Review Samsung Galaxy Note20 Ultra: Nyaris Tanpa Cela

review galaxy note20 ultra

Telset.idJika kita sudah mengulas Galaxy S20 Series dalam tulisan review sebelumnya, kali ini giliran keluarga Note Series terbaru yang masuk ke meja redaksi Telset. Kami akan mengulas smartphone yang sedang menyedot perhatian para tech savvy sejagat. Yup, kami akan review Samsung Galaxy Note20 Ultra.

Dua agenda besar diusung Samsung setiap tahunnya untuk memperkenalkan dua seri smartphone flagship, yakni Galaxy S Series dan Galaxy Note Series. Tahun ini, giliran lahirnya Galaxy S20 Series dan Galaxy Note20 Series.

Yang istimewaa, kali ini yang datang ke meja redaksi bukan cuma Galaxy Note20 ‘biasa’, karena kami berkesempatan untuk mencoba langsung Galaxy Note 20 Ultra, varian tertinggi dari seri Galaxy Note 20 Series.

Smartphone flagship ini jelas membawa banyak keunggulan. Mulai dari spesifikasi, fitur, kamera hingga banyak inovasi yang bisa dinikmati para penggunanya. Disebut-sebut, Galaxy Note20 Ultra sangat cocok untuk pengguna dari kalangan profesional.

Lantas, apakah ada kekurangan di smartphone yang begitu powerful ini? So, untuk tahu jawabannya, berikut ini adalah hasil pengujian yang tim Telset.id rangkum dalam review Galaxy Note20 Ultra. Enjoy!

Desain

Samsung galaxy note20 ultra

Elegan, mungkin menjadi kata yang tepat dan juga kesan pertama saat melihat dan menggenggam Galaxy Note20 Ultra. Samsung sukses menghadirkan kesan tersebut di seri smartphone premiumnya tersebut.

Pada Galaxy Note generasi terbaru ini Samsung memperkenalkan signature warna baru yang mereka sebut sebagai Mystic Bronze. Kami akui, warna ini memang mampu merepresentasikan kesan elegan dan berkelas sekaligus.

Selain Mystic Bronze, untuk seri Galaxy Note20 Ultra ini konsumen juga bisa memilih varian warna lain seperti Mystic Black dan Mystic White.

{Baca Juga: 5 Fitur Baru nan Canggih di Samsung Galaxy Note 20 Series}

Jika smartphone kebanyakan saat ini memilih menggunakan finishing yang mengkilap pada bagian covernya, Samsung justru memilih menggunakan finishing ala matte.

Kami menemukan, finishing ini menawarkan kelebihan. Seperti tidak begitu licin dan jejak sidik jari pengguna tidak akan mudah tertinggal di bagian belakang smartphone, sehingga membuatnya jauh dari kesan dekil.

Tentunya ini tidak akan membuat penggunanya harus sering-sering membersihkan bagian belakang ponsel untuk menghilangkan kesan kotor.

Samsung galaxy note20 ultra

Kecantikan desainnya ini juga dilindungi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5 di bagian belakang. Jelas ini gak bakal bikin smartphone mudah tergores.

Samsung masih mempertahankan bentuk khas dari Galaxy Note, yakni kotak dan memanjang. Imbasnya, smartphone ini begitu sulit dioperasikan dengan satu tangan. Tetapi di sisi lainnya, pengguna akan mendapat tampilan yang lebih lega.

Meski desain bodi yang agak memanjang tapi, Samsung tetap berusaha membuat smartphone ini tidak terlalu tebal. Berkat penggunaan frame aluminium, ketebalan Galaxy Note 20 jadi cuma sekitar 8,1 mm.

{Baca Juga: Perjalanan Samsung Galaxy Note Hingga Galaxy Note20: Kisah Lompatan Inovasi}

Ditambah lagi, bobot smartphone ini juga sangat ringan menurut kami. Berdasarkan data yang kami peroleh, bobot Galaxy Note20 ini hanya sekitar 208 gram saja.

Masih dari bagian belakang, terdapat tiga kamera yang digabungkan dalam sebuah frame berbentuk persegi panjang. Frame kamera ini berpotensi jadi perhatian beberapa pengguna karena bentuknya yang bisa dibilang terlalu menonjol dan mengganggu saat diletakkan di atas meja.

Galaxy note20 ultra

Beralih ke bagian depan, Samsung memilih menggunakan layar berdesain punch hole. Ini membuat Galaxy Note 20 memiliki tampilan layar yang begitu full, nyaris tanpa bezel.

Ditambah penggunaan layar “edge” yang melengkung berhasil menambah kesan tersebut. Walaupun mungkin sebagian dari kita tidak menyukai jenis layar melengkung ini.

Eits.. jangan lupa, Galaxy Note20 juga dilengkapi dengan aksesoris S Pen. Nah, S Pen ini tersimpan di sisi kiri bawah. Di sebelahnya terdapat grill speaker, port USB Type C dan lubang mic.

Sementara di sisi kanan terdapat tombol power dan volume, sedangkan di atas terbenam sim tray yang bisa menampung dua SIM Card atau 1 SIM + 1 e-SIM + 1 microSD hingga kapasitas 1 TB.

Spesifikasi

Galaxy note20 ultra

Samsung jelas memberikan spesifikasi terbaik untuk smartphone ini. Sesuatu yang tentunya sama sekali tidak mengejutkan.

Dari sektor layar misalnya, Galaxy Note20 Ultra mengusung layar Dynamic AMOLED 2x Display berukuran 6,9 inci. Didukung juga dengan refresh rate hingga 120 Hz.Berbeda dengan seri Galaxy Note10 yang kala itu diluncurkan dengan layar Dynamic AMOLED. Bedanya lagi, layar Galaxy Note baru bisa mendukung refresh rate 60Hz saja.

Resolusinya juga sangat memanjakan mata. Anda bisa menikmati layar WQHD+ dengan resolusi hingga 3.088 x 1.440. Kok hingga? Yup, sebab resolusi layarnya bisa Anda ubah-ubah. Bisa menjadi HD+, Full HD+ atau WQHD+.

Pengaturan resolusi ini juga bisa berpengaruh pada daya tahan baterai. Semakin tinggi resolusi yang digunakan, maka pastinya penggunaan daya baterai juga akan semakin boros. Nah, untuk fitur refresh rate 120 Hz tadi baru bisa digunakan di resolusi Full HD+ saja. 

Lapisan pelindung layar sudah pasti menjadi bagian wajib di seri smartphone flagship Samsung. Pada seri Galaxy Note20 Ultra, Samsung melapisi bagian layar ponsel ini dengan kaca pelindung Gorilla Glass Victus.

Kaca pelindung generasi terbaru ini diklaim dua kali lebih tahan goresan dari Gorilla Glass 6, dan bisa bertahan dari jatuh di ketinggian 2 meter. Walaupun kami tidak mencoba untuk menjatuhkan smartphone satu ini untuk mengetahui daya tahan kaca pelindungnya.

{Baca Juga: Setangguh Apa Gorilla Glass Victus, Si Pelindung Galaxy Note20 Ultra}

Membuka kap mesinnya, seperti yang bisa kita tebak, Galaxy Note20 di Indonesia kebagian versi yang menggunakan chipset Exynos 990. Ada juga varian Snapdragon 865 plus yang sayangnya cuma tersedia di negara tertentu seperti Amerika dan Korea Selatan.

Tapi tentunya bukan berarti Exynos 990 ini jauh lebih jelek. Chipset yang punya fabrikasi 7nm ini punya tenaga CPU 19% lebih besar dan GPU 13% lebih besar dibanding seri sebelumnya. Jadi sebenarnya ini masih sangat layak untuk dipasangkan di Galaxy Note 20.

Kinerja chipset ini juga didukung oleh penggunaan RAM terbaru berjenis LPDDR5 dengan kapasitas 12 GB. Ada juga varian lain dengan kapasitas RAM 8 GB.

Hal menarik bukan cuma karena besaran RAM-nya aja, tapi juga jenis RAM yang udah pake LPDDR5.

Pasalnya RAM LPDDR5 ini menawarkan kinerja 50% lebih cepat jika dibandingkan dengan LPDDR4X. Gak cuma itu aja, karena RAM terbaru ini juga hemat daya. 30% lebih efisien dari LPDDR4X.

Kami juga akan sedikit memberi penjelasan soal RAM LPDDR5, karena banyak netizen yang “gagal paham” saat melihat angka 8GB pada RAM di Galaxy Note 20 Ultra. Banyak yang bilang “RAM nya kok cuma 8GB”?

{Baca Juga: Samsung Galaxy Note20, Performa Makin Gahar dengan RAM LPDDR5}

Nah, perlu diketahui bahwa game seperti Mobile Legend yang merupakan game paling populer di kalangan mobile gamer atau Fortnite yang dikenal sebuah game berat membutuhkan kisaran memori RAM sebesar ratusan megabyte hingga 2 GB – 3 GB saja.

Itu artinya, RAM LPDDR5 sebesar 8GB yang digunakan oleh seri Galaxy Note 20 Ultra sudah lebih dari cukup untuk melakukan lebih dari satu pekerjaan tanpa khawatir performa menurun.

Memori penyimpanannya juga sudah super lega. Ada kapasitas 256 GB dan tertinggi dengan ruang seluas 512 GB. Dengan ini Anda bisa lebih bebas menyimpan banyak aplikasi dan juga file.

Baterainya punya kapasitas 4.500 mAh dan sudah mendukung fast charging 25W. Dan ini juga udah bisa pake wireless charging dengan kapasitas 15W. Tapi untuk wireless charging-nya dijual terpisah ya Sob!

Proses pengisian daya yang kami lakukan membutuhkan durasi sekitar 2 jam untuk presentase baterai dari 15% sampai 100%.

Gak cuma itu aja, Galaxy Note 20 ini juga bisa berbagi daya yang dimilikinya. Ada juga fitur wireless power share 9W. Ini berguna untuk mengisi daya Galaxy Guds atau Galaxy Watch misalnya.

Untuk konektivitas, Galaxy Note 20 Ultra baru mendukung 4G tetapi belum 5G ready. Tetapi ini bukan masalah berarti, mengingat infrastruktur dan regulasi 5G di Indonesia yang juga belum siap.

Selain 4G, smartphone flagship ini juga sudah mendukung WiFi 6, Bluetooth 5.0, USB OTG dan WiFi Sharing. Urusan sensor juga lengkap, jadi Anda tidak perlu khawatir. Begitu juga dengan NFC yang sudah terpasang di smartphone ini.

Performa

Jika bicara soal performa, rasa-rasanya tak perlu lagi mempertanyakan kemampuan dari Galaxy Note 20 Ultra. Tapi rasanya kurang sah kalau tidak melihat uji performa dari sebuah review smartphone.

Di review Galaxy Note 20 Ultra ini kami akan menguji performa smartphone dengan menggunakan aplikasi seperti AnTuTu Benchmark, 3D Mark, hingga PC Mark. Berikut hasil pengujian yang kami lakukan.

AnTuTu Benchmark

Pengujian menggunakan AnTuTu Benchmark bertujuan untuk mendapatkan gambaran performa smartphone secara menyeluruh. Mulai dari performa CPU, GPU, memori, hingga user experience.

Hasilnya pengujian ini kami mendapatkan skor sebesar 506.752. Skor ini tentu tergolong cukup besar dan siap digeber untuk berbagai tugas.

PC Mark

Kemudian untuk pengujian dengan aplikasi PC Mark dilakukan untuk memperoleh gambaran performa smartphone ketika digunakan untuk menjalankan tugas sehari-hari. Seperti chatting, browsing dan lain sebagainya.

Hasilnya, kami mendapati skor sebesar 11.690 untuk pengujian work performance 2.0.

3D Mark

Terakhir adalah pengujian dengan menggunakan aplikasi 3D Mark. Uji ini dilakukan untuk mendapatkan kemampuan performa dari GPU yang digunakan oleh Samsung Galaxy Note 20 Ultra. 

Kami menggunakan pengujian Sling Shot Extreme. Hasilnya pada pengujian tersebut kami mendapat skor 5.496 untuk Sling Shot Extreme OpenGL ES3.1 dan  sebesar 5.198 untuk Sling Shot Extreme Vulkan.

Setelah melakukan uji benchmark, kami juga melakukan pengujian gaming pada review Galaxy Note 20 Ultra ini. Dua game first person shooter kami mainkan, PUBG Mobile dan Fortnite Battle Royale.

Saat memainkan PUBG Mobile, Galaxy Note Ultra 20 mendapatkan pengaturan default di grafik HD dan frame rate High. Sementara pengaturan tertinggi yang bisa dipilih adalah grafik HDR dan frame rate ultra.

Sedangkan di Fortnite, kami mendapatkan tampilan kualitas grafik Epic. Frame rate yang kami dapatkan stabil di kisaran 30 fps.

Dengan ini tentunya Galaxy Note 20 Ultra siap melahap game-game yang ada di smartphone dengan sangat baik. Baik game casual atau game kompetitif sekalipun.

1
2
3
Previous articleSiap-siap, Bumi Sepi saat Proyek Virgin Galactic Dimulai
Next articleBakteri Ternyata Melakukan Perjalanan dari Mars ke Bumi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here