Review Realme Narzo 30A: Cocok untuk Gamers “Pas-pasan”

HP dual kamera Rp 1 jutaan terbaik murah termurah
Realme Narzo 30A (Foto: Surya/Telset.id)

Telset.id – Ketika Realme Narzo 30A diperkenalkan, ponsel ini disebut sebagai perangkat yang pas bagi para “gamer bujet cekak”. Kami pun penasaran ingin membuktikan klaim tersebut dengan melakukan review Realme Narzo 30A.

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada awal Maret 2021, Realme Narzo 30A resmi dirilis di Indonesia, menjadi salah satu andalan realme di kelas HP 1 jutaan terbaik di tahun ini.

Dengan mengusung tagline “Power Up The Game”, Realme Narzo 30A diklaim cocok buat gamer yang pengen smartphone berperforma tinggi, tapi harganya terjangkau.

Seperti diketahui, harga masih menjadi salah satu faktor terpenting yang diperhatikan sebelum membeli HP terbaru, terutama di segmen bawah dengan kisaran harga 1 jutaan hingga HP 2 jutaan terbaik.

Realme melihat kesempatan itu dengan merilis serangkaian produk terjangkau yang mengusung spesifikasi andal di kelasnya menengah bawah, salah satu yang terbaru adalah Realme Narzo 30A.

{Baca juga: 10 HP Realme Terbaru Maret 2021 Mulai dari Rp 1 Jutaan}

Nah, berikut ini ulasan lengkap kami dalam review Realme Narzo 30A. Dalam ulasan ini, kami membahas soal desain, performa dan spesifikasi ponsel, hingga sektor kamera. Yuk simak selengkapnya!

Desain dan Layar

Review Realme Narzo 30A

Jujur saja, saat melihat pertama kali Realme Narzo 30A, desainnya mirip dengan SSD eksternal yang pernah kami review sebelumnya. Desainnya hampir sama, dengan tekstur yang cukup kesat di 3/4 bodinya.

Saat menggenggamnya pertama kali, kesan kami berubah lagi. Kami merasa HP terbaru Realme ini seperti batu bata dengan bobot yang besar dan cukup tebal.

{Baca juga: WD My Passport SSD, Memori Eksternal Mini dengan Performa Tinggi}

Jelas, Realme Narzo 30A memiliki dimensi 164.5 x 75.9 x 9.8 mm dengan bobot mencapai 205 gram. Itu membuatnya menjadi salah satu ponsel menengah yang cukup tebal dan berat yang pernah kami ulas.

Meski tebal dan berat, tapi HP terbaru Realme ini dikemas dengan desain yang baru. Jujur, kami bosan dengan desain itu-itu saja yang selalu diaplikasikan perusahaan asal China ini di hampir semua seri yang beredar di indonesia.

Berkat desain Diagonal Stripe yang diusung ponsel ini, bodi belakang Realme Narzo 30A menampilkan efek bergelombang dan dinamis.

Desain ini bukan cuma membuat Realme Narzo 30A terlihat keren dan beda, tapi juga membuatnya enak untuk digenggam menggunakan satu tangan saja. Ditambah, posisi sensor sidik jari yang letaknya pas, membuat kami makin nyaman menggunakan HP terbaru ini.

Review Realme Narzo 30A

Ada modul kamera berbentuk persegi sebagai tempat bagi dua kamera belakang, LED Flash, dan logo AI yang menandakan bahwa kamera ponsel pintar ini sudah didukung oleh teknologi berbasis kecerdasan buatan.

Meski demikian, desain Realme Narzo 30A tak luput dari kekurangan. Selain bodinya yang tebal dan berat, panel bodi belakang yang cenderung tipis. Ketika bodi belakang sedikit ditekan, panel bodi tersebut akan sedikit melengkung menyentuh komponen yang berada di dalamnya.

{Baca juga: 10 HP 2 Jutaan Terbaik 2021, Spesifikasi dan Harga Terbaru}

Ponsel pintar ini mengusung layar besar dengan ukuran 6,5 inci. Sayangnya, resolusi yang ditawarkan layar ini dirasa cukup kurang dengan HD+ saja. Tapi kekurangan ini cukup wajar, melihat harga ponsel ini yang tak sampai Rp 2 juta.

Menyaksikan film ataupun konten di layar HD+ pun masih dapat dinikmati dengan baik, meski memang belum terlalu maksimal seperti layar Full HD+.

Jangan khawatir layar Realme Narzo 30A mudah tergores benda-benda tajam yang halus. Sebab, smartphone ini sudah dilapisi pelindung layar tambahan plus Corning Gorilla Glass 3.

Spesifikasi Realme Narzo 30A

Review Realme Narzo 30A

Review Realme Narzo 30A kami lanjutkan dengan membahas spesifikasi dan performanya. Kini, HP sejutaan juga sudah memiliki kinerja yang mumpuni untuk mendukung kegiatan sehari-hari, main game, dan lain sebagainya.

Meski tidak semaksimal smartphone dengan harga yang jauh lebih mahal, namun Realme Narzo 30A tak boleh dipandang sebelah mata.

Pantas saja Realme menyebutnya sebagai ponsel yang cocok untuk gamers dengan bujet pas-pasan, karena di dalamnya terdapat dapur pacu berupa prosesor MediaTek Helio G85 yang bertenaga.

Dari beberapa literatur yang kami baca di internet, MediaTek Helio G85 memiliki konfigurasi CPU octa-core dan memiliki clock-speed mencapai 2.0 GHz.

SoC ini dipasangkan dengan GPU ARM Mali-G52 yang mampu mengolah grafis dengan maksimal, khususnya untuk kebutuhan main game.

{Baca juga: Redmi 9T vs Realme Narzo 30A, Bagusan Mana?}

Review Realme Narzo 30A

Ditambah, terdapat RAM 4 GB dan memori internal 64 GB yang lumayan besar untuk menyimpan data-data di dalam ponsel. Apabila dirasa kurang cukup, terdapat slot microSD dengan kapasitas maksimal 256 GB.

Berdasarkan pengujian kami menggunakan AnTuTu Benchmark, 3DMark, dan juga PCMark, smartphone ini memperoleh hasil yang lumayan baik.

AnTuTu Benchmark

Di AnTuTu, Realme Narzo 30A meraih skor 198 ribuan. Lebih rendah dari klaim 200.000 poin yang dibanggakan oleh Realme.

Skor AnTuTu Realme Narzo 30A

3DMark

Sedangkan untuk 3DMark, ponsel ini memang cocok digunakan untuk bermain game Android favorit. Sebab, dari pengujian yang kami lakukan, Realme Narzo 30A memperoleh angka 1.414 poin untuk Sling Shot Extreme (40% lebih baik dari ponsel lainnya) dan 2.087 poin untuk Sling Shot (62% lebih baik dari smartphone lainnya).

PCMark

HP terbaru Realme ini juga mampu untuk melakukan multi-tasking hingga mendukung pekerjaan mobile dari pengguna. Berdasarkan simulasi yang dijalankan menggunakan aplikasi PCMark, smartphone ini meraih hasil yang tergolong tinggi, yakni 8.317 poin.

Skor PCMark Realme Narzo 30A

Lalu, bagaimana dengan pengalaman gamingWell, bisa kami katakan kalau Realme Narzo 30A memang cocok disebut sebagai ponsel untuk para “gamer bujet cekak”.

Pasalnya, smartphone ini memang punya kemampuan yang bagus untuk memainkan berbagai game favorit di Android. Selama melakukan review Realme Narzo 30A, kami bermain game COD Mobile, Life After, dan Bus Simulator Indonesia.

{Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 30A, Wajib Tahu!}

Ketiga game ini dapat dimainkan dengan lancar, meski tidak dalam grafis terbaik ala HP gaming 2 jutaan atau ponsel flagship. COD Mobile dapat dimainkan dengan cukup stabil di 60 FPS maksimal, sementara dua game lainnya hanya dapat ditampilkan dalam 30 FPS maksimal.

Tak ada gangguan yang berarti selama kami bermain game di sini. Ketiga game dapat kami mainkan tanpa lag, lancar, dan kendala. Realme Narzo 30A ditopang baterai dengan kapasitas jumbo. Wajar, bodinya menjadi lebih tebal ketimbang ponsel lain di kelasnya.

Smartphone ini ditenagai oleh baterai berkapasitas 6.000 mAh dengan dukungan fast charging 18W. Realme mengklaim, baterai sebesar ini punya masa pakai hingga seharian penuh. Tapi, benarkah demikian?

Kami pun melakukan pengujian dengan bantuan aplikasi Battery Log dan PCMark. Dari pengujian menggunakan PCMark Work 2.0 battery life, smartphone ini mencatatkan waktu 16 jam 15 menit.

Catatan waktu baterai di PCMark

Sedangkan saat kami melakukan pengujian dengan memutar video YouTube tanpa henti, Realme Narzo 30A sanggup bertahan selama kira-kira 16 jam 40 menit dengan baterai tersisa 5%.

Catatan waktu ini setidaknya memperlihatkan screen on time dari ponsel. Screen on time merupakan variabel yang merujuk kepada baterai smartphone bertahan dalam kondisi layar aktif dalam sekali charge atau baterai penuh.

Sementara untuk kecepatan charging, berdasarkan catatan Battery Log, ngecas dari 10% hingga penuh membutuhkan waktu hingga 3 jam lebih. Sangat lama memang, namun hal ini masih wajar melihat kapasitas baterainya yang jumbo.

Kamera

Review Realme Narzo 30A

Review Realme Narzo 30A selanjutnya adalah dengan membahas sektor kamera. Sejujurnya, kami sempat tertipu ketika melihat modul kamera belakang dari ponsel pintar ini.

Kami mengira, Realme Narzo 30A memiliki tiga kamera belakang dan satu LED Flash. Namun ternyata, hanya ada dua kamera belakang yang yang dipadukan dengan lingkaran berlogo AI dan juga LED Flash.

Komposisi kamera belakang ini adalah 13MP dengan bukaan lensa f/2.2 dan mendukung PDAF. Sementara kamera sekundernya berjenis B&W Portrait Lens dengan bukaan f/2.4. Lalu untuk kamera depan, ada sensor 8MP yang sudah didukung oleh fitur berbasis AI.

Ada beberapa fitur yang diusung oleh kamera ponsel pintar ini, salah satunya adalah Chrome Boost. Fitur ini dapat meningkatkan detail dan juga warna dari foto jauh lebih baik lagi.

Dikombinasikan dengan mode HDR, foto yang ditangkap pun punya kualitas yang lebih baik. Dynamic range, kualitas detail, dan komposisi warna yang ditampilkannya cukup bagus. Apalagi, ketika kami mengambil foto di lingkungan dengan kondisi cahaya yang memadai.

{Baca juga: 6 HP Realme Ini Kebagian Update Android 11, Apa Saja?}

Kamera Belakang Realme Narzo 30A

Ada hal menarik dari kamera depan Realme Narzo 30A. Sistem kecerdasan buatan yang disematkan di dalamnya mampu memberikan sentuhan warna dan detail yang bagus pada wajah ketika selfie, meskipun menggunakan masker.

Asal tahu saja, pandemi Covid-19 memaksa kita untuk selalu mematuhi protokol kesehatan ketika bepergian, termasuk mengenakan masker. Jika ingin foto selfie di suatu tempat, masker pun wajib selalu dipakai untuk mencegah penularan virus corona.

Untungnya, kamera depan dari Narzo 30A masih bisa memberikan beberapa sentuhan kosmetik berbasis AI yang membuat foto selfie jauh lebih bagus, meski sambil memakai masker kesehatan.

Kamera Depan Realme Narzo 30A

Satu kekurangan dari kamera Realme Narzo 30A adalah tidak ada kamera ultrawide. Memang ada fitur Panorama untuk mengambil foto ultra lebar, namun lebih praktis lagi jika pengguna disuguhkan dengan kamera ultrawide dengan rentang yang lebar untuk mengambil foto landscape.

Kesimpulan

Review Realme Narzo 30A

Review Realme Narzo 30A kami akhiri dengan kesimpulan. Dibanderol dengan harga Rp 1,8 jutaan, apakah ponsel pintar ini bisa menjadi pilihan utama?

Dari awal, Realme mempersiapkan ponsel ini sebagai perangkat yang pas untuk pengguna ataupun gamers yang menginginkan smartphone dengan performa tinggi namun harga yang terjangkau.

Selama kami mengulas Realme Narzo 30A untuk kebutuhan tulisan review, ponsel ini memang menyuguhkan performa yang luar biasa untuk sebuah HP dengan harga tak lebih dari Rp 2 juta.

Berbagai game favorit dapat dimainkan di sini, mulai dari Life After, COD Mobile, hingga Bus Simulator Indonesia. Memang permainan tidak ditampilkan dengan kualitas grafis “rata kanan”, tapi setidaknya seluruh game itu dapat dimainkan dengan lancar tanpa lag atau gangguan berarti.

Pengguna pun tak perlu khawatir kehabisan daya baterai di tengah-tengah permainan, karena baterai 6.000 mAh milik ponsel ini punya daya tahan yang luar biasa. Ditambah, terdapat dukungan fast charging 18W yang tergolong cukup kencang.

Para gamers juga biasanya menginginkan desain yang trendi dan berbeda daripada yang lainnya, kan? Beruntung, Realme Narzo 30A pun dikemas dengan desain kekinian dan berbeda daripada seri lainnya. Realme Narzo 30A layak masuk kandidat HP gaming 1 jutaan terbaik.

Meski punya beberapa kelebihan, ada beberapa kekurangan juga pada Realme Narzo 30A. Dalam aspek desain misalnya, kami kurang sreg dengan tebal dan bobot dari ponsel ini.

Dan lagi, kualitas layarnya yang masih HD+. Rasanya kurang pas saja jika performa mumpuni yang ditawarkan HP ini malah “tercela” oleh kualitas layar beresolusi rendah.

Bagi Anda yang suka fotografi, fitur-fitur pengambilan gambar di ponsel ini juga terbilang biasa saja. Tak ada pengambilan gambar ultrawide (meskipun ada mode panorama), yang sangat dibutuhkan apabila ingin menangkap foto landscape.

Namun demikian, Realme Narzo 30A kami nilai mampu menjawab kebutuhan pengguna yang ingin memiliki ponsel pintar murah dengan spesifikasi bagus, kinerja cukup baik, dan baterai yang super tahan lama.

+ Desain bagus dan tampil beda

+ Tekstur pada bodi membuat ponsel ini nyaman digenggam

+ Baterai berkapasitas jumbo

Baterai tahan lama

+ Mendukung fast charging 18W

+ Main game lancar

Kekurangan

Layar masih HD

Panel bodi belakang cukup tipis

Bodi tebal dan berat

Tidak ada kamera ultrawide

TELSET RATING: 8.0/10

SPESIFIKASI REALME NARZO 30A
RilisMaret 2021
Jaringan2G, 3G, 4G
OSAndroid 10
ChipsetMediaTek Helio G85
GPUPowerVR GE8320
RAM4 GB
Memori64 GB
Dimensi165.3 x 76.8 x 9 mm
LayarIPS LCD 6,5 inci resolusi HD+
Kamera Belakang13 MP + 2 MP
Kamera Depan8 MP
Baterai6.000 mAh
HargaRp 1,8 jutaan
Previous articlePerbandingan Spesifikasi Galaxy A32, Galaxy A52, Galaxy A72
Next articleUji Ketahanan, Bodi Asus ROG Phone 5 Ternyata Gampang Rusak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here