Rudiantara Bertemu Jack Ma, Ada Apa?

Telset.id, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara bersama Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution dikabarkan bertemu dengan CEO Alibaba, Jack Ma. Pertemuan ini berlangsung setelah kedua menteri tersebut menghadiri acara High Level Economy Dialogue (HLED) yang diadakan di Beijing, China, Rabu (22/8/2017).

Pertemuan ini dilakukan sebagai tindak lanjut pertemuan Presiden RI Joko Widodo dengan Jack Ma di Hangzhou pada September 2016 lalu. Keduanya kembali menanyakan kesediaan Jack Ma sebagai anggota advisory kepada steering committee dari Roadmap E-commerce Indonesia.

Dalam keterangan yang berhasil dihimpun oleh tim Telset.id, Rudiantara mengatakan apa saja hal yang akan dilakukan oleh Jack Ma untuk membantu perekonomian di negara maju.

“Dia (Jack Ma) akan datang bukan sebagai perusahaan Tiongkok, namun akan mengembangkan ekosistem agar UMKM, masyarakat sub-urban, dan pedesaan di dunia sedang berkembang bisa dapat nilai tambah ekonomi dengan manfaatkan perkembangan teknologi,” ujar Rudiantara dalam akun Twitter miliknya.

[Baca juga: Setelah Apple, Google Kembali “Dipalak” Samsung Rp 46 Triliun]

Selain itu, mereka juga membahas mengenai pentingnya infrastruktur TIK yg memberikan akses ke seluruh lapisan masyarakat & penjuru negeri. Pria yang akrab dipanggil Chief RA ini mengatakan bahwa infrastruktur TIK akan bermanfaat jauh lebih besar bagi masyarakat desa dan UMKM daripada masyarakat kota yang sudah miliki infrastruktur.

Di sisi lain, Menko Darmin mengatakan, ketika perkembangan teknologi informasi bergerak begitu cepat, Indonesia tidak boleh berhenti menjadi pemakai saja. Melainkan harus bisa menyiapkan infrastruktur untuk mendorong lahirnya bisnis-bisnis pemula (start-up).

“Di situlah peran pemerintah dalam mendorong lahirnya pelaku-pelaku bisnis kecil menengah. Meski tingkat kegagalannya cukup tinggi, tapi bagi yang berhasil, dia akan dengan cepat bisa mengkapitalisasi usahanya,” terang Darmin seperti dikutip dari laman Kemenko Bidang Perekonomian.

[Baca juga : Presiden Jokowi Sahkan Roadmap e-Commerce]

Oleh karena itu, untuk mendukung e-commerce dan start-up Indonesia, pemerintah sudah mengeluarkan peta jalan e-commerce di Indonesia pada awal Agustus lalu. Peta jalan e-commrece ini langsung ditandatangani oleh Presiden Indonesia Joko Widodo pada 21 Juli 2017. [NC/MS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here