telset

Laptop Chromebook: Apa Itu, Kelebihan dan Kekurangannya

Telset.id, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengalokasikan dana Rp 2,4 triliun untuk pembelian 240.000 unit laptop Chromebook buatan dalam negeri. Mungkin banyak dari Anda bertanya, memangnya seperti apa laptop Chromebook itu, sehingga pemerintah lebih memilihnya ketimbang OS Windows 10 terbaru?

Asal tahu saja, pengadaan laptop yang dilakukan Kemendikbudristek menjadi perbincangan di dunia maya. Warganet menilai kalau spesifikasi laptop yang akan diberikan ke sekolah terlalu rendah apabila melihat harga per unit dari perangkat tersebut.

Apabila dihitung secara kasar, harga per unit dari laptop Chromebook tersebut mencapai Rp 10 juta. Hal ini dinilai tak sebanding dengan spesifikasi yang ditawarkannya.

{Baca juga: Ini Spesifikasi Laptop yang Dibagikan Kemendikbud untuk Sekolah}

Nah, dirangkum tim redaksi Telset dari berbagai sumber, berikut ini kami jelaskan apa itu laptop Chromebook, termasuk spesifikasi minimum, kelebihan, dan kekurangan dari perangkat berbasis Google ini.

Apa Itu Laptop Chromebook?

Apa itu laptop Chromebook Kelebihan Kekurangan

Chromebook pertama kali diperkenalkan pada 2011 lalu. Google merancang sistem operasi ini agar bisa berjalan maksimal dengan segala layanan mereka, seperti Gmail, Google Drive, Google Meet, dan sebagainya.

Secara tampilan, laptop ini memiliki rupa perangkat keras yang terlihat seperti laptop berbasis Windows ataupun macOS besutan Apple.

Hanya saja, pengalaman penggunaannya sangatlah berbeda. Chromebook merupakan laptop yang berjalan di sistem operasi berbasis Google Chrome atau biasa disebut Chrome OS.

Chrome OS sendiri mirip dengan sistem operasi Android di smartphone. Sistem operasi ini juga memiliki Google Play Store di dalamnya, sehingga memudahkan pengguna memasang berbagai macam aplikasi yang kompatibel di laptop mereka.

Selain itu, Chromebook juga mengandalkan ekosistem cloud dari Google. Pengguna dengan bebas dapat memanfaatkan layanan-layanan terbaik dari Google secara gratis.

Pengguna bisa bekerja dengan memanfaatkan Google Docs, Slides, Sheets, dan sebagainya sebagai pengganti Microsoft Office. Mereka juga dapat memanfaatkan Google Photos, Drive, dan lainnya.

{Baca juga: 10 Laptop Core i5 Terbaik 2021, Rekomendasi Harga Termurah}

Akan tetapi, laptop Chromebook pada umumnya mengusung spesifikasi yang lebih rendah. Laptop ini tidak disarankan bagi pengguna yang membutuhkan pemrosesan dan kinerja grafis terbaik untuk gaming maupun editing video.

Laptop Chromebook ditujukan untuk penggunaan normal, seperti bekerja, belajar, dan hiburan. Oleh karenanya, spesifikasi minimum laptop yang menjalankan Chrome OS pun terbilang sangat rendah.

Spesifikasi Minimum Chromebook

Apa itu laptop Chromebook Kelebihan Kekurangan

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan laptop Chromebook, kita kupas dulu spesifikasinya.

Chromebook sebenarnya bukanlah tipe laptop yang mahal. Harganya bahkan di bawah laptop berbasis Windows 10 atau macOS yang ada di pasaran.

Dikutip Telset dari Laptopmag, Minggu (1/8/2021), laptop Chromebook pada umumnya mengusung spesifikasi lebih rendah daripada “laptop mainstream”.

Chrome OS yang menjadi sistem operasi utama Chromebook hanya membutuhkan persyaratan spesifikasi minimum untuk berjalan dengan normal atau lancar. Berikut spesifikasi minimum dari laptop ini:

  • Prosesor Intel Celeron Series atau MediaTek
  • RAM 2 GB atau 4 GB
  • Memori penyimpanan 64 GB
  • Layar HD (1.366 x 768 piksel)

Dengan RAM minimal 2 GB hingga 4 GB, pengalaman penggunaan sudah terbilang maksimal. Multi-tasking tetap lancar tanpa harus mengalami gangguan atau lag yang berarti.

Masih banyak juga laptop Chromebook dengan prosesor entry dari Intel Celeron Series ataupun MediaTek. Tapi tak jarang, ada pula perangkat dengan prosesor Intel Core i Series 10th Gen hingga 11th Gen yang menawarkan power lebih baik.

Meski demikian, dengan prosesor Intel Celeron Series saja, laptop Chromebook masih cukup mumpuni untuk menunjang berbagai aktivitas para penggunanya. Membuka selusin tab di browser tak membuat laptop kewalahan.

Karena Chrome OS sangat ringan, laptop Chromebook sering kali tidak membutuhkan banyak memori penyimpanan. Sebagian besar laptop yang beredar biasanya memiliki memori penyimpanan hingga 32 GB.

{Baca juga: Rekomendasi 15 Laptop Mahasiswa 2021, Harga Mulai Rp 2 Jutaan}

Menariknya, pengguna dapat memanfaatkan slot microSD (yang tersedia di beberapa seri laptop) untuk memperluas penyimpanan internal sampai 64 GB.

Belum lagi, Google kerap memberikan ruang penyimpanan gratis di Google Drive hingga 100 GB untuk setiap pembelian Chromebook sampai dua tahun. Setelah itu, pengguna akan memiliki ruang kosong sebesar 15 GB saja.

Layar HD pada laptop memang terbilang rendah. Detail dan kualitas warna yang ditampilkan pada layar akan terlihat biasa saja. Akan tetapi, masih ada laptop Chromebook yang menawarkan tampilan layar beresolusi Full HD.

Kelebihan Laptop Chromebook

Review Asus Chromebook C434

Karena dibekali spesifikasi yang rendah, salah satu keunggulan Chromebook tentu saja lebih murah dibandingkan laptop mainstream dengan OS Windows ataupun macOS.

Dilansir Telset dari CNET, Minggu (1/8/2021), laptop Chromebook dapat ditemukan dengan harga mulai dari Rp 2 jutaan. Spesifikasinya sudah terbilang bagus, build quality yang baik, serta fitur-fitur yang beragam.

Pengguna bisa mendapatkan Chromebook premium dengan harga di atas Rp 5 jutaan dengan spesifikasi lebih tinggi, desain terbaik, bodi yang tipis, dan kinerja yang lebih cepat.

Sementara untuk laptop Windows, biasanya pengguna perlu menghabiskan sekitar Rp 4  juta – 5 jutaan untuk mendapatkan laptop terbaru. Itupun, spesifikasinya cenderung biasa saja untuk penggunaan yang normal.

Kelebihan laptop Chromebook lainnya adalah bisa menjalankan aplikasi Android. Disematkan layanan Google Play Store di dalamnya, pengguna laptop Chrome OS dapat memasang beragam aplikasi yang tersedia juga di Android.

{Baca juga: 11 Laptop Gaming Murah Terbaik 2021, Harga di Bawah Rp 15 Jutaan}

Akan tetapi, tidak semua aplikasi Android di Chrome OS telah dioptimalkan untuk berjalan di layar yang lebih besar. Mungkin saja, ada beberapa masalah tentang skala layar ketika menjalankan aplikasi Android di laptop.

Laptop berbasis Chrome OS juga biasanya memiliki daya tahan baterai yang lebih lama. Rata-rata masa pakai baterai bisa mencapai 7 sampai 11 jam untuk penggunaan normal.

Kekurangan Laptop Chrome OS

Apa itu laptop Chromebook Kelebihan Kekurangan
Samsung Chromebook 4

Laptop Chromebook bisa dibilang tergantung dengan koneksi internet. Laptop ini dirancang untuk selalu terhubung ke internet untuk penggunaan yang lebih maksimal.

Tentu saja, ini cukup merepotkan bagi pengguna Chromebook yang berada di area jaringan internet yang buruk. Apabila pengguna tidak terhubung ke internet atau jaringannya lambat, berarti banyak aplikasi yang tidak akan berfungsi, termasuk layanan Google yang butuh akses ke internet.

Belum lagi, kalau pengguna menyimpan data-data pentingnya di Google Drive. Otomatis, untuk mengakses data tersebut, mereka harus terus terkoneksi internet.

Untuk Siapa?

Apa itu laptop Chromebook Kelebihan Kekurangan

Pertanyaan lainnya selain apa itu Chromebook adalah, sebenarnya untuk siapa laptop jenis ini? Well, laptop Chrome OS ditujukan bagi orang-orang yang memang sering menghabiskan waktunya di browser Chrome dan selalu terhubung ke jaringan internet.

Chromebook juga terbilang sangat baik untuk siswa-siswi sekolah, karena mudah digunakan dan cukup aman. Ada berbagai layanan gratis yang bisa dimanfaatkan anak-anak sekolah, seperti Google Docs, Drive, Classroom, Google Meet, dan lain sebagainya.

Anak-anak pun masih bisa bermain game-game ringan dan sesuai usianya yang telah disediakan Google di Chrome OS.

Itu dia penjelasan tentang apa itu laptop Chromebook, spesifikasi minimum, serta kelebihan dan kekurangan Chromebook. Semoga bermanfaat untuk Anda ya, sob! (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0