Tips Belanja Online di Bulan Puasa, Aman dari Modus Penipuan

Telset.id – Di bulan puasa, masyarakat kerap kali belanja kebutuhan sahur dan berbuka puasa secara online. Bagi Anda yang membeli berbagai kebutuhan puasa Ramadan di e-commerce, berikut ini kami bagikan tips aman belanja online agar tidak menjadi korban penipuan promo ataupun phishing.

Menjelang bulan Ramadan, biasanya para penipu atau scammer menggunakan pendekatan yang lebih bertarget untuk menjaring korbannya secara online.

Diungkapkan General Manager Kaspersky untuk Asia Tenggara, Yeo Siang Tiong, biasanya pelaku membuat email phishing yang dipersonalisasi sesuai target atau memanfaatkan hari besar tertentu seperti bulan suci Ramadan.

“Mereka sekarang memilih pendekatan yang lebih bertarget, menyelaraskan serangan dengan tren dan hari besar lokal terkini dan membuat email phishing atau situs web palsu yang dipersonalisasi,” ujarnya. 

Baca juga: Cara Belanja Online di Shopee untuk Pemula

Di hari besar, orang-orang biasanya belanja online untuk memenuhi kebutuhan mereka. Momen ini yang dimanfaatkan pelaku serangan siber untuk membuat berbagai modus penipuan.

Siang Tiong pun mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih waspada terhadap berbagai modus penipuan promo belanja online yang tersebar di SMS, telepon, dan internet.

“Kami menghimbau masyarakat Indonesia untuk waspada terutama terhadap pengumuman penjualan dan penawaran menarik yang disampaikan melalui email, pesan teks, postingan media sosial, atau bahkan telepon,” tambahnya. 

Tips Aman Belanja Online di Bulan Ramadan 

Phishing Belanja Online Ramadhan

Kaspersky memberikan beberapa tips agar bisa belanja online dengan aman di bulan puasa. Harapannya supaya tidak ada lagi pengguna internet yang menjadi korban phishing.

1. Jangan Klik Tautan yang Mencurigakan

Anda jangan pernah mengeklik tautan mencurigakan yang dikirimkan kepada melalui teks, SMS, aplikasi messenger seperti WhatsApp dan Telegram, atau platform lainnya. Dikhawatirkan tautan tersebut adalah link phishing yang berbahaya.

2. Kenali Nomor Telepon dan Medsos Resmi Bank 

Kenali saluran komunikasi resmi seperti alamat situs, nomor telepon, SMS, dan media sosial dari bank digital yang Anda gunakan.

Baca juga: Jangan Asal Klik Link Ini di Facebook!

Dengan begitu, apabila ada penipu yang mengaku berasal dari pihak bank, maka Anda bisa tahu apakah itu benar-benar berasal dari bank atau bukan.

3. Aktifkan Notifikasi di HP

Mohon untuk mengaktifkan notifikasi di HP Anda. Menyalakan notifikasi real-time di ponsel dapat membantu Anda bertindak cepat jika ada keluhan penipuan dari otorisasi bank digital Anda.

4. Jangan Terburu-buru Saat Belanja Online

Biasanya di momen Ramadan banyak sekali platform belanja online yang menggelar promo flash sale dengan waktu yang terbatas.

Supaya belanja online lebih aman, Anda jangan terburu-buru untuk membeli. Pastikan alamat situsnya benar dan tidak mencurigakan, kalau tidak maka jangan coba-coba untuk membeli melalui platform tersebut.

5. Jangan Bagikan OTP ke Pihak Lain

Ini yang sering dimanfaatkan oleh pelaku penipuan promo belanja online, yakni meminta kode OTP dengan bahasa yang tidak mencurigakan. Jangan pernah membagikan kode penting ini kepada siapapun.

Kode OTP adalah akses informasi yang sangat rahasia. Tips belanja online di bulan puasa, pastikan Anda jangan membagikan kode OTP ke siapa pun.

6. Gunakan Otentikasi 2 Faktor 

Siapkan otentikasi 2 faktor untuk melindungi akun. Banyak serangan phishing bertujuan untuk membajak akun dengan berusaha mendapatkan login dan kata sandi.

Baca juga: Kerugian Akibat Penipuan Online Tembus Rp 11 Triliun

Untuk mencegahnya Anda masih mengaktifan fitur otentikasi dua faktor, sehingga akun lebih aman.

7. Gunakan Solusi Keamanan yang Handal 

Terakhir adalah menggunakan solusi keamanan yang handal seperti Kaspersky Security Cloud yang dapat mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing.

Menjaga keamanan dari serangan siber seperti adalah tanggung jawab kita sendiri. Oleh karenanya di bulan Ramadan nanti, kewaspadaan dan kecermatan sangat penting dilakukan supaya tidak menjadi korban phishing. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0