5 Alat Canggih Doraemon yang Kini Jadi Kenyataan

Telset.id – Sudah banyak perangkat canggih di film-film fiksi ilmiah yang kini menjadi kenyataan. Begitupun dengan alat canggih Doraemon, kini sudah bisa digunakan di kehidupan nyata.

Apakah Anda pernah menonton film Doraemon? Well, bagi Anda yang suka menonton serial kartun itu, tentu familiar dengan aksi Doraemon.

Sosok kucing pintar itu sering mengeluarkan alat-alat canggihnya untuk membantu permasalahan Nobita sambil menjelaskan fungsi utama alat tersebut.

Alat-alat yang dikeluarkan itu memang terdengar seperti fiksi, tapi tahukah Anda jika beberapa alat canggih Doraemon tersebut benar-benar ada di dunia nyata.

Bahkan ada beberapa alat uang sudah bisa digunakan oleh manusia sekarang ini. Penasaran kan?

Berikut adalah 5 alat canggih Doraemon yang sudah menjadi kenyataan? Check this out!

Mechanic Maker

Di sebuah episode berjudul Mechanic Maker, Doraemon mengeluarkan alat yang mampu membuat sebuah benda hanya berdasarkan gambar saja. Alat tersebut memiliki konsep yang sama dengan sebuah teknologi bernama Printer 3D.

Dengan menggunakan printer 3D, manusia bisa membuat berbagai macam benda seperti komponen mobil, dan itu sudah dilakukan Ford untuk memproduksi suku cadang mobil prototype mereka.

Perangkat sejenis bahkan sudah digunakan untuk membuat jantung buatan yang fungsinya untuk memudahkan para peneliti mengetahui secara lebih dalam cara kerjanya.

Pintu Kemana Saja

Doraemon selalu mengeluarkan alat bernama Pintu Kemana Saja ketika ingin menuju tempat yang dia, Nobita beserta karakter lainnya inginkan.

Alat canggih milik Doraemon ini pun juga sudah ada di kehidupan nyata lho, dan mungkin Anda sudah pernah memakainya. Alat itu adalah Google Street.

Ya, meski perbedaannya adalah jika Pintu Kemana Saja benar-benar membawa Doraemon ke tempat yang diinginkan, sedangkan Google Street hanya membawa kita ke tempat yang diinginkan secara visual saja.

Misalnya saja kita ingin mengunjungi Menara Eiffel di Paris, Perancis, Kita hanya perlu mencari tempat itu di Google Maps, dan kemudian meletakkan ikon Street View (berbentuk orang berwarna orange) di Menara Eiffel.

Otomatis, kita secara visual akan berasa seperti di tempat yang indah tersebut. Menarik kan?

Konyaku Penterjemah

Ketika Doraemon bertemu dengan orang dengan berbahasa yang tidak dia mengerti, dia langsung memakai alat yang dia beri nama Konyaku.

Dengan Konyaku, membuatnya memiliki kemampuan menerjemahkan bahasa asing dengan cepat. Nah alat seperti itu saat ini sudah menjadi kenyataan, yakni Google Translate.

Dengan menggunakan layanan penerjemah milik Google itu, kita bisa menerjemahkan berbagai bahasa asing ke bahasa yang kita mengerti.

Caranya mudah, hanya dengan ketikkan foto secara real-time atau bahkan lewat suara. Tapi ingat, berbeda dengan konyaku yang bisa dimakan, Google Translate sama sekali tidak bisa dimakan.

Satelit Pribadi

5 Alat Canggih Doraemon yang Kini Jadi Kenyataan

Saat Nobita meminta Doraemon untuk megeluarkan alat yang bisa mengetahui keberadaan Shizuka, Giant, Suneo, dan karakter lainnya, Doraemon langsung mengeluarkan satelit pribadi.

Dengan satelit pribadi miliknya, Doraemaon bisa memberitahu penggunanya keberadaan, kegiatan, dan lainnya dari orang lain.

Alat seperti itupun juga saat ini sudah digunakan oleh umat manusia di dunia nyata. Yups, alat tersebut sekarang kita sebut sebagai media sosial.

Tanpa kita sadari, saat menggunakan Instagram, Facebook atau media sosial lainnya, itu artinya kita pun dengan sengaja atau tidak sengaja memberitahu orang lain dimana posisi kita, apa kesukaan kita, apa kegiatan kita, dan lainnya?

Jika dipikir dengan seksama, maka media sosial bisa dibilang sebagai “satelit pribadi” pengguna media sosial lain untuk “mengawasi” kita bukan?

Ensiklopedia Segala Tahu

Saat Nobita sedang bingung bagaimana proses gerhana matahari terjadi. Saat itu, Doraemon langsung memberikan alat bernama “Ensiklopedia Segala Tahu” agar Nobita bisa mengerti bagaimana proses gerhana matahari itu terjadi.

Sekarang, teknologi seperti itu juga sudah digunakan oleh kita bahkan dalam kehidupan sehari-hari yakni Google Search, Bing Search, dan lainnya.

Dengan menggunakan mesin pencari tersebut, kita bisa mencari apapun yang ingin kita ketahui, seperti resep masakan, ilmu pengetahuan termasuk proses gerhana matahari, hiburan, dan berbagai hal lainnya.

Bagaimana menurut Anda? Apakah teknologi dari alat-alat Doraemon lainnya yang dulu kita pikir fiksi atau hanya khayalan saja, akan menjadi kenyataan juga? (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0