telset

Oppo A16, Ponsel Sejutaan dengan Desain Stylish dan Baterai Jumbo

Telset.id, Jakarta – Oppo menghadirkan suksesor seri A15 di Indonesia bernama Oppo A16. Menjadi ponsel entry-level, Oppo A16 dirancang dengan desain yang stylish dan spesifikasi andal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari penggunanya.

Menurut PR Manager Oppo Indonesia, perangkat ini dibuat sebagai ponsel yang cocok untuk anak-anak muda karena menawarkan bodi yang ramping dan kinerja cukup mumpuni untuk penggunaan sehari-hari.

HP terbaru harga sejutaan ini menawarkan layar berukuran besar, baterai berkapasitas jumbo, serta tiga kamera belakang dengan kualitas yang baik.

“Oppo A16 mengombinasikan gaya dan fungsional perangkat. Desain yang trendi membuat perangkat ini dapat dipadu padankan dengan selera berpakaian anak muda sebagai targetnya,” katanya, dalam keterangan resmi yang diterima Telset pada Jumat (9/7/2021).

{Baca juga: Intip Foto-foto Terbaik di Ajang Oppo 2121 Future Photography Project}

Bodi Ramping, Desain Eye-catching

Oppo A16 Indonesia
Oppo A16 warna Crystal Black

Ponsel terbaru Oppo ini punya bodi yang ringkas dengan bobot yang tergolong ringan. Tebal bodinya hanya 8,4 mm dengan berat sekitar 190 gram saja.

Aryo mengatakan, Oppo A16 akan sangat nyaman untuk dibawa sepanjang hari. Belum lagi desainnya yang eye-catching dan bisa dipadu padankan dengan selera berpakaian anak muda sebagai target market perangkat ini.

Smartphone harga Rp 1 jutaan itu hadir dalam dua warna, Crystal Black dan Space Silver. Warna hitam memancarkan kilau kristal transparan dengan rona biru dalam tekstur hitam pekat. Sedangkan Space Silver memberikan warna metalik yang berkilauan dan memberi kesan mewah, dilengkapi material AG frost matte.

“Oppo A16 Space Silver bebas sidik jari dan memberikan tampilan yang selalu bersih,” klaim Aryo.

Dijelaskan Aryo, walau perangkat ini dibanderol dengan harga yang terjangkau, namun Oppo menyematkan perangkat keras yang terbilang cukup canggih di kelasnya.

Oppo A16 memiliki penutup atas berbahan dasar aluminium yang terkenal sebagai konduktor termal tinggi untuk menghilangkan panas pada perangkat. Selain memberikan kenyamanan bagi pengguna, A16 memiliki material bahan berlapis vakum yang diukir dengan laser untuk menimbulkan kesan metalik yang berkilau.

Layar dengan Eye Care Display

Oppo A16 Indonesia
Oppo A16

Oppo A16 mengusung layar berjenis IPS LCD berukuran 6,52 inci dengan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel). Layarnya sudah dilengkapi dengan fitur Eye Care Display yang menjamin mata pengguna tidak mudah lelah setelah menggunakan perangkat dalam waktu lama.

Tak cuma fitur untuk keamanan dan kenyamanan mata pengguna, layar smartphone ini didukung oleh fitur sunlight dan moonlight screens untuk memastikan pengguna dapat menikmati hiburan favorit sepanjang hari.

{Baca juga: Mengenal Fotografi Komputasi, Teknologi Kamera Baru di Oppo Reno6}

Tak cukup, layar Oppo A16 pun mendukung fitur AI Smart Backlighting yang akan mempelajari kebiasaan kecerahan pengguna dan memberikan pengalaman lampu latar cerdas yang otomatis disesuaikan. Dengan itu, pengguna tidak perlu lagi mengatur kecerahan secara manual dan kesehatan mata pengguna akan terjaga dengan baik.

“Dalam lingkungan gelap, layar smartphone ini dapat meredup hingga 2 nits,” jelas Aryo.

Spesifikasi dan Fitur Oppo A16 di Indonesia

Oppo A16 Indonesia
Spesifikasi Oppo A16 di Indonesia

Oppo A16 ditenagai oleh spesifikasi dapur pacu yang lumayan mumpuni. Smartphone ini ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio G35 dengan RAM 3 GB LPDDR4X, memori penyimpanan 32 GB UFS 2.1 yang bisa diperluas dengan microSD hingga 256 GB, dan baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Bukan cuma ditopang oleh baterai jumbo saja yang bisa bertahan hingga seharian dalam sekali isi ulang daya, tapi juga fitur-fitur keamanan untuk menjaga perangkat agar terbebas dari kejadian yang tidak diinginkan.

Berbicara soal daya tahan, berdasarkan pengujian internal Oppo, baterai ini bisa memberikan waktu 34 jam untuk panggilan telepon atau 21,02 jam untuk pemutaran video YouTube tanpa henti.

Sementara untuk fitur keamanan, Oppo memberikan serangkaian perlindungan termasuk perlindungan overcharge dan over-discharge. Perlindungan ini menjaga agar tidak terjadi pengisian daya dengan arus berlebihan.

Untuk pengisian daya di malam hari, Oppo A16 dilengkapi fitur Super Nighttime Standby di mana selama 8 jam waktu tidur (dari 23:00 hingga 07:00) perangkat hanya mengonsumsi daya 1,21%.

Saat kapasitas baterai mencapai 5% atau lebih rendah, smartphone ini menawarkan fitur Super Power Saving Mode yang memungkinkan pengguna dapat menerima panggilan hingga 1,84 jam melalui telepon.

{Baca juga: Hands-on Oppo Reno6 Indonesia, Menarik dengan Reno Glow Terbaru}

Setelah mengaktifkan fitur ini, Oppo A16 akan membuat solusi pengisian daya untuk pengguna berdasarkan pola tidur pengguna, mengisi daya secara cerdas hingga 80%.

Smartphone ini juga dilengkapi fitur Smart Temperature Control, sebuah sensor yang dapat memantau suhu bagian penutup belakang ponsel saat mengisi daya dan secara otomatis mengurangi arus pengisian daya saat suhu terdeteksi terlalu tinggi.

Membahas soal kamera, Oppo A16 memiliki kamera utama 13MP, kamera bokeh 2MP, dan kamera makro 2MP. Sementara kamera depannya, 8MP saja.

Ada ragam fitur berbasis AI untuk membantu pengguna menangkap konten foto ataupun video dengan kualitas yang baik, seperti filter, AI Beautification, dan lain sebagainya.

Fitur lainnya, smartphone teranyar Oppo ini sudah berjalan di sistem operasi ColorOS 11.1 berbasis Android 11. Beragam fitur disematkan di sini, seperti Flexdrop, Three Finger Translate with Google Lens, Game Assistant dan Bullet Notification, hingga metode keamanan berbasis enkripsi untuk menjaga informasi pribadi pengguna.

Selain itu, Oppo A16 yang hadir di Indonesia memiliki sertifikasi IPX4 anti percikan air dan mendapatkan jaminan keamanan setelah melewati enam tes utama, termasuk uji jatuh, ketahan air, radiasi, iklim, dan sinyal.

Harga dan Ketersediaan

Oppo A16 Indonesia
Oppo A16

Oppo A16 sudah hadir di Indonesia dengan harga Rp 1,9 jutaan. Smartphone ini tersedia di Official Store Oppo di situs e-commerce populer Indonesia atau melalui aplikasi Oppo Store. Pengguna pun dapat membelinya di toko resmi Oppo di seluruh Indonesia. (MF)

SPESIFIKASI OPPO A16
Rilis Juli 2021
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11, ColorOS 11.1
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 3 GB
Memori 32 GB
Dimensi 8.4mm & 190 gram
Layar 6.52 inci TFT-LCDscreen, HD+ 1600 x 720 resolution, 60Hz Refresh Rate
Kamera Utama 13MP F/2.2 (main camera) + 2MP F/2.4 (portrait) + 2MP F/2.4 (macro)
Kamera Depan 8 MP
Beterai 5000mAh Battery & 5V2A Charging
Warna Crystal Black & Space Silver
Harga Rp 1.999.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0