global

Perangkat dengan warna Aurora terinspirasi oleh imajinasi cahaya aurora borealis pada kutub utara yang mempesona. Dalam proses mewarnainya, Oppo menggunakan teknik Reno Glow dengan lima lapisan Diamond Spectrum yang membuat warna bodi bisa berubah-ubah bila dilihat dari sudut dan kondisi cahaya yang berbeda.

{Baca juga: Hands-on Oppo Reno6 Indonesia, Menarik dengan Reno Glow Terbaru}

Total, berkat teknik pewarnaan yang rumit tersebut, bodi belakang Oppo Reno6 Aurora memiliki 1 juta kombinasi warna. Sangat jauh dibandingkan 10.000 warna yang dihasilkan oleh Oppo Reno5.

Hands-on Desain Oppo Reno6 Indonesia

Sementara untuk varian Stellar Black, Oppo memberikan warna hitam klasik dengan efek visual yang dinamis, berkilau, transparan, dan warna yang dapat berubah dengan teknik pewarnaan Reno Glow.

Layar AMOLED yang Luas

Review Oppo Reno6 Indonesia

Review singkat kini membahas perihal spesifikasi layar yang diusung oleh Oppo Reno6 di Indonesia. Smartphone ini dibekali dengan layar berjenis AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+.

Memiliki lubang kamera alias punch hole di sudut kiri atasnya, layarnya pun tampil dengan rasio sinematik dengan rasio screen-to-body mencapai 91,7%.

Belum cukup, layar Oppo Reno6 diberi dukungan refresh rate 90Hz dengan touch response rate 180Hz. Untuk memberikan kenyamanan terhadap mata penggunanya, smartphone ini sudah mengantongi sertifikasi SGS Eye Care Display dan mendukung streaming HD di Netflix serta Amazon Prime Video.

Spesifikasi Oppo Reno6 yang Andal

Review Oppo Reno6 Indonesia

Oppo Reno6 sebenarnya masih dibekali spesifikasi yang sama dengan Reno5, yakni prosesor Snapdragon 720G yang dipadukan dengan RAM 8 GB berjenis LPDDR4X dan memori internal 128 GB yang bisa diperluas dengan microSD.

Hanya saja, kemampuan prosesor Snapdragon 720G di Reno6 telah ditingkatkan berkat integrasi dengan fitur bawaan Oppo dan sistem operasi ColorOS 11 terbaru.

“Tidak semua produsen mudah mengembangkan fitur yang berpadu antara software dan hardware dalam perangkat smartphone. Jika mengejar tipe prosesor yang lebih tinggi, akan lebih bijak diarahkan kepada seri flagship,” katanya, saat dihubungi tim Telset pada Selasa (13/7/2021).

Snapdragon 720G yang dikombinasikan dengan RAM dan memori internal yang besar, membuat Oppo Reno6 mampu menunjukkan performa pada saat digunakan untuk bermain game online. Apalagi, ada ragam fitur terbaru untuk meningkatkan kemampuannya, terutama untuk gaming seperti Hyperboost 4.0

Hands-on Desain Oppo Reno6 Indonesia

Belum lagi dengan adanya teknologi ekspansi RAM yan dikembangkan Oppo. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan sebagian kecil dari penyimpanan internal yang tersedia menjadi RAM virtual.

Pengguna dapat menyesuaikan tiga tingkat ukuran ekspansi, yang berarti RAM 8GB Reno6 dapat ditambah dengan RAM virtual tambahan sebesar 2 GB/3 GB/5 GB.

“Hal-hal seperti inilah yang sepertinya sulit dilakukan oleh produsen lain ketika mereka dalam beberapa seri menggunakan prosesor yang sama, pengembangan R&D yang tidaklah mudah dan murah selalu menjadi pertimbangan sehingga terlihat ketika menggunakan prosesor yang sama tidak ada peningkatan sama sekali,” jelas Aryo.

{Baca juga: Ini Sebab Oppo Reno6 di Indonesia Beda dengan Versi Global}

Oppo Reno6 di Indonesia juga ditopang oleh baterai berkapasitas 4.310 mAh dengan dukungan fast charging 50W. Menariknya, Oppo menyertakan adaptor charger dengan output 65W!

Review Oppo Reno6 Indonesia

Dengan teknologi tersebut, baterai Reno6 dapat diisi hingga 100% dalam 45 menit. Sementara pengisian daya 5 menit akan memberi daya yang cukup untuk 3 jam pemutaran video berkelanjutan.

Baterai Reno6  pundilengkapi fitur Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby, di mana kedua fitur ini akan membantu memaksimalkan persentase baterai tersisa ketika sangat dibutuhkan.

Kamera Oppo Reno6 Kaya Fitur

Review Oppo Reno6 Indonesia

Review singkat selanjutnya membahas soal kamera dari Oppo Reno6 di Indonesia. Di bagian depan, Oppo memasang kamera 44MP dengan bukaan lensa f/2.4.

Sedangkan di bagian belakang, spesifikasi kamera yang dibawa oleh Oppo Reno6 antara lain, kamera utama 64MP dengan bukaan lensa f/1.7, kamera ultra wide 8MP dengan jangkauan seluas 119°, serta sepasang kamera 2MP untuk makro dan mono.

Seperti yang telah diungkap oleh Oppo Indonesia sebelumnya, fitur utama dari kamera Reno6 adalah Bokeh Flare Video Portrait yang dapat digunakan pada kamera depan dan kamera belakang.

Fitur ini memanfaatkan teknologi AI untuk menunjukkan dengan tepat sumber cahaya asli pada latar belakang, sehingga mampu menciptakan titik cahaya bokeh pada berbagai tingkat kedalaman.

Hebatnya, pemotretan dan pemrosesan gambar dapat diselesaikan hanya dalam waktu 10 milidetik. Alhasil, pengguna pun dimungkinkan untuk melihat pratinjau hasil Potret Bokeh Flare Video secara real-time.

Bukan cuma Bokeh Flare Video Portrait saja, terdapat pula fitur AI Hightlight Video yang berfungsi untuk membantu pengguna merekam video dengan jelas di malam hari.

Berkat algoritma Ultra Night Video, fitur ini akan secara otomatis mendeteksi cahaya sekitar dan membantu membuat video potret yang lebih jelas, lebih cerah, dan lebih hidup.

{Baca juga: Mengenal Fotografi Komputasi, Teknologi Kamera Baru di Oppo Reno6}

Review Oppo Reno6 Indonesia

Pengguna pun tetap dapat merekam video potret super jernih dengan kamera Reno6. Saat merekam dengan cahaya latar kuat, Algoritma Live HDR akan diaktifkan, memungkinkan kamera menangkap bidikan dengan lebih jelas, mempertahankan warna dan detail pada area yang gelap.

Fitur kamera lainnya, mencakup Portrait Beautification Video untuk memberikan efek cantik yang halus dan alami untuk video portrait, Flash Snapshot yang mampu memfokuskan objek secara otomatis dan cepat, Ultra-Clear 108MP Image, hingga AI Pallete yang memberi pengguna kontrol kreatif mutlak untuk setiap foto yang dihasilkan.

Harga Oppo Reno6 di Indonesia

Spesifikasi dan Harga Oppo Reno6 Indonesia

Dari informasi lengkap yang kami beberkan dalam review singkat Oppo Reno6 yang akan hadir di Indonesia, satu pertanyaan terakhirnya, yaitu berapa harga perangkat ini saat diluncurkan.

Oppo Reno6 dibanderol dengan harga Rp 5,1 jutaan di Indonesia. Smartphone ini akan dijual perdana secara pre-order pada 16 hingga 22 Juli 2021 di Official Store pada e-commerce populer, Oppo Store, serta toko offline Oppo dan toko ritel yang bekerja sama dengan Oppo. (MF)

SPESIFIKASI OPPO RENO6
Rilis Juli 2021
Network 2G, 3G, 4G
OS ColorOS 11.1, Android 11
Chipset Snapdragon 720G
CPU Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
GPU Adreno 618
RAM 8 GB
Memori 128 GB
Dimensi 159.1 × 73.3 × 7.8mm, 173 g
Layar 6.4 inci Full HD+, AMOLED, 90 Hz, 180 Hz touch sampling rate
Kamera Utama 64MP (wide) + 8MP 119° (ultra wide) + 2MP (macro) + 2MP (mono)
Kamera Depan 44 MP
Beterai 4310 mAh, Fast Charging 50W
Warna Aurora dan Stellar Black
Harga Rp 5,1 jutaan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

LATEST DEVICE

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0