Review Realme C25: Bodi Tangguh, Daya Tahan Baterai Awet

Review Realme C25
Foto: Surya/Telset.id

Telset.id – Smartphone yang tangguh biasanya punya desain kaku, bobot berat, dan bersertifikasi militer. Tapi, realme punya cara berbeda dalam membuat ponsel tangguh yang cocok untuk para penggunanya, seperti realme C25 yang kami review misalnya.

realme memang menjadi salah satu vendor ponsel yang punya cara tersendiri dalam memikat para pengguna smartphone di Tanah Air, khususnya anak-anak muda.

Selain menawarkan ponsel dengan harga yang murah, realme kerap kali menghadirkan fitur-fitur menarik pada ponsel entry hingga menengah yang memang dibutuhkan oleh para pengguna.

realme C25 misalnya, yang meluncur secara global untuk pertama kalinya di Indonesia. HP terbaru realme ini membawa baterai besar, spesifikasi cukup bertenaga, dan dikemas dengan desain tangguh nan kekinian.

{Baca juga: 10 HP Realme Terbaru Maret 2021 Mulai dari Rp 1 Jutaan}

Bahkan, realme dengan pede menyebutnya sebagai smartphone entry-level paling tahan banting. Nah, tim Telset kali ini bakal mengulas ponsel pintar yang dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan ini di Indonesia.

Tentu saja, kami akan membahas mulai dari desainnya, spesifikasi serta performa, sampai ke kamera. Oleh karenanya, simak terus ulasan lengkap lengkap dari kami dalam tulisan review realme C25 berikut ini. Check this out!

Desain

Review Realme C25

Bodi yang tangguh menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan realme C25 kepada para pengguna muda di Indonesia. Keunggulan ini bukan sekadar gimmick belaka untuk sebatas kebutuhan marketing saja.

HP terbaru realme ini telah mengantongi sertifikat High Reliability atau keandalan tinggi dari TÜV Rheinland. Sertifikasi ini berisi 23 pengujian utama yang mencakup 10 skenario pengujian penggunaan harian, 7 skenario uji lingkungan ekstrem, dan skenario uji realibilitas 6 komponen.

Mendapatkan sertifikat itu tak semudah membalikkan telapak tangan. Seri realme C25 diuji terlebih dahulu dalam suhu dan kelembaban yang ekstrem, fluktuasi tegangan, listrik statis, tekanan udara, dan lain sebagainya.

Dari beberapa informasi yang kami himpun lewat internet, pengujian dalam Sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone TÜV Rheinland ini didasarkan pada masa siklus hidup smartphone selama tiga tahun.

Review Realme C25

Karena penasaran, kami pun mencoba menguji secara langsung daya tahan dari bodi realme C25. Kami beberapa kali menjatuhkan ponsel ini dari ketinggian antara 50 – 60 cm ke lantai sebagai simulasi kasus ketika ponsel tak sengaja jatuh dari meja ataupun kantong celana.

Hasilnya, realme C25 tidak mengalami kerusakan yang berarti. Rangka dan bodi yang berbahan dasar polikarbonat serta layarnya tak mengalami “luka” yang berarti. Meski ada sedikit goresan di beberapa tempat, namun ponsel masih bisa dioperasikan secara normal.

Sertifikasi High Reliability dari TÜV Rheinland yang dimiliki realme C25 tak serta-merta membuatnya benar-benar tangguh dan bisa dibawa kemanapun Anda mau. Smartphone ini masih memiliki beberapa kekurangan yang rasanya wajar terdapat pada ponsel Rp 2 jutaan.

Misalnya, tak ada sertifikasi IP67 atau IP68 yang memungkinkan ponsel direndam atau diajak berenang hingga kedalaman 1 meter. Belum mengantongi sertifikasi militer MIL-STD, dan tidak disertakan casing tambahan yang berkualitas tinggi.

Review Realme C25

Di samping bodinya yang tangguh, realme C25 sebenarnya dikemas dengan desain yang keren. Smartphone ini mengusung layar seluas 6,5 inci dengan aspek rasio 20:9. Layar dengan resolusi HD+ ini dipercantik dengan adanya notch atau poni sebagai tempat bagi kamera depan beresolusi 8MP.

{Baca juga: Review Realme Narzo 30A: Cocok untuk Gamers “Pas-pasan”}

Realme C25 hadir dengan pilihan warna Water Grey dan Water Blue yang dikombinasikan dengan tekstur menarik bernama Geometric Art Design. Tekstur ini menciptakan efek cahaya reflektif, dan membuat bodi realme C25 aman dari jejak sidik jari yang membuatnya terlihat kotor.

Review Realme C25

Yang terpenting, tekstur Geometric Art Design ini membuat ponsel nyaman digenggam serta efektif mencegah goresan dan terpeleset dari tangan.

Desainnya makin terlihat apik dengan adanya modul kamera berbentuk persegi di sudut kiri atas bodi. Frame kamera ini menyimpan tiga kamera dan LED Flash.

Ditambah, ada sensor sidik jari konvensional di bodi belakang yang mudah diraih jari telunjuk. Sensor sidik jari ini pun punya respon yang baik untuk membuka kunci layar.

Spesifikasi dan Performa

Review Realme C25

Realme C25 sudah ditenagai oleh prosesor kelas menengah dari MediaTek, yaitu Helio G70. Prosesor 12nm ini memiliki konifigurasi CPU 8 inti dengan clock-speed maksimal di mode performa mencapai 2.0 GHz.

Prosesor tersebut dikombinasikan dengan RAM 4 GB berjenis LPDDDR4X dan dua varian memori penyimpanan 64 GB/128 GB. Apabila tak cukup dengan kapasitas memori internal, pengguna bisa menambahkan memori tambahan berupa microSD hingga 256 GB.

Bukan cuma bodi yang tangguh saja, realme C25 juga ditenagai oleh baterai berkapasitas jumbo. Smartphone ini dilengkapi baterai 6.000 mAh dengan fast charging 18W.

Saat peluncuran resmi, realme mengklaim bahwa baterai C25 mampu bertahan hingga 25 jam untuk memutar video YouTube non-stop. Tapi, benarkah demikian?

Baterai

Saat review realme C25, kami pun melakukan pengujian dengan cara yang sama. Kami memutar video YouTube tanpa henti dan mencatat aktivitas baterai menggunakan aplikasi Battery Log. Hasilnya, sungguh mengejutkan kami.

Klaim realme untuk pemutaran video YouTube meleset. Berdasarkan pengujian kami, realme C25 ternyata mampu bertahan lebih lama dengan catatan waktu 26 jam untuk memutar video YouTube tanpa henti. Itupun, baterainya masih tersisa 4%.

Tentu saja, ini adalah pencapaian yang luar biasa untuk sebuah ponsel kelas entry-level. Catatan waktu ini pun memperlihatkan screen on time dari ponsel itu sendiri.

Screen on time merupakan variabel yang merujuk kepada baterai smartphone bertahan dalam kondisi layar aktif dalam sekali charge atau baterai penuh.

Bisa dibayangkan kalau Anda mungkin hanya sesekali menggunakannya dengan screen on time tak lebih dari 8 jam. Mungkin, baterai realme C25 mampu bertahan jauh lebih lama lagi.

{Baca juga: 10 HP 2 Jutaan Terbaik 2021, Spesifikasi dan Harga Terbaru}

Jika membahas soal kecepatan charging-nya, realme C25 sudah dibekali dengan fitur fast charging 18W. Berdasarkan penghitungan yang kami lakukan menggunakan aplikasi Battery Log, dibutuhkan waktu sekitar kurang lebih 4 jam untuk mengisi baterai dari 5% sampai penuh.

Waktu yang sangat lama memang untuk sekadar mengisi daya baterai. Namun setidaknya, pengguna mendapatkan ganjaran berupa baterai yang tahan lama hingga lebih dari 24 jam.

Punya baterai dengan kemampuan yang bagus, bagaimana dengan performa dari dapur pacu realme C25? Kami melakukan pengujian review realme C25 dengan memanfaatkan tiga aplikasi benchmark, yakni AnTuTu, 3DMark, dan PCMark.

AnTuTu Benchmark

Dari pengujian yang kami lakukan menggunakan aplikasi ini, realme C25 memiliki kinerja yang cenderung biasa saja atau pas-pasan. Meski sanggup mencetak skor 200 ribuan poin di AnTuTu, namun pada kenyataannya, kerap kali terjadi laggy saat kami menggunakannya sebagai ponsel sehari-hari.

Pada saat booting misalnya. Butuh waktu sekitar 4 detik sampai seluruh aplikasi di App Drawer muncul dan bisa digunakan kembali secara normal. Sama halnya saat kami melakukan multi-tasking atau berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

3DMark

Sedangkan 3DMark, realme C25 pun meraih skor yang cukup baik. HP terbaru realme ini memperoleh skor 1.576 poin untuk pengujian Sling Shot dan 1.294 poin untuk Sling Shot Extreme.

Skor yang diperoleh smartphone ini 54% lebih baik daripada ponsel yang diuji oleh 3DMark menggunakan skema Sling Shot. Sementara Sling Shot Extreme, realme C25 lebih baik dari 34% ponsel pintar yang diuji di 3DMark.

{Baca juga: Redmi 9T vs Realme Narzo 30A, Bagusan Mana?}

Hal ini menandakan bahwa smartphone memang cukup baik dalam hal pengolahan grafis, khususnya main game. Kami pun mencoba bermain beberapa game populer di Android, seperti Mobile Legends, COD Mobile, dan PES 2021.

Meski seluruh game ditampilkan dengan grafis yang biasa-biasa saja alias standar, namun kami mendapatkan FPS yang cukup stabil. Ketiga game dapat kami mainkan di rentang 25 – 30 FPS tanpa penurunan yang signifikan.

review Realme C25
Game PES 2021 di realme C25

PCMark

Pengujian kinerja realme C25 lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi PCMark. Berdasarkan pengujian, smartphone realme ini 8.542 poin. Nilai yang sebenarnya cukup bagus untuk sebuah HP entry-level.

review Realme C25

Aplikasi PCMark sendiri menyimulasikan penggunaan normal dari pengguna, seperti berselancar di internet, bekerja, melakukan video conference, dan lain sebagainya.

Kamera

Review Realme C25

Review realme C25 kami lanjutkan ke sektor kamera. Smartphone ini dilengkapi dengan tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Terdapat kamera utama 48MP dengan bukaan lensa besar f/1.8.

Kamera tersebut dipadukan dengan lensa makro dan B&W masing-masing 2MP. Sementara kamera depan, beresolusi 8MP yang didukung juga dengan pemrosesan berbasis AI atau kecerdasan buatan.

Kamera utama 48MP di realme C25 mampu menghasilkan gambar yang cukup detail, komposisi warna yang pas, cerah, dan dynamic range yang luas. Didukung juga dengan PDAF, kamera pun dapat mengambil gambar dengan cepat dan fokus yang tepat.

Sementara lensa makro, memungkinkan kami untuk mengambil foto makro dengan jarak maksimal 4cm. Kamera ini membantu kami untuk dapat dengan mudah mengambil foto jarak dengan dengan detail yang cukup baik.

{Baca juga: 6 HP Realme Ini Kebagian Update Android 11, Apa Saja?}

Lensa B&W sebenarnya punya tugas yang hampir sama dengan lensa depth. Kamera ini dapat dengan baik memberikan efek blur yang rapi pada latar belakang, dan meningkatkan kualitas warna pada objek utama.

Kamera Belakang Realme C25

realme memberikan kelebihan berbasis software untuk meningkatkan kualitas kamera selfie 8MP yang diambil pengguna seperti kami.

Kamera depan realme C25 sudah dibekali dengan AI beauty dan mode HDR yang dapat “memperbaiki” kualitas gambar dan juga wajah ketika selfie. Meski demikian, efek yang diberikan tak terlalu berlebihan dan cenderung masih natural.

Kamera Depan Realme C25

Terkait video, realme C25 secara mengejutkan dapat merekam video Full HD atau 720p @60 FPS. Sayangnya, smartphone ini tidak didukung oleh fitur penstabil gambar berbasis software maupun hardware.

Kesimpulan

Review Realme C25

Review realme C25 kami tutup dengan kesimpulan. Smartphone ini sejujurnya merupakan salah satu seri entry-level yang worth-it untuk dibeli. Dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan, smartphone tersebut dibekali dengan berbagai fitur dan spesifikasi menarik yang tak boleh terlewatkan.

Desain misalnya. Berbekal sertifikasi High Reliability atau keandalan tinggi dari TÜV Rheinland, realme C25 bisa dibilang sebagai smartphone entry-level paling tahan banting untuk saat ini.

Realme C25 memiliki kamera 48MP dengan baterai besar 6.000 mAh yang sudah lebih dari cukup untuk menemani pengguna selama seharian penuh. Kualitas kameranya sendiri tergolong bagus di kelasnya, karena mampu menghasilkan foto dengan kualitas detail dan warna yang baik.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Realme Terbaru}

Namun, tetap saja realme C25 bukanlah ponsel yang sempurna. Kekurangan paling kentara adalah kinerjanya yang biasa-biasa saja dan kerap kali laggy ketika “dipaksa” untuk menjalankan tugas-tugas yang berat.

Menggunakan ponsel ini, kebiasaan Anda yang selalu berpindah dari satu aplikasi ke lainnya secara cepat, scrolling di internet dalam waktu yang lama, sampai bermain game dengan grafis tinggi, mungkin harus dikurangi.

Seperti yang sudah kami katakan di atas, realme C25 merupakan ponsel terbaru yang worth to buy tahun ini. Namun kembali lagi kepada kebutuhan dan bujet Anda.

Nah, bagi Anda yang berminat untuk membelinya, realme C25 dijual secara online di Lazada http://bit.ly/lazada-realme-pr, Shopee http://bit.ly/shopee-realme-pr, dan situs resmi realme https://buy.realme.com/id/goods/183. (MF)

Kelebihan

+ Desain bagus dan tampil beda

Tekstur pada bodi membuat ponsel ini nyaman digenggam

+ Bodi tangguh dengan sertifikat High Reliability dari TÜV Rheinland

+ Baterai berkapasitas jumbo

Baterai tahan lama

Mendukung fast charging 18W

Kamera 48MP berkualitas

Kamera selfie dengan AI beauty yang natural

Kekurangan

 Layar masih HD

Kinerja kerap laggy

 Tidak ada kamera ultrawide

TELSET RATING: 8.0/10

SPESIFIKASI REALME C25
RilisMaret 2021
Jaringan2G, 3G, 4G
OSAndroid 10
ChipsetMediaTek Helio G70
GPUMali-G52 MC2
RAM4 GB
Memori64 GB/128 GB
Dimensi 164.5 x 75.9 x 9.6 mm, 209 g
LayarIPS LCD 6,5 inci resolusi HD+
Kamera Belakang48 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (B&W)
Kamera Depan8 MP (wide)
Baterai6.000 mAh, fast charging 18W
HargaRp 2 jutaan
Previous articleSpesifikasi Lengkap Poco F3, Layar 120Hz dan Kamera 48 MP
Next articleSmartphone Entry Tahan Banting Tiba di Indonesia, Realme C25

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here