telset

Review Oppo A16: Baterai Jumbo, Kapasitas RAM Nanggung

Telset.id – Oppo merilis smartphone terbarunya Oppo A16, yang menawarkan desain menarik serta baterai yang besar. Untuk mengetahui performa ponsel ini, tim Telset telah melakukan sejumlah pengujian. Simak hasilnya dalam review Oppo A16.

Oppo A16 menambah daftar portofolio Oppo di pasar Indonesia khususnya untuk seri A. Pasalnya akhir-akhir ini Oppo lebih banyak merilis ponsel seri Reno dan Find X seperti Oppo Reno6 dan Oppo Find X3 Pro.

Baca juga: Oppo A16, Ponsel Sejutaan dengan Desain Stylish dan Baterai Jumbo

Kali ini Oppo meluncurkan A16 yang menyasar pasar kelas menengah. Lewat A16, Oppo menawarkan smartphone entry level dengan baterai yang jumbo, layar yang lebar yakni 6,52 inci dengan resolusi HD+ serta desain stylish.

Oleh karena itu, tidak lengkap rasanya jika tidak kita ulas lebih mendalaman. Silakan simak tulisan review Oppo A16 berikut ini.

Desain 

Review Oppo A16
Desain

Desain menjadi aspek penting dalam smartphone. Sadar akan hal tersebut, Oppo memberikan desain terbaik bagi Oppo A16. Hasilnya, Oppo A16 memiliki desain premium sehingga tidak seperti ponsel entry level lainnya.

Oppo A16 memiliki kesan ringan, tipis, dan nyaman karena memiliki dimensi 163.8 x 75.6 x 8.4 mm dan berat 190 gram. Lalu ponsel ini memberikan tampilan yang premium dengan pilihan warna Pearl Blue, Space Silver dan Crystal Black.

Selain warna, desain premium juga ditunjukkan dengan tampilan belakang Oppo A16. Oppo membingkai kamera belakang di kiri atas dengan pelapisan vakum dan proses ukiran laser. Sedangkan lensa kamera hitam menggunakan etching dan proses sablon.

Kamera diletakan secara vertikal dengan susunan 13MP Main Camera, 2MP Depth Bokeh Camera dan 2MP Macro Camera. Di samping LED flash dan tulisan “Triple – Cam AI” untuk mempertegas teknologi di kamera A16.

Review Oppo A16
Posisi fingerprint

Supaya nyaman di genggaman, A16 didukung bahan polycarbonate dengan desain tepian body yang melengkung atau 3D. Tepian yang melengkung bertujuan untuk memberikan kenyamanan saat digenggam.

Baca juga: Oppo A16s Diperkenalkan, Bawa Fitur NFC dan Baterai 5000 mAh

Beralih ke bagian depan. Oppo A16 memiliki layar berukuran 6,5 inci dengan rasio ke bodi 88,7%. Untuk menyematkan kamera depan, terdapat notch di bagian atas yang menambah kesan elegan ponsel seri A ini.

Selanjutnya di bagian sisinya, Oppo A16 memiliki fingerprint di sisi kanan tepatnya di tombol power. Peletakan fingerprint ini cukup unik mengingat biasanya fingerprint terletak di bagian belakang HP.

Namun, menurut kami letak fingerprint di sebelah kanan justru lebih praktis dan lebih nyaman ketimbang meletakkan fingerprint di bagian belakang.

Review Oppo A16
Desain bagian bawah

Lalu pada sisi kiri disematkan 2 tombol volume untuk mengatur audio, dan slot SIM Card dan MicroSD. Sedangkan di bagian bawah, ada speaker, port untuk headset serta USB Type-C 2.0.

Layar 

oppo a16

Smartphone entry level Oppo ini memiliki layar Eye-care Display 6,52 inci dengan resolusi 720 x 1600 piksel. Untuk mendukung performa, Oppo A16 didukung fitur AI Smart Backlighting, Sunlight Screen, dan Moonlight Screen.

Rasio layar tergolong besar yakni 20:9 dan rasio layar ke bodi 88,7%. Berdasarkan review dari kami, rasio layar dan rasio layar ke bodi yang besar, memberikan pengalaman maksimal ketika mengakses media sosial ataupun streaming video.

Refresh rate pada layar ini juga cukup tinggi yakni 60 Hz, sehingga tampilan grafis untuk bermain game battle royale, balap mobil dan fighter cukup baik. Hal ini dibuktikan ketika kami bermain game PUBG Mobile, Shadow Fight 3 dan Asphlat   dimana tidak terjadi lag ketika bermain.

Spesifikasi dan Performa

Oppo A16 didukung oleh prosesor, RAM dan baterai yang mumpuni. Untuk mendukung performanya, A16 ditenagai oleh  prosesor MediaTek Helio G35 dengan RAM 3 GB LPDDR4X, memori penyimpanan 32 GB UFS 2.1 dengan microSD hingga 256 GB.

Oppo A16 sudah didukung oleh ColorOS 11 dengan berbagai fitur didalamnya seperti System Booster,  AI Startup Optimizer, Pengujian Canary, Dynamic Memory Manager,  System Resident Process Optimizer, Nstack dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana hasil performa Oppo A16? untuk menguji performa, kami menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, PC Mark dan 3D Mark.

AnTuTu Benchmark

Berdasarkan hasil AnTuTu Benchmark, Oppo A16 mendapatkan 108.980 poin. Dengan skor diatas 100 ribu poin tersebut, membuat ponsel ini mendukung aktivitas sehari-hari pengguna.

Hasil AnTuTu ini juga sesuai dengan pengujian yang kami lakukan. Selama pengujian kami tidak mengalami gangguan atau lag saat menggunakan AnTuTu untuk membuka media sosial Instagram, YouTube dan bermain game.

Review Oppo A16
Hasil AnTuTu Bechmark

PC Mark

Lalu berdasarkan hasil uji performa menggunakan aplikasi PC Mark, skor Work 3.0 Performance dari A16 mencapai 5296 poin. Dengan poin dia atas 5000, bisa diartikan bahwa performa HP ini dapat mendukung kegiatan Anda sehari-hari.

Hasil PC Mark Oppo A16
Hasil PC Mark

3D Mark 

Hasil yang cukup baik berhasil diraih HP ini saat melakukan pengujian dengan 3D Mark. Untuk hasil Sling Shot, diperoleh angka 837 poin, sedangkan hasil Sling Shot Extreme – OpenGL ES 3.1, poin yang diperoleh sekitar 472.

Hasil ini sesuai saat kami menggunakan A16 untuk aktivitas sehari-hari. Tampak tidak ada gangguan saat HP ini diajak untuk multitasking seperti bermain game, streaming video YouTube ataupun mengakses aplikasi pesan singkat seperti WhatsApp.

Hasil 3D Mark Oppo A16
Hasil 3D Mark

Dari hasil ketiga aplikasi tersebut, ternyata performa HP Oppo A16 dapat mendukung aktivitas Anda sehari-hari. HP ini tidak mengalami lag atau gangguan lainnya ketika digunakan untuk bermain game, membuat video, streaming dan lain sebagainya.

Baterai 

Mengenai baterai, Oppo A16 didukung oleh baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan Fast Charging 10W. Cukup besar untuk smartphone yang berstatus entry level ini. Apalagi HP ini juga didukung oleh fitur-fitur menarik.

HP ini didukung oleh fitur Super Nighttime Standby, Super Power Saving Mode, Smart Temperature Control dan lain sebagainya. Dengan spesifikasi baterai seperti itu, Oppo A16 memiliki durasi pengisian yang cepat, namun bisa dipakai hingga puluhan jam.

Baca juga: 10 HP Baterai Besar 5000mAh Murah 2021, Harga 1 Jutaan

Berdasarkan uji coba yang kami lakukan, untuk mengisi baterai smartphone dari 16% sampai 100% waktu yang dibutuhkan hanya 2,5 jam saja. Akan tetapi, HP ini bisa dipakai hampir seharian.

Merujuk pada  hasil pengujian menggunakan PC Mark, maka screen on time HP ini sekitar 19 jam 33 menit. Merujuk pada hasil tersebut Anda harus melakukan  1 kali pengisian saat menggunakan HP ini secara aktif seharian.

Review Oppo A16
Hasil uji baterai

Test Gaming 

Ketika menguji performa HP, kami juga melakukan test gaming di Oppo A16. Kami menggunakan game PUBG Mobile, Shadow Fight 3 dan Asphalt 8. Ketiga game tersebut merupakan game favorit untuk genre Battle Royale, game fighting dan game balap.

Hasilnya memuaskan. Kami tidak mengalami lag atau gangguan ketika bermain ketiga game tersebut. Bahkan ketika kami meningkatkan kualitas visual menjadi High game masih berjalan dengan maksimal tanpa gangguan.

Berdasarkan hasil pengujian ini Oppo A16 bisa dikatakan cocok untuk Anda yang suka bermain game berbagai genre.

Kamera 

Hasil Review Oppo A16
Hasil Kamera

Oppo selalu menyematkan kamera-kamera canggih di smartphonenya. Tidak terkecuali dengan Oppo A16. Di bagian belakang A16 memiliki 13MP Main Camera, 2MP Depth Camera dan 2MP Macro Camera.

Sedangkan di bagian depan, Oppo A16 memiliki 8MP Main Camera saja. Supaya konten foto dan video menjadi lebih bagus, A16 didukung oleh fitur AI Beautification dan filter untuk membuat hasil foto semakin menarik.

Lalu Mode Potret untuk memberikan efek bokeh pada foto dan Mode Malam untuk pemotretan di malam hari. Berikutnya ada Mode Panorama yang mampu mengambil foto dengan angle luas, dan Mode Makro untuk objek makro.

Baca juga: Oppo N Series Bakal Comeback, Masuk Segmen Ponsel Premium

Kami pun mencoba kamera Oppo A16 beserta fitur-fitur di dalamnya. Hasilnya memuaskan. Mode Potret mampu memberikan efek bokeh sehingga objek foto semakin fokus dan menarik. Hal memuaskan juga diperoleh untuk hasil kamera Mode Malam.

Sedangkan bagi yang suka membuat objek foto yang luas, Mode Panorama Oppo A16 mampu mengambil objek foto dengan jangkauan yang luas. Berikut ini hasil fotonya.

Review Oppo A16
Foto dengan kamera depan 8MP

Review Oppo A16
Hasil Mode Potret kamera depan 8MP

Review Oppo A16
Hasil foto kamera utama 13MP

Review Oppo A16
Hasil Mode Potret

Hasil Foto Oppo A16
Hasil Mode Potret

Review Oppo A16
Hasil Mode Malam

Review Oppo A16
Foto Mode Panorama

Kesimpulan

Review Oppo A16
Kesimpulan

Terakhir mengenai harga. Oppo A16 dibandrol dengan harga Rp 1,9 jutaan. Harga yang cukup terjangkau untuk ponsel dengan baterai jumbo, desain yang menarik dan prosesor yang mumpuni.

Walaupun baterainya jumbo, HP 1 jutaan ini memiliki kapasitas RAM dan memori internal yang terbilang nanggung. Semoga saja Oppo seri A selanjutnya memiliki RAM dan memori yang lebih besar dari seri A16.

Kelebihan 

+ Desain menarik

+ Baterai besar

+ Hasil kamera memuaskan

+ Spek mumpuni

Kekurangan 

– Kapasitas RAM dan memori kurang

– Tidak ada pelindung layar

TELSET RATING: 8/10

SPESIFIKASI OPPO A16
Rilis Juli 2021
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11, ColorOS 11.1
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 3 GB
Memori 32 GB
Dimensi 8.4mm & 190 gram
Layar 6.52 inci TFT-LCDscreen, HD+ 1600 x 720 resolution, 60Hz Refresh Rate
Kamera Utama 13MP F/2.2 (main camera) + 2MP F/2.4 (portrait) + 2MP F/2.4 (macro)
Kamera Depan 8 MP
Beterai 5000mAh Battery & 5V2A Charging
Warna Crystal Black & Space Silver
Harga Rp 1.999.000

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0