Jantung Buatan Hasil Printer 3D Ini Bekerja Mirip Jantung Asli

Telset.id, Jakarta – Teknologi di bidang prostetik atau ilmu yang mempelajar tentang pengukuran, pembuatan serta pemasangan alat pengganti anggota tubuh yang hilang telah semakin berkembang pesat. Terbukti dengan hasil penelitian dari tim ETH Zurich yang telah menciptakan jantung buatan pertama yang diklaim sangat lembut dan memiliki mekanisme kerja seperti jantung aslinya.

Seperti dikutip dari TechCrunch, jantung buatan ini dibuat menggunakan printer 3D dengan bahan yang lembut. Hal itu agar memudahkan para peneliti membuat struktur di dalamnya menjadi lebih kompleks, serta menciptakan jantung buatan yang lembut dan juga fleksibel. Dengan begitu, jantung buatan ini mirip seperti struktur jantung yang asli.

“Sebagai seorang mechanical engineer, saya tidak akan pernah berpikir bahwa saya akan memegang jantung yang lembut di tangan saya,” ucap Anastasios Petrou, salah satu anggota peneliti dari ETH Zurich.

[Baca juga: Pabrikan Mobil Ini Buat Mobil Prototipe Pakai Printer 3D]

Tapi sayangnya, meski memilik mekanisme yang sama, jantung buatan ini hanyalah sebatas konsep saja yang hanya bisa bertahan kurang lebih setengah jam atau beberapa ribu detakan.

Karenanya, mungkin salah satu tantangan yang harus dijawab oleh para peneliti ini adalah bagaimana membuat jantung buatan ini menjadi tahan lama dan bisa bekerja lebih lama lagi.

“Saya sekarang sangat terpesona dengan penelitian ini, sehingga saya sangat ingin terus berupaya mengembangkan jantung buatan,” katanya. (FHP/HBS)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0