Review Asus Chromebook Flip C434: Desain Kece, Performa Oke

Telset.id, JakartaAsus menjadi salah satu produsen laptop yang memiliki portofolio produk lengkap di Indonesia. Kali ini, tim Telset.id berkesempatan untuk menguji langsung salah satu model laptop terbaru mereka dan kami sajikan dalam artikel review Asus Chromebook Flip C434.

Asus memang menyediakan banyak model laptop untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Seperti VivoBook, ZenBook, ROG dan juga Chromebook.

Pada seri Chromebook ini memang sedikit “istimewa” alias berbeda. Sebab, laptop ini tidak menggunakan sistem operasi Windows sebagaimana biasanya, namun menggunakan Chromebook OS bikinan Google.

Pastinya penasaran dong, seperti apa performa dan fitur dari laptop ini? Yuk biar gak penasaran, langsung simak review Asus Chromebook Flip C434 berikut ini. Enjoy!

Desain Asus Chromebook Flip C434

Review Asus Chromebook C434
Cover Asus Chromebook Flip C434

Kesan pertama itu penting. Kesan pertama kami melihat wujud dari laptop ini adalah: desainnya tampak elegan dan berkelas.

Asus mengdopsi warna silver untuk membalut seluruh bodi laptop. Terukir juga logo Asus dan Chromebook di bagian cover.

Menurut penjelasan Asus, mereka mendesain laptop ini agar terlihat canggih dengan lapisan sanblasted aluminium dan disempurnakan dengan finishing Spange Silver, serta diamond cut di pinggirannya.

Bagian keyboard Asus Chromebook Flip C434

Desainnya juga cukup ringkas, memungkinkan penggunaan layar berukuran 14 inci di dalam sasis dengan ukuran 13 inci.

Meskipun desainnya cukup ringkas, tetapi entah mengapa laptop ini agak terasa berat saat dijinjing. Berdasarkan keterangan dari fact sheet, bobot laptop ini sekitar 1,4 kg.

Berbicara mengenai layar, ini merupakan laptop Asus Chromebook Flip pertama yang menggunakan teknologi NanoEdge. Teknologi ini memungkinkan bezel yang sangat tipis dengan rasio layar ke bodi mencapai 87%.

Layar Asus Chromebook Flip C434

Layar sentuh ini berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD dan sudah didukung teknologi Glare Panel 60Hz dengan 100% sRGB. Menikmati berbagai konten juga jadi lebih nyaman dan cukup memanjakan mata.

Pada bagian atas layar, terdapat sebuah HD camera yang lumayan berguna untuk meeting online atau sekolah online melalui Zoom, atau platform online serupa lainnya.

Dengan embel-embel “Flip” pada namanya, sudah pasti laptop ini memiliki layar yang dapat dibuka hingga 360 derajat. Ini memudahkan Anda untuk mengoperasikan laptop dengan gaya yang menurut Anda paling nyaman.

Review asus chromebook c434
Layar Asus Chromebook Flip C434 yang Bisa Diputar

Mekanisme buka tutup layarnya juga cukup halus. Sehingga makin terasa kesan premium dari laptop Chromebook satu ini.

Untuk urusan port, Asus menyertakan dua port USB Type C, 1 port USB Type A, jack audio 3,5mm dan slot microSD.

Spesifikasi dan Performa

Menjalankan game Asphalt 9 di Benchmark Asus Chromebook C434

Awalnya kami cukup skeptis saat mencoba laptop ini. Pasalnya, sehari-hari kami menggunakan laptop berbasis Windows. Sehingga ada kekhawatiran butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan laptop bertenaga Chromebook OS.

Nyatanya tidak demikian. Menurut kami platform ini cukup user friendly. Kurang lebih mirip dengan menggunakan smartphone Android. Bedanya hanya saja dalam wujud laptop.

{Baca Juga: 5 Laptop Gaming Asus ROG Terbaru Rilis di Indonesia}

Tampilan antarmukanya juga terlihat cukup bagus dan simpel. Pun demikian dengan user experience yang cukup baik dan sangat familiar bagi Anda yang sebelumnya sudah menggunakan smartphone Android.

Anda akan menemukan notification tray di pojok kanan bawah, lalu launcher di pojok kiri bawah. Untuk mengunduh aplikasi, Anda tinggal membuka Google Play Store atau Chrome Web Store.

Berbicara mengenai spesifikasinya, unit yang kami review kali ini ditenagai prosesor Intel Core i5-8200Y. Kinerja prosesor ini juga didukung RAM LPDDR3 berkapasitas 8 GB. Pengolahan grafisnya mengandalkan Intel UHD Graphics 615.

{Baca Juga: Mengenal Asus Intelligent Performance Technology di VivoBook Terbaru}

Jika penyimpanannya dirasa kurang, ada slot microSD yang bisa Anda manfaatkan. Slot microSD ini bisa menampung hingga kapasitas 2 TB.

Kami juga sudah melakukan benchmark dengan menggunakan aplikasi GeekBench. Hasilnya, laptop ini mengantongi skor sebesar 740 untuk single score dan 1.351 untuk multi core score.

Benchmark Asus Chromebook C434
Benchmark Asus Chromebook C434

Selain itu, kami juga menguji kemampuan laptop ini untuk bermain game. Game yang kami coba mainkan adalah Asphalt 9 Legends. Hasilnya, game bisa dimainkan dengan sangat lancar.

Untuk mencoba game lainnya, Anda tinggal mencari game yang Anda suka di Google Play Store.  Dukungan layar sentuh pada laptop ini juga cukup membantu untuk bermain game. Karena rata-rata game yang ada di sini dibuat untuk smartphone Android yang juga menggunakan touchscreen.

Kesimpulan

So far, selama review Asus Chromebook Flip C434 ini kami merasa cukup puas. Desainnya yang premium dengan layar fleksibel, diimbangi dengan performa yang cukup mumpuni. Baik untuk kebutuhan tugas sehari-hari atau entertainment seperti menonton film atau bermain game.

Kemudahan untuk mengunduh aplikasi dan game yang dibutuhkan juga menjadi nilai lebih dari penggunaan laptop Asus Chromebook ini. Anda bisa dengan mudah mencari beragam aplikasi yang dibutuhkan di Google Play Store dan Chrome Web Store.

Bagi Anda yang sebelumnya lebih familiar dengan Windows, kami jamin, Anda tidak akan kesulitan beradaptasi saat menggunakan laptop Chromebook ini.

Akhir kata, kami sangat merekomendasikan laptop ini buat Anda yang tengah mencari laptop Chromebook yang bisa diandalkan. Asus Chromebook Flip C434 sangat layak untuk Anda pinang.

Kelebihan

– Desain premium

– Build quality bagus

– UI simpel

– Mencari aplikasi atau game mudah

Kekurangan

– Bobot agak berat

– Butuh sedikit waktu adaptasi untuk yang baru pertama kali menggunakan Chromebook

TELSET RATING: 8/10

SPESIFIKASI ASUS CHROMEBOOK FLIP C434

Nama Produk Asus Chromebook Flip C434
Layar 14 inci FHD
SoC/Prosesor Intel Core i5-8200Y
GPU Intel UHD Graphics 615
RAM 8GB LPDDR3
Internal Storage 512 GB PCIe SSD
Kamera HD Camera
Baterai 42 Wh Li-prismatic battery (3-cells)
Charger (3 cell 48whr)
Konektifitas
1 x USB 3.1 Gen 1 Type-C™ (USB-C, up to 5Gbps)

1 x USB 3.1 Type-A (up to 5Gbps)

1 x microSD card slot (up to 2TB extension)

Sistem Operasi Chromebook OS
Varian Warna Spangle Silver
Harga Rp 14.949.000

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0