Banting Stir, Pendiri Alibaba Jack Ma Pindah ke Industri Makanan

Telset.id, Jakarta – Jack Ma yang terkenal sebagai pendiri Alibaba membuat perubahan mengejutkan dalam fokus bisnisnya, karena Jack Ma meluncurkan usaha baru di industri makanan kemasan.

Dimulainya perusahaan baru Ma, bermodal USD 1,39 juta atau Rp 21,3 miliar menandai babak baru dalam karirnya. Sangat menarik untuk mengamati transisi ini, terutama mengingat langkahnya mundur dari dewan Alibaba pada tahun 2020.

Sementara Ma tetap menjadi influencer utama di Alibaba sebagai mitra dan upaya terbarunya cukup lompatan dari warisan e-commerce-nya. Dikutip Telset dari Gizmochina pada Rabu (29/11/2023), terjun ke sektor pangan ini bukan hanya poros acak karena ini mencerminkan ketajaman bisnis yang tajam.

Permintaan makanan yang dimasak sebelumnya telah melonjak di China, sebagian besar karena perubahan gaya hidup yang disebabkan oleh pandemi. Dengan memasuki pasar yang berkembang ini Ma menyelaraskan dengan tren konsumen yang sedang berkembang.

BACA JUGA:

Latar belakang usaha ini adalah lingkungan peraturan China yang semakin ketat, khususnya di sektor teknologi.Hal iini mungkin telah mempengaruhi keputusan Ma untuk melakukan diversifikasi.

Waktunya di luar negeri, dengan tugas di Jepang, Eropa, dan Asia Tenggara, tampaknya telah memperluas perspektifnya, terutama di bidang pertanian dan akuakultur.

Misalnya, kunjungannya ke fasilitas penelitian akuakultur Universitas Kindai di Jepang dan investasinya dalam startup akuakultur menunjukkan minatnya yang semakin besar di bidang ini.

Sebelumnya pada tahun 2021, Jack Ma diduga menghilang usai mengkritik pemerintah China. Tokoh teknologi tersebut diketahui tak menampakkan batang hidungnya sama sekali dalam beberapa bulan terakhir.

Kasus itu bermula ketika Jack Ma mengkritik sistem keuangan China dalam sebuah acara di Shanghai. Dirinya menganjurkan reformasi perbankan di acara yang digelar beberapa tahun lalu itu.

BACA JUGA:

Menurutnya, sistem perbankan China harus direformasi karena banyak bank yang sistemnya mirip dengan sistem pegadaian.

Anehnya, usai Jack Ma menyampaikan kritik terhadap pemerintah China, ia tidak lagi muncul ke publik sampai akhirnya di tahun 2022 Jack Ma mulai berbicara ke publik sampai akhirnya memutuskan untuk fokus ke industri makanan kemasan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI