telset

Kue Klepon Dianggap Makanan Tidak Islami, Netizen Geram

Telset.id, Jakarta – Makanan tradisional kue klepon tiba-tiba viral di Twitter. Penyebabnya, muncul pernyataan dari seseorang yang mengaku bernama Abu Ikhwan Aziz yang menyatakan bahwa klepon tidak islami.

Berdasarkan pantauan Telset.id di Trends24 pada Rabu (22/07/20), tagar #klepon menduduki peringkat keempat topik pembicaraan netizen di Twitter. Tagar ini mengalahkan beberapa tagar lainnya.

Tagar #Klepon

Saat ditelusuri, pernyataan klepon tidak islami pertama kali dibagikan oleh akun @irenecutemom pada Selasa (21/07/2020). Akun itu mengunggah sebuah gambar kue tradisional klepon yang disisipkan pernyataan dari Abu Ikhwan Aziz.

“Kue Klepon tidak islami. Yuk tinggalkan jajanan yang tidak islami dengan membeli jajanan islami, aneka kurma yang tersedia di toko syariah kami. Abu Ikhwan Aziz,” tulis gambar tersebut.

Postingan @Irenecutemom langsung membuat netizen kesal. Tentu saja, kebanyakan dari mereka tidak setuju dengan pernyataan tersebut.

{Baca juga: Pesut Mahakam Kembali Muncul, Netizen Gembira}

“Saya jadi geli sendiri dengan kebodohan yang menghubungkan klepon dgn islam..ini jajanan khas Indonesia paling enak yang bikin heran bule di LN gimn kok bisa ada gula merah didlmnya? Knp kok bisa jadi viral?#klepon,” cuit @Ekamustiani.

Pernyataan serupa juga dikatakan oleh akun @eiw_lifepartner yang menilai seorang muslim tidak otomatis akan berpindah agama jika memakan kue yang terkenal sebagai cemilan manis saat berkumpul dengan teman atau keluarga.

“Yang bilang #klepon tdk islami karna kelapa parutnya melambangkan salju dan ada juga yang bilang itu salah satu cara memurtadkan. Helloooooo… Gak segampang itu jg bikin orang murtad,” kata @eiw_lifepartner. 

Lebih lanjut, akun @vancerchouw juga mengkritik pernyataan Abu Ikhwan Aziz mengenai kue tradisional itu.

{Baca juga: Netizen Ratapi Kepergian Eyang Sapardi Djoko Damono}

“#klepon tidak islami karna kelapa parutnya menyerupai salju ya? lalu bagaimana dengan kelapa parut ada onde-onde atau kue putu? juga berwarna hijau:”),” cuitnya. 

Walaupun banyak yang kesal, tetapi ada juga netizen menanggapinya dengan lucu. Misalnya dengan menyebarkan meme mengenai Klepon yang tampilannya lebih islami ketika dipakaikan dengan sorban.

“#klepon kini tampil dengan lebih islami,” cuit @shouta04308060. 

Ada juga akun @SromlahA yang menggambarkan sepasang anak “berwajah” klepon sedang mengaji untuk menyikapi pernyataan dari Abu Ikhwan Aziz. “Kalau #klepon nya udah kayak gini, udah islami gak,” cuitnya. 

Meme lainnya, hadir dari @AlputriRuroh yang menggambarkan kue sedang mengenakan hijab sehingga tampaknya lebih islami.

{Baca juga: Internet IndiHome Mati, Netizen “Ngomel-ngomel” di Twitter}

“#klepon udh masuk islam kok jngn dibully lagi ya tmn,” ujarnya.

Tanggapan MUI

Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberi tanggapan mengenai klaim bahwa kue klepon tidak islami. Mengutip dari Jatimnow pada Rabu (22/07/2020), Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pasuruan, KH Nurul Huda menyatakan klepon adalah makanan halal.

“Klepon itu makanannya orang-orang zaman dahulu, orang islam zaman dahulu di Pasuruan. Itu makanan halal, kalau halal ya islami. Bahan-bahannya juga halal, sama seperti jemblem,” jelas KH Nurul Huda.

{Baca juga: Pencipta Lagu Anak, Papa T Bob Meninggal, Netizen Berduka}

KH Nurul Huda meminta kepada masyarakat untuk tidak mempersoalkan mengenai makanan tersebut. “Saya rasa hal ini sudah jangan dibahas lagi. Itu makanan kuno yang halal,” tutup Nurul Huda.

Mengenal Kue Klepon 

Klepon adalah kue khas Indonesia dan tersedia di banyak tempat Indonesia khususnya di pulau Jawa. Kue ini dibuat dengan bahan-bahan yang tidak mengandung Babi atau unsur haram lainnya.

Bahan dasar klepon adalah kelapa, gula aren, pandan wangi, dan tepung beras ketan. Semua bahan-bahan dicampur sehingga menghasilkan kue dengan bentuk bulat, berwarna hijau dengan taburan kepala parut berwarna putih.

{Baca juga: Mpok Omas Meninggal, Netizen: Selamat Jalan Mpok!}

Kue ini cocok sebagai cemilan saat berkumpul karena bentuknya yang kecil dan rasanya manis. Salah satu daerah yang terkenal dengan Klepon adalah Pasuruan, Jawa Timur. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0