12 Cara Jitu Tambah Followers Instagram, Cepat dan Gratis!

Telset.id – Instagram sudah menjadi gaya hidup bagi para generasi milenial, seiring berkembangnya media sosial. Jika ingin memiliki banyak pengikut, ada beberapa cara menambah followers Instagram gratis yang bisa dilakukan.

Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan di Indonesia. Menurut laporan yang dirilis HootSuite, bahwa jumlah pengguna Instagram di dunia sudah mencapai lebih dari 1 miliar pengguna.

Sedangkan di Indonesia, platform media sosial berbagi foto dan video pendek ini pada tahun 2020 memiliki pengguna sebanyak 63 juta, atau 79% dari jumlah populasi Indonesia. Jumlah yang sangat luar biasa dari platform yang sering disingkat IG ini.

Berkembangnya Instagram karena kini dijadikan wadah untuk berbagai macam aktifitas, baik untuk keperluan pribadi, maupun untuk bisnis dalam mempromosikan sebuah brand atau produk dari berbagai perusahaan, dan juga public figure terkenal.

Karena semakin banyak yang memiliki akun di Instagram, maka persaingan pun semakin ketat untuk bisa mendapatkan followers. Maka jangan heran jika banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk menambah followers Instagram yang real, bukan akun bot.

{Baca juga: Kilas Balik 4 Tren Foto Terpopuler di Instagram}

Ada trik atau strategi yang harus kalian jalankan jika ingin meningkatkan follower Instagram. Karena dengan hanya membagikan foto, video, atau story saja tidak cukup untuk bisa mendongkrak followers.

Kalian harus membuat akun Instagram kamu semenarik mungkin, agar akun kamu terlihat stand out dan membuat orang untuk mau mengikuti kamu. Cara tambah follower Instagram gratis memang tidak mudah, karena tingkat persaingan yang tinggi. Tapi bukan berarti tidak bisa.

Nah, kali ini tim Telset akan membagikan tips and trik untuk bisa tambah followers Instagram gratis dengan mudah dan cepat. Gak perlu pake cheat atau aplikasi pihak ketiga yang mungkin malah bahaya untuk akun Instagram kamu. Check this out!

{Baca juga: Review Oppo F5: Smartphone Selfie Paket Lengkap}

1. Bikin Bio Instagram yang menarik

Tambah Followers Instagram gratis
Bio Instagram akun artis Luna Maya (Screenshot: Instagram)

Cara menambah followers IG gratis pertama yang harus kamu lakukan tentu saja membuat akun Instagram. Gunakan username yang mudah diingat, dan isi semua kolom data profil yang dibutuhkan, seperti biodata pribadi, website, dan pakailah foto profil yang semenarik mungkin.

Profil yang menarik merupakan langkah awal untuk bisa menambah followers Instagram kamu, karena akan menjadi first impression orang lain kepada akun kalian. Buatlah Bio Instagram kamu sesuai dengan style atau gaya yang kamu inginkan. Jika kamu ingin terlihat lucu, buatlah kata-kata lucu yang menggambarkan kelucuan kamu.

2. Jangan pakai Mode Private

Tambah Followers Instagram gratis
Ilustrasi Mode Private Instagram

Akan menjadi hal yang aneh jika kamu ingin menambah jumlah followers Instagram, tapi akun kamu menggunakan Mode Private. Fitur ini memang bagus untuk menjaga privasi penggunanya, tapi kalau tujuan kamu ingin melakukan cara menambah follower IG dari kami, maka kamu harus membuka akun kalian menjadi publik, alias bisa dilihat semua orang.

Dengan tidak memakai mode private, maka calon followers bisa melihat feed kamu dengan lebih bebas. Mereka bisa leluasa melihat berbagai foto atau video yang kalian bagikan di feed. Selain itu, akunmu akan lebih visible ketika disetel ke publik, dan post yang kamu bagikan bisa dipromosikan ke explore orang lain sehingga dapat menarik followers baru.

3. Posting foto atau video secara rutin

Tambah Followers Instagram gratis
Ilustrasi posting foto Instagram (Foto: Istimewa)

Cara mendapatkan followers Instagram lainnya posting foto atau video secara rutin di akun IG kalian. Saran kami, postinglah saat prime time, yakni pagi pukul 08.00-09.00, siang pukul 12.00, dan malam pukul 19.00-20.00. Biasanya yang paling ramai adalah di malam hari. Pastikan kamu membagikan post di waktu-waktu tersebut.

Kamu harus menjaga keaktifan akun IG kalian, dengan cara minimal post foto atau video di feed kamu satu kali dalam sehari. Dengan cara mendapatkan followers Instagram aktif ini, tingkat engagement juga bisa terjaga.

4. Cari lokasi untuk mendapatkan view yang keren

Cara Menambah Followers Instagram
Foto Istana Presiden di Bogor (Faisal/ Telset.id)

Instagram sering dipakai untuk memosting foto-foto menarik saat orang melakukan traveling. Kamu juga bisa melakukannya sebagai cara menambah followers di IG gratis. Carilah lokasi atau destinasi wisata yang punya view keren. Rata-rata foto atau video yang mendapatkan like yang banyak itu menampilkan tempat-tempat yang Instagramable.

Jika jumlah like semakin banyak, maka semakin besar kesempatan foto atau video kalian masuk ke bagian Feed di Instagram, sehingga jumlah followers pun akan meningkat. Nah jika sudah menentukan lokasi dengan view menarik dan instagramable, pastikan ketika kamu ingin mengambil foto atau video, tak ada orang yang mengganggu view tersebut.

{Baca juga: Instagram Rombak Desain IG Story untuk PC Desktop}

5. Gunakan Hashtag yang kreatif dan relevan

Tambah Followers Instagram gratis
Ilustrasi hashtag Instagram (Foto: Istimewa)

Hashtag menjadi bagian penting yang tidak boleh kalian lupakan saat membuat post. Terutama jika akun kalian masih tergolong kecil. Fungsi dari hashtag adalah agar orang bisa dengan mudah menemukan post yang kamu bagikan.

Cara mendapat followers Instagram ini bisa dibilang cukup efektif, karena biasanya post yang disertai hashtag di kolom caption akan mendapatkan lebih banyak like dan comment dari pengguna Instagram.

Tetapi ingat, kamu harus menggunakan hashtag yang relevan, populer, dan sesuai dengan audiens yang kamu sasar untuk tambah followers Instagram gratis. Itu karena banyak pengguna Instagram sering mencari berbagai hal yang terlintas dalam pikirannya di kolom Search, untuk mencari postingan yang menarik.

Dalam pencarian, ada beberapa kategori yang bisa dilihat termasuk kategori Tags. Misalnya kamu mengunggah foto atau video tentang pemandangan alam, kamu bisa menyertakan hashtag #Nature, #Green, #Panorama, #Mountain, dan lainnya.

Atau jika kalian mengunggah foto yang memperlihatkan kehidupan di jalanan, kamu bisa menyertakan hashtag #Urban, #Traffic, #City, dan hashtag lainnya.

{Baca juga: Cara Hapus Akun Instagram Sementara atau Permanen, Mudah Gak Ribet}

6. Follow Akun Instagram Tokoh Terkenal

Ilustrasi akun Instagram Dian Sastro (Screenshot: Instagram)

Trik mem-follow akun Instagram milik tokoh terkenal atau selebritis, banyak digunakan orang untuk menambah followers Instagram-nya. Kalian pun bisa melakukan cara yang sama. Cari dan follow akun Instagram tokoh terkenal yang memiliki jutaan followers, bisa artis, selebgram, youtuber, atau bisa juga tokoh-tokoh politik.

Kamu bisa follow hingga 15 akun dalam satu waktu. Caranya juga gampang, karena kamu hanya cukup follow akun lain yang direkomendasikan Instagram, setelah kamu membuka satu akun tokoh terkenal. Setelah itu, kamu akan melihat notifikasimu dibanjiri oleh followers Instagram kamu yang baru.

7. Klik Unfollow untuk kurangi Following Instagram

Tambah Followers Instagram gratis
Ilustrasi Unfollow Instagram

Dengan mem-follow akun instagram tokoh terkenal, akan membuat jumlah following semakin besar. Santai saja gak usah panik, karena kamu bisa langsung klik unfollow untuk mengatasinya. Berikan jeda waktu 10 – 15 menit dari saat kamu mem-follow mereka.

Kamu bisa melakukan cara ini dengan rutin, setidaknya tiga kali dalam satu hari. Dengan begitu, jumlah followers kamu akan bertambah tetapi jumlah following tetap. Cara ini efektif untuk menambah folowers Instagram yang real.

8. Bikin Feed Instagram terlihat menarik

Tambah Followers Instagram gratis
Ilustrasi Feed Instagram

Kebanyakan orang, terutama generasi milenial, lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat visual dibanding hanya dijejali teks tulisan. Oleh sebab itu usahakan untuk bisa menyamakan tone post yang kalian unggah, agar akun kamu lebih menarik. Cara menambah followers Instagram ini juga terbilang ampuh.

Pakailah warna yang senada yang kamu sukai dan menggambarkan karakter kamu. Caranya, kalian bisa menggunakan filter yang sama di setiap post. Ada banyak aplikasi edit foto dan video yang bisa membantu kamu.

9. Gunakan Kamera Berkualitas

Tripod kamera smartphone (Foto: Aakash Jhaveri)

Trik menambah followers instagram selanjutnya adalah Anda wajib menggunakan kamera berkualitas handal. Tentu ada dua pilihan yakni kamera DSLR atau mirrorless. terbaik Tapi sayangnya, kedua perangkat tersebut harganya cukup mahal untuk bisa dimiliki.

Tenang, jika kamu masih belum mampu untuk membeli kamera profesional, solusi lainnya adalah dengan menggunakan kamera smartphone. Saat ini banyak sekali vendor yang sudah merilis HP kamera terbaik. Harganya pun tidak mahal, karena sekarang kamu bisa beli HP dual kamera dengan harga 1 jutaan.

{Baca juga: Cara Hapus Akun Instagram Sementara atau Permanen, Mudah Gak Ribet}

10. Cross Promoting di Akun Media sosial lainnya

Ilustrasi Cross Promoting Instagram Facebook

Kamu bisa memanfaatkan akun media sosial lainnya yang kamu punya untuk meningkatkan jumlah followers. Lewat akun Facebook, Twitter, Snapchat, atau media sosial lainnya, kamu bisa menarik teman-teman kalian untuk mem-follow akun Instagram kamu.

Kalian juga bisa memanfaatkan akun media sosial lainnya untuk cross promoting kalau ada produk yang ingin kalian jual, seperti via Facebook yang paling sering digunakan.

11. Memanfaatkan Targeted Ads

Ilustrasi Targeted Ads Instagram

Tips ini lebih pas untuk kalian yang memiliki akun bisnis atau organisasi perusahaan. Kamu bisa mempromosikan produk atau jasa yang dijual melalui targeted ads di Instagram. Tapi untuk melakukannya tidak gratis, karena ini layanan berbayar. Sebelum memasangnya, kamu harus tahu dulu siapa yang menjadi target audiens.

sehingga akan lebih relevan dengan akun kamu. Kamu harus tahu soak usia mereka, pekerjaan, dan juga interest dengan apa saja. Karena kamu akan diminta memberikan spesifikasi audiens saat menyetel targeted ads.

12. Ikuti Tren terbaru yang lagi hits

Foto Instagram Oprah Winfrey ikut Ice Bucket Challenge (Screenshot: Instagram)

Tips yang terakhir adalah sering-seringlah melihat apa yang sedang menjadi tren di media sosial, khususnya Instagram. Misalnya tren yang pernah booming adalah Ice Bucket Challenge dan In My Feelings Challenge. Kamu bisa coba ikuti tren itu biar kekinian, untuk menambah followers Instagram.

Sering post foto atau video yang berkaitan dengan tren, kemudian berikan hashtag yang menarik di caption kamu. Mialnya kamu lagi traveling atau sedang nonton konser musik, kamu bisa berbagi moment tersebut dengan memberikan caption yang menarik.

Well, sudah 12 tips yang kami berikan untuk kalian coba untuk menambah jumlah followers Instagram? Selamat mencoba tips and trick yang sudah kami berikan. (FHP/HBS)

Related Articles

1 COMMENT

  1. […] {Baca Juga: 12 Cara Jitu Tambah Followers Instagram, Cepat dan Gratis!} […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0