10 Chromebook Murah Terbaik 2021, Ringkas & Mudah Digunakan

Telset.id, Jakarta – Chromebook adalah laptop yang berjalan di sistem operasi Google Chrome alih-alih Windows buatan Microsoft. Meskipun terlihat seperti laptop lama, Chrome OS berbasis browser web minimalis menghadirkan pengalaman berbeda. Di artikel ini kami akan memberikan rekomendasi laptop Chromebook murah dan terbaik untuk Anda.

Chromebook umumnya berharga lebih terjangkau daripada Windows, MacBook, dan iPad. Meski demikian, karena Chrome OS telah berevolusi untuk menyertakan penggunaan aplikasi Android dari Play Store, ada juga model premium dengan prosesor yang lebih cepat.

Namun, tentu saja harganya lebih mahal, tetapi berukuran lebih ramping, lebih ringan, dan biasanya memiliki masa pakai baterai lebih baik. Berikut ini tim Telset memberi rekomendasi 10 laptop Chromebook terbaik yang masih layak beli di tahun 2021 ini. Yuk simak!

Kelebihan Laptop Chromebook

kelebihan Chromebook
Chromebook

Chromebook memiliki sejumlah kelebihan yang cukup menarik untuk dilirik. Sebelum menyimak daftar rekomendasi yang kami berikan, sebaiknya simak dulu beberapa kelebihan dari laptop ChromeBook.

1. Sistem Operasi Khusus 

Chromebook menggunakan sistem operasi buatan Google untuk perangkat laptop. Maka dari itu, laptop ini menggunakan sistem operasi khusus bernama ChromeOS.

Berkat penggunaan ChromeOS, laptop ini dapat bekerja secara optimal dengan semua aplikasi Google. Pengguna juga bisa mengunduh dan menggunakan semua aplikasi yang tersedia di Google Play Store.

2. Desain yang Ringkas

Perangkat Chromebook memang didesain bagi pengguna yang membutuhkan laptop untuk mendukung mobilitas tinggi. Pasalnya, perangkat Chromebook biasanya dirancang dengan desain bodi yang ringkas dan ringan.

Tentunya ini bakal memudahkan Chromebook dibawa ke mana-mana tanpa perlu merepotkan penggunanya.

3. Aman dari Virus

Sama halnya seperti perangkat berbasis Ubuntu, salah satu keunggulan yang membuat Chromebook menarik adalah kemampuannya melindungi perangkat dari virus.

Salah satu penyebab virus atau malware masuk ke perangkat adalah download aplikasi dari sumber yang tidak jelas. Ini menyebabkan perangkat sangat rentan disusupi virus atau malware.

Nah, download aplikasi di Chromebook bisa dilakukan hanya melalui Google Play Store. Tentunya ini menjamin keamanan dari perangkat Chromebook tersebut.

Rekomendasi Laptop Chromebook Terbaik

Buat Anda yang tertarik dengan perangkat satu ini, berikut kami telah merangkum daftar 10 laptop Chromebook berharga murah. Yuk simak rekomendasinya berikut ini.

1. Lenovo Chromebook Duet

Lenovo Chromebook Duet

Lenovo Chromebook Duet sebenarnya adalah tablet 10 inci dengan keyboard dan touchpad yang dapat dilepas. Ukurannya yang kecil mungkin sedikit membatasi sebagai perangkat utama meski Anda dapat menyambungkan ke layar eksternal melalui port USB-C.

{Baca juga: Rekomendasi 5 Laptop Gaming Harga Murah Terbaik 2021}

Lenovo Chromebook Duet adalah pilihan bagus jika Anda mencari Chromebook terbaik dengan harga di bawah Rp 4 juta dan mendukung mobilitas serta sebagai perangkat sekunder.

2. Acer Chromebook 715

Acer Chromebook 715

Nama lainnya yang masuk dalam rekomendasi laptop terbaik adalah Acer Chromebook 715. Laptop ini hadir dengan model premium yang menargetkan pasar bisnis berkembang untuk perangkat Chrome OS.

Acer Chromebook 715 memiliki sasis aluminium premium yang dibuat untuk bertahan dari penurunan hingga 122 cm dan gaya ke bawah hingga 60 kg.

Anda juga bisa mendapatkan Acer Chromebook 715 dengan pembaca sidik jari, keyboard berlampu latar, prosesor Intel Core i5, dan memori 16GB dengan harga Rp 8 jutaan.

3. Asus Chromebook Flip C436

Asus Chromebook Flip C436

Asus Chromebook Flip C434 adalah Chromebook hebat yang rilis pada 2020. LAptop chromebook terbaik ini memiliki desain aluminium tipis dengan layar sentuh Full-HD 14 inci.

Di dalamnya terdapat komponen kelas atas untuk kinerja yang jauh lebih baik. Laptop premium Rp 8 jutaan ini juga sudah mengusung layar dengan teknologi touch screen.

4. HP Chromebook x360 14c

HP Chromebook x360 14c

Jika Anda lebih suka memiliki perangkat dengan layar yang lebih lebar daripada yang lebih tinggi, HP Chromebook x360 14c adalah pilihan terbaik. HP Chromebook x360 14c kira-kira 0,75 inci lebih lebar daripada model premium 13,3 inci.

{Baca juga: Huawei Mau Luncurkan Laptop Terbaru Bertenaga Kirin 990 5G}

Desain 2-in-1 memungkinkan Anda menggunakannya sebagai tablet atau mengaitkan dan menyambungkan keyboard dan mouse eksternal dan menggunakannya sebagai komputer all-in-one.

HP Chromebook x360 14c memiliki prosesor Core i3 dan memori 8GB sehingga tetap berjalan mulus meski Anda membuka banyak tab sambil melakukan streaming video.

5. Acer Chromebook Spin 713

Acer Chromebook Spin 713

Acer memang memiliki ragam pilihan laptop Chromebook terbaik. Acer Chromebook Spin 713 misalnya, laptop ini datang dengan VertiView Acer yang cerah, dan layar sentuh berukuran 13,5 inci 2.256 x 1.504 piksel dengan rasio aspek 3: 2.

Acer Chromebook Spin 713 pun bisa memberi Anda sebagai pengguna lebih banyak ruang vertikal untuk bekerja, tetapi masih memiliki lebar 13,3 inci dengan rasio 16: 9.

6. Acer Chromebook 14

Acer Chromebook 14
Acer Chromebook 14

Rekomendari laptop Chromebook murah berikutnya adalah Acer Chromebook 14. Laptop ini ditenagai prosesor Intel Celeron N3160 yang didukung RAM 4 GB dan memori penyimpanan 32 GB.

Sesuai namanya, laptop ini memiliki layar dengan luas 14 inci. Sumber dayanya mengandalkan baterai 3.920 mAh. Tersedia dua port USB 3.0 dan Bluetooth 4.1.

Soal harga, Acer Chromebook 14 merupakan salah satu laptop terbaik harga Rp 4 jutaan, sob!

7. HP Chromebook 13 G11

HP Chromebook 13 G11
HP Chromebook 13 G11

Perangkat Chromebook ini memiliki layar berukuran 13 inci beresolusi QHD+. Dapur pacunya menggunakan Intel Pentium 4405 yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori penyimpanan 32 GB.

{Baca Juga: Laptop Google Chromebook Laku Keras Selama Pandemi}

Buat Anda yang tertarik untuk membeli laptop murah satu ini, HP Chromebook Flip 13 G11 dijual dengan harga sekitar Rp 4 jutaan saja.

8. Lenovo Chromebook S330

Lenovo Chromebook S330
Lenovo Chromebook S330

Daftar laptop Chromebook murah dan terbaik berikutnya adalah Lenovo Chromebook S330. Laptop ini terbilang cukup menarik karena memiliki desain layar yang bisa diputar hingga 180 derajat.

Dengan desain semacam ini, tentu laptop murah satu ini akan sangat memudahkan penggunanya untuk bekerja dengan lebih nyaman.

Lenovo Chromebook S330 dibekali dengan dapur pacu berupa prosesor MediaTek MTK 8173C. Kinerjanya juga didukung RAM 4 GB. Laptop ini dijual dengan harga sekitar Rp 5 jutaan.

9. Asus Chromebook Flip C214MA

Asus Chromebook Flip C214MA
Asus Chromebook Flip C214MA

Selanjutnya, ada Asus Chromebook Flip C214MA. Laptop ini cukup unik karena sudah mengantongi sertifikasi military grade 2-in-1, yang menjadi bukti laptop ini memiliki durabilitas yang tinggi.

{Baca Juga: Review Asus Chromebook Flip C434: Desain Kece, Performa Oke}

Tidak hanya itu saja, laptop 4 jutaan ini juga ditenagai prosesor Intel Celeron Dual Core N400 yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori internal 32 GB. Menarik, sob?

10. Samsung Chromebook Plus

Samsung Chromebook Plus
Samsung Chromebook Plus

Terakhir adalah laptop Chromebook buatan Samsung. Perusahaan teknologi asal Korea Selatan tersebut juga merilis perangkat Chromebook yang dinamakan Samsung Chromebook Plus.

Laptop ini memiliki bentuk yang cukup kompak. Layarnya hanya berukuran 12,3 inci. Sektor dapur pacunya mengandalkan chipset OP1 yang memang dibuat khusus untuk perangkat Chromebook.

Kinerja dari laptop ini juga didukung dengan RAM 4 GB dan juga memori internal 32 GB. Bagi Anda yang meminatinya, laptop ini dijual dengan harga mulai dari Rp 6 jutaan.

Nah, di antara 10 laptop chromebook murah dan terbaik yang telah disebutkan di atas, mana kira-kira yang bakal Anda jadikan teman untuk melakukan kegiatan sehari-hari? (HR)/MF)

SourceCNET

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -