Netizen Kecam Kasus Penembakan Jacob Blake oleh Polisi

Jacob Blake

Telset.id, Jakarta – Kasus penembakan Jacob Blake, seorang warga kulit hitam oleh polisi Amerika Serikat (AS) menjadi viral di Twitter. Netizen dunia mengecam aksi penembakan tersebut dan isu rasisme kembali mencuat akibat penembakan tersebut.

Berdasarkan pantauan Tim Telset.id dari Trends24.in pada Selasa (25/08/2020) Jacob Blake menjadi perbincangan banyak netizen dari seluruh dunia. Total ada 1,3 juta tweet yang membicarakan topik tersebut di Twitter.

Kemudian berdasarkan penelusuran lebih lanjut ternyata banyak netizen yang mengecam kasus penembakan yang menipa Jacob Blake. Misalnya saja akun @ddwagss yang mengecam tindakan polisi yang menembak sebanyak tujuh kali ke tubuh Jacob Blake.

{Baca juga: Suarakan #BlackLiveMatters, Netizen “Demo” Tewasnya George Floyd}

“Saya tidak benar-benar tahu situasi persisnya dengan jacob blake atau apakah dia menolak penangkapan atau tidak, tetapi terlepas dari apakah dia melawan atau tidak, tidak ada alasan untuk menembaknya tujuh kali di belakang,” cuit @ddwagss.

Selanjutnya ada akun @MaxShrekMobile yang juga mengecam tindakan polisi menembak Jacob. Menurutnya Jacob tidak melakukan perlawanan sehingga tidak perlu dilakukan penembakan yang brutal seperti itu.

{Baca juga: Ledakan Dahsyat Terjadi di Lebanon, Netizen Gaungkan #PrayForLebanon}

“Jadi, apa sebenarnya yang diraih Jacob Blake? Bazoka? Pedang kitana? Sebuah granat tangan? .. Polisi ini dengan jari pelatuk perlu rileks. Atau pensiun,” cuitnya.

Kemudian ada juga netizen yang mengecam sekaligus bertanya apakah polisi yang menembak Jacob masih bebas bertugas atau sudah ditangkap. Pasalnya tindakan polisi tersebut berlebihan dengan menembak Jacob demi melumpuhkannya.

{Baca juga: Internet IndiHome Mati, Netizen Mencak-mencak di Twitter}

“Siapakah petugas polisi yang menembak Jacob Blake? Apakah mereka masih bebas?” ucap netizen dengan akun @jjmann17.

Terakhir ada juga akun @GHL72 yang berpendapat walaupun Jacob adalah pria yang memiliki riwayat kejahatan dan dicari polisi, namun tindakan polisi yang menghujaninya dengan tujuh tembakan adalah tindakan yang keliru.

{Baca juga: Viral Prank Daging Kurban Isi Sampah, Netizen: Gak Ada Akhlak!}

“Saya tidak tahu tentang Jacob Blake di luar apa yang telah tertulis bahwa dia adalah seorang pria yang kejam dan dicari oleh polisi. Saya menduga dia bukan satu-satunya orang yang ditembak oleh polisi pada hari itu,” cuitnya.

Kasus Jacob Blake ini bermula dari unggahan video yang diposting oleh netizen dengan akun @nolimitchrizi yang memposting sebuah video pada Senin (24/08/2020) lalu. Pada video berdurasi 19 detik tersebut tampak seorang pria dengan kaos singlet putih berjalan menuju mobil diikuti oleh dua orang polisi.

{Baca juga: Kue Klepon Dianggap Makanan Tidak Islami, Netizen Geram}

Pria berkulit hitam yang kemudian diketahui bernama Jacob Blake tersebut membuka pintu mobil dan seketika polisi melepaskan tujuh tembakan ke tubuh Jacob. Cuit tersebut pun viral dan mengatakan jika peristiwa ini terjadi di Kenosha, Wisconsin Amerika Serikat.

“Ini baru saja terjadi di Kenosha, WI. #BlackLivesMatter,” cuit @nolimitchrizi.

{Baca juga: Hacker Anonymous “Bangkit dari Kubur” Saat Demo George Floyd}

Video dan kasus penembakan Jacob menuai kecaman. Demonstrasi yang berujung kerusuhan terjadi di beberapa tempat di Amerika Serikat dan isu rasisme kembali mencuat di Paman Sam. Kasus kematian Jacob Blake oleh polisi pun pernah terjadi pada pria kulit hitam asal Amerika Serikat, George Floyd. [NM/HBS]

SOURCETrends24.in
Previous articleTri Terapkan Solusi Zero Drive Test untuk Cek Jaringan
Next articleUpdate PUBG Mobile 1.0 Bakal Ada Perombakan Besar, Apa Saja?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here