Tri Pilih Banjarmasin Resmikan 4G LTE

Tri 4G LTE di BanjarmasinBANJARMASIN – Operator seluler Hutchison 3 Indonesia (Tri) bersama 4 operator seluler lainnya, yaitu Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan Smartfren meresmikan layanan 4G LTE tahap dua di Banjarmasin. Meski ikut meresmikan, namun layanan 4G milik Tri ternyata masih dalam tahap uji coba.

General Manager Customer Experience Management Tri, Raden Tofan Saifudin Akbar mengatakan bahwa dipilihnya kota Banjarmasin karena wilayah ini dinilai paling potensial untuk pengembangan layanan data, karena termasuk dalam 5 besar pemakai layanan data Tri.

“Prospek penggunanya bagus. Saat ini, Pontianak dan Banjarmasin masuk “top 5” dalam hal konsumsi data di jaringan kami,” kata Tofan, tanpa mau menyebut jumlah pengguna mereka.

Dia menambahkan, total pengguna data Tri secara nasional saat ini sekitar 54,8 juta orang. Dan Banjarmasin dipilih sebagai lokasi deklarasi LTE Tri karena merupakan salah satu kota potensial.

Meski telah mendeklarasikan jaringan 4G LTE-nya di Banjarmasin, Tri sejatinya belum mengkomersialkan jaringan seluler generasi kempat tersebut. Rencananya Tri baru akan merilis 4G secara komersial pada akhir tahun 2015 mendatang.

Menurut Tofan, saat ini Tri masih menunggu proses refarming di frekuensi 1.800 MHz selesau secara menyeluruh. Jika sesuai rencana, refarming itu akan selesai pada November 2015 di kota Jakarta.

Setelah itu, barulah Tri akan mengkomersialkan layanan 4G LTE di kota-kota tertentu yang dinilai layak untuk mendapat jaringan internet super cepat itu. Layak di sini maksudnya adalah kota dimana banyak ponsel dengan konektivitas 4G terhubung ke jaringan Tri.

“Dicek dulu banyak yang pakai ponsel 4G apa tidak. Kami punya alat untuk mendeteksi jika ada ponsel 4G terhubung ke jaringan Tri, jadi kami bisa hitung kota mana yang banyak pakai ponsel 4G,” imbuh Tofan.?

Dari segi infrastruktur, Tri mengklaim bahwa semua Base Transceiver Station (BTS) miliknya sudah 4G ready. “Semua sudah siap, tinggal diaktifkan saja,” terang Tofan lagi.

Dia mengungkapkan, nantinya komersialisasi layanan 4G Tri tidak akan dilakukan serentak, melainkan secara bertahap. Namun dia menolak menyebutkan kota mana saja yang pertama kebagian layanan 4G LTE Tri. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI