telset

Review Asus Chromebook C214: Desain Fleksibel, Punya Standar Militer

Telset.id, Jakarta – Tidak hanya fokus pada laptop untuk gamers dan kreator konten, Asus juga menghadirkan laptop untuk kebutuhan sekolah melalui Chromebook C214. Di artikel ini kami akan membagikan pengalaman selama mencoba laptop ini dalam review Asus Chromebook C214.

Belakangan ini ramai diperbincangkan mengenai laptop Chromebook untuk sekolah. Laptop yang menggunakan ChromeOS ini dianggap cocok untuk para siswa bersekolah karena kinerjanya yang smooth, antarmukanya yang lebih simpel dan harga lebih terjangkau.

Seolah tidak ingin kalah dengan brand lain dalam menghadirkan perangkat Chromebook mumpuni, Asus mendaratkan Chromebook C214 ke Indonesia.

Baca Juga: Laptop Chromebook: Apa Itu, Kelebihan dan Kekurangannya

Tidak sekadar menjalankan Chrome OS, laptop ini juga berjenis convertible yang memungkinkan layar sentuhnya dapat dilipat hingga menyerupai tablet. Tentunya ini membuat penggunanya jadi lebih fleksibel.

Bagi Anda yang tengah mencari laptop Chromebook untuk sekolah online anak tercinta, ada baiknya Anda simak dulu review Asus Chromebook C214 berikut ini. Bisa jadi laptop Chromebook ini cocok dengan keinginan Anda.

Desain

Chromebook
Asus Chromebook C214

Membahas bagian desainnya, Asus Chromebook C214 terlihat kaku dan simpel. Meski demikian, laptop ini ternyata tangguh dan tahan banting.

Asus Chromebook C214 memiliki karet pelindung di sekeliling bodinya. Karet pelindung atau rubber bumper ini berfungsi untuk meredam benturan jika laptop terjatuh.

Penerapan desain ini melihat kebiasaan anak-anak yang sangat aktif, dan berpotensi membuat laptop terbentur di tengah aktivitasnya. Kehadiran karet pelindung ini berguna untuk menjaga komponen penting dalam laptop dari benturan.

Berkat desain bodi yang sangat kokoh, Chromebook C214 diklaim dapat menahan benturan bahkan jika dijatuhkan dari ketinggian 1,2 meter.

Asus
Asus Chromebook C214

Untuk membuat Anda makin yakin dengan ketangguhannya, Asus Chromebook C214 sudah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810G).

Guna memperoleh sertifikasi ini, laptop telah melalui sejumlah pengujian ekstrem. Mulai dari uji operasional pada suhu ekstrem hingga uji vibrasi dan benturan ekstrem.

Selain tahan banting, bagian keyboard laptop ini juga dibekali fitur anti-spill pada keyboard-nya. Fitur tersebut membuat keyboard tetap dapat berfungsi dan tidak rusak meski terkena tumpahan air.

{Baca Juga: Daftar Laptop Chromebook Harga Murah, Gak Sampai Rp 10 Juta!}

Asus Chromebook C214 juga sudah dijamin akan nyaman digenggam karena permukaan bodi laptop ini hadir dengan tekstur anti-selip khusus. Dengan ini laptop akan mudah digenggam bahkan oleh tangan anak-anak yang ukurannya lebih kecil dari tangan orang dewasa.

Dimensinya juga tidak terlalu besar, sehingga tetap nyaman meski laptop dibawa dalam posisi dijinjing.

Terkait jenis port yang tersedia, Asus memberikan port USB Type-C, USB Type-A, HDMI, dan Ethernet. Selain itu, terdapat juga 3.5mm audio jack untuk penggunaan perangkat audio tambahan.

Layar

review Asus Chromebook C214
Asus Chromebook C214

Bagian display-nya, Asus menyematkan layar LED berukuran 11,6 inci. Layarnya yang sudah mendukung sentuhan ini memiliki resolusi HD dan mendukung fitur Anti-Glare.

Bezelnya cukup tebal, namun menurut kami tidak terlalu mempengaruhi pengalaman penggunaannya. Mengingat kebutuhan dari laptop ini yang mungkin kebanyakan akan dihabiskan untuk sekolah online atau mengerjakan tugas menggunakan aplikasi office.

Walaupun pastinya Anda tetap bisa menggunakan laptop Chromebook ini untuk kebutuhan entertainment lainnya, seperti menonton film, mendengarkan lagu, atau bermain game.

Kelebihan lain dari laptop Chromebook ini adalah jenisnya yang convertible. Berkat engsel yang dapat diputar hingga 360 derajat, Anda bisa memilih menggunakan laptop ini dalam mode konvensional, tent atau tablet.

Asus Chromebook C214

Fitur ini membuat Anda bisa lebih fleksibel memilih posisi saat menggunakan laptop ini, seperti untuk mendengarkan penjelasan guru, mengerjakan tugas atau belajar kelompok.

Mengingat akan banyak aktivitas sekolah online yang memerlukan webcam, Asus tidak ketinggalan menyertakan fitur kamera. Tidak tanggung-tanggung, dua kamera disematkan oleh Asus di laptop ini.

Kamera pertama yang berada di atas layar telah dibekali dengan teknologi noise reduction sehingga wajah pengguna yang berada di depan kamera tetap terlihat dengan jelas di berbagai kondisi pencahayaan.

Baca Juga: 10 Chromebook Murah Terbaik 2021, Ringkas & Mudah Digunakan

Kemudian kamera kedua diletakkan sejajar dengan keyboard. Kamera kedua yang disebut sebagai World Facing Camera tersebut berguna ketika ASUS Chromebook C214 digunakan pada mode tent atau tablet.

Kamera kedua tersebut bahkan sudah mendukung teknologi Augmented Reality (AR) untuk pembelajaran interaktif.

Fitur-fitur tersebut menurut kami cukup lengkap untuk mendukung berbagai aktivitas sekolah online. Bahkan, fitur yang sama belum tentu ditemui di produk laptop sejenisnya.

Spesifikasi dan Performa

Asus Chromebook C214
Asus Chromebook C214

Review Asus Chromebook C214 masuk ke bagian performa. Pastinya banyak dari Anda yang penasaran dengan performa dari laptop ini.

Bagi Anda yang sebelumnya sama sekali belum pernah menggunakan Chromebook, pengalaman penggunaan dan tampilan antarmukanya sangat mirip dengan smartphone Android.

Walaupun berbeda dengan Windows, kami jamin Anda tidak akan butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan sistem dari Chromebook.

Mengenai dapur pacunya, laptop ini ditenagai prosesor Intel Celeron N4000. Pengolahan grafisnya mengandalkan GPU Intel HD Graphics 600. Kinerjanya juga didukung dengan RAM berkapasitas 4 GB.

Baca Juga: Review Asus Chromebook Flip C434: Desain Kece, Performa Oke

Soal penyimpanan data, Asus Chromebook C214 sudah dilengkapi dengan penyimpanan berupa eMMC berkapasitas 64GB. Jika dirasa masih kurang, sebuah slot MicroSD terdapat di ASUS Chromebook C214 dan mendukung penyimpanan berkapasitas hingga 2TB.

Alasan Asus tidak menggunakan hard disk di laptop ini adalah karena perangkat penyimpanan tersebut mudah rusak jika terkena benturan. Selain itu, hard disk juga memiliki kecepatan baca yang lambat sehingga akan menghambat performa secara keseluruhan.

Guna mengukur performanya berdasarkan angka, kami tak lupa melakukan pengujian benchmark. Uji benchmark kali ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi GeekBench Android.

Asus Chromebook C214
GeekBench

Hasilnya, Asus Chromebook C214 berhasil meraih skor sebesar 401 untuk single core dan skor 751 untuk multi-core.

Kinerja laptop ini memang kami rasakan cukup smooth untuk menjalankan berbagai tugas ringan. Mulai dari menggunakan aplikasi office, meeting online, hingga editing foto.

Kesimpulan

Asus Chromebook C214
Asus Chromebook C214

Asus Chromebook C214 seakan jadi jawaban dari Asus bagi Anda yang mencari laptop Chromebook untuk keperluan sekolah online.

Tidak hanya punya beragam fitur yang memang sudah disiapkan untuk berbagai kebutuhan sekolah online, laptop ini memiliki durabilitas yang sangat baik berkat sertifikasi militer yang sudah dikantonginya.

Dengan ini Anda tak perlu khawatir berlebih ketika anak Anda tengah menggunakan laptop ini. Insiden seperti laptop jatuh atau terkena air tidak akan membuat laptop rusak dengan mudah.

Apalagi, desain layar convertible-nya juga jadi kelebihan lain yang membuat pengguna bisa lebih fleksibel menggunakan laptop ini.

So, buat Anda yang tengah mencari notebook andal berharga terjangkau, Asus Chromebook C214 ini kami rasa bisa Anda jadikan pilihan. (HR)

Kelebihan

Berikut kelebihan Asus Chromebook C214:

  • Desain Convertible
  • Layar Sentuh
  • Durabilitas Tinggi dengan Sertifikasi Militer
  • Dual Camera
  • Bobot ringan

Kekurangan

Berikut kekurangan Asus Chromebook C214:

  • Desain agak Kaku
  • Kurang Cocok untuk Task Berat

TELSET RATING: 8/10

SPESIFIKASI ASUS CHROMEBOOK C214

Nama Produk Asus Chromebook C214
Layar 11,6 inci HD Touchscreen, Anti-Glare
SoC/Prosesor Intel Celeron N4000
GPU Intel HD Graphics 600
RAM 4 GB
Internal Storage 32 GB eMMC 5.1
Kamera User-facing HD 720p camera, world-facing 5MP AR camera
Baterai 3 -Cell 50 Wh Battery
Charger
Konektivitas Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac), Bluetooth 5.0
Sistem Operasi Chrome OS
Varian Warna Dark Grey
Harga Mulai dari Rp 5.609.000

Video Review Asus Chromebook C214:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0