11 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di HP Android Tanpa Aplikasi

Telset.id – Pastinya bikin kesal saat Anda tak sengaja menghapus data penting, seperti dokumen, foto, video, sampai musik favorit dari memori ponsel Android. Tapi tenang, kami akan kasih cara untuk mengembalikan file yang terhapus di Android dengan mudah. Ingin tahu?

Biasanya, sangat sulit untuk kembalikan data yang terhapus di Android. Jikapun Anda bisa mengembalikannya, smartphone Android biasanya harus di-root terlebih dahulu.

Selain itu, kerap kali terjadi data yang terhapus tidak akan kembali dengan sempurna alias corrupt atau rusak.

Tapi, tim Telset punya trik untuk mengembalikan data yang pernah terhapus di HP Android tanpa root. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus di Android, No Root!

Setidaknya, ada 11 tips yang akan kami bagikan. Panduan di bawah ini sangatlah mudah, dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mengembalikan file yang terhapus.

Tapi sebagai catatan, beberapa tips yang bakal kami bagikan di bawah ini tetap perlu aplikasi bantuan. Namun, aplikasi hanya dapat mengembalikan data yang terhapus setelah aplikasi sudah ter-install di ponsel Android. Yuk simak!

1. Menggunakan Aplikasi Dumpster

Cara pertama untuk mengembalikan file video dan lainnya yang terhapus di HP Android adalah dengan memanfaatkan aplikasi Dumpster. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan download aplikasi Dumpster di Google Play Store. Aplikasi ini tidak membutuhkan akses rooting terlebih dahulu, dan Anda bisa langsung menggunakannya dengan mudah.
  • Perlu diingat kembali, aplikasi ini hanya dapat mengembalikan data yang terhapus setelah Dumpster sudah terpasang di smartphone Anda.
  • Izinkan aplikasi untuk mendapatkan akses terhadap memori penyimpanan smartphone Anda.
  • Biasanya di halaman utama aplikasi akan muncul data yang pernah terhapus. Anda bisa mengkategorikan data apa yang ingin Anda cari dengan menekan tombol Dumpster di bagian atas, dan pilih kategori sesuai keinginan.
  • Untuk mengembalikan data tersebut, tekan datanya, dan pilih Restore. Otomatis, data akan muncul kembali di folder terakhir dimana data itu tersimpan.

Cara mengembalikan file yang terhapus

  • Apabila belum menemukan data yang terhapus, tekan tombol tiga garis bertumpuk di kiri atas layar, lalu tekan Deep Scan Recovery.

cara mengembalikan file yang terhapus

  • Maka akan muncul data-data yang pernah dihapus oleh Anda, entah itu sengaja atau tidak. Tapi, hanya tiga tipe data saja yang muncul, yakni Images, Videos, dan Audio.

Cara mengembalikan file yang terhapus di Android

  • Untuk mengembalikan datanya, dan tekan tombol Restore to Gallery.

2. Menggunakan Google Photos

Tips selanjutnya adalah cara untuk mengembalikan file video atau foto yang terhapus di HP Android Anda. Google Photos merupakan aplikasi bawaan yang terdapat di smartphone Android.

Aplikasi ini biasanya akan mencadangkan foto-foto atau video secara otomatis jika diizinkan oleh pengguna di pengaturan awal. Proses pencadangan juga selalu dilakukan ketika ponsel terhubung ke jaringan WiFi.

Nah, apabila foto atau video Anda tak sengaja dihilangkan, Anda bisa memanfaatkan fitur Trash pada aplikasi. Fitur ini akan menampilkan semua galeri yang pernah Anda hapus.

Untuk mengembalikannya, tekan saja tombol Restore. Perlu diingat, Trash hanya menyimpan semua file selama 60 hari saja. Kalau lebih, tentu saja akan hilang.

Baca juga: Cara Kembalikan Data yang Terhapus di PC atau Laptop, Dijamin Sukses!

3. Cara Mengembalikan File Terhapus Tanpa Aplikasi

Google Photos telset

Anda pun bisa mengembalikan file foto dan video yang terhapus di HP Android tanpa bantuan aplikasi. Caranya, dengan menggunakan File Manager yang tersedia di ponsel Anda.

HP Android terbaru biasanya memiliki File Manager yang menawarkan fitur Trash di dalamnya. Fitur tersebut punya fungsi yang mirip Recycle Bin di laptop atau PC berbasis Windows.

Cara kerjanya sama, Anda file yang tak sengaja terhapus biasanya tidak akan lenyap permanen, melainkan masuk ke Trash. Anda dapat mengembalikannya dengan menekan tombol Restore.

4. Cara Mengembalikan Foto & Video Terhapus Tanpa Aplikasi

Google Photos telset

Sama halnya dengan Google Photos, aplikasi Gallery atau Photos pada HP Android terbaru biasanya memiliki fitur Trash atau Recently Deleted juga. Cara kerjanya pun serupa.

Ketika Anda tak sengaja melenyapkan foto atau video, biasanya file tersebut tidak akan terhapus secara permanen. Fitur Trash akan “mengamankannya” selama 30 – 60 hari sampai Anda melakukan Restore.

Baca juga: Cara Memindahkan Data HP Android Lama ke HP Baru dan iPhone

5. Menggunakan Google Drive

Masih dengan aplikasi buatan Google, Anda juga bisa mengembalikan file yang terhapus melalui Google Drive. Namun, cara ini hanya berlaku ketika data yang Anda lenyapkan sudah diunggah ke sistem cloud Google satu ini.

Cara kerjanya sama. Anda hanya perlu masuk ke fitur trash dan lakukan Restore atau kembalikan file yang sebelumnya tak sengaja Anda hapus.

6. Cara Mengembalikan File Terhapus dengan Recuva

Cara berikutnya, Anda bisa menggunakan PC atau laptop sebagai alat bantu untuk mengembalikan foto atau video yang terhapus.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu aplikasi Recuva saja. Berikut panduan lengkapnya:

  • Install aplikasi bernama Recuva File Recovery, dapat didownload di sini filehippo.com/download_recuva. Jika sudah memilikinya, silakan jalankan aplikasi tersebut.
  • Hubungkan smartphone Android ke PC atau laptop lewat port USB.

Recuva telset.id

  • Pilih format file yang ingin dikembalikan.
  • Kami sarankan pilih All Files karena selain mampu mencari foto atau video yang terhapus, juga bisa mencari file lainnya yang terhapus dari smartphone Android. Jika sudah, tekan tombol Next.

Recuva telset

  • Selanjutnya pilih opsi In a specific location. Kemudian pilih media penyimpanan ponsel Anda agar Recuva hanya mencari di lokasi tertentu saja. Jika sudah, tekan Ok.

Recuva telset

  • Recuva langsung mencari data yang terhapus tadi. Lama dari proses pencarian tersebut tergantung dari banyaknya data yang tersimpan pada media penyimpanan smartphone. Jika proses selesai, Anda tinggal memilih foto atau video yang ingin dikembalikan.

Baca juga: Biar Beda, Begini Cara Buat Lock Screen Sendiri di Android

7. Restore File Terhapus di Android via DiskDigger 

DiskDigger telset.id

Berikutnya, Anda bisa menggunakan DiskDigger. Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis melalui Google Play Store.

DiskDigger bisa mengembalikan data yang hilang dengan mudah. Cara kerjanya seperti Recuva, aplikasi ini dapat mencari data yang hilang di memori internal atau microSD.

Namun sayangnya, file yang bisa dikembalikan hanyalah data-data yang terhapus setelah Anda memasang aplikasi ini di ponsel. Selain itu, untuk memaksimalkan fitur scan, Anda pun disarankan untuk root ponsel terlebih dahulu.

8. Cara Mengembalikan Data Game di Android

Wah, cara ini wajib Anda tahu. Apalagi, ketika progress game Anda sudah jauh. Saat Anda tak sengaja menghapus game, Anda tetap dapat melanjutkan permainan terakhir yang Anda mainkan.

Sebab, game Android sekarang sudah terhubung dengan media sosial atau akun Google Play Games. Jika Anda menghubungkannya, tentu saja sistem game akan menyimpan semua progress di cloud.

Anda hanya perlu meng-install kembali game tersebut, hubungkan ke akun media sosial atau Google Play Games, dan otomatis file game Anda pun kembali lagi dengan aman.

Baca juga: 6 Fitur Terbaru Android, dari Dark Mode Sampai Cek Password

9. Cara Mengembalikan Email yang Terhapus

Cara mengembalikan file yang terhapus di HP Android

Buat Anda yang sering menggunakan email untuk mengirimkan pekerjaan, pasti bakal panik kalau Anda tak sengaja menghapus email yang sangat penting.

Namun jangan khawatir, apabila Anda menggunakan Gmail, Anda hanya perlu masuk ke aplikasi di ponsel Android Anda. Kemudian, tekan tombol titik tiga bertumpuk di kiri atas layar dan tekan Trash.

Di sana, ada banyak email yang sempat Anda hapus atau tak sengaja Anda lenyapkan. Hanya saja, email tersebut hanya tersimpan selama 30 hari saja.

10. Mengembalikan Kontak Telepon yang Hilang

cara mengembalikan file yang terhapus di hp

Apabila Anda tak sengaja menghapus kontak telepon di ponsel, Anda bisa mengembalikan file tersebut dengan cara yang mudah. Caranya, Anda hanya harus menggunakan situs Google Contact melalui browser PC atau laptop.

Sama seperti layanan Google lainnya, di sini ada juga fitur Trash. Di fitur ini, akan muncul kontak yang sempat Anda hapus dan ingin dikembalikan lagi.

Namun, Anda harus cepat-cepat melakukan restore karena Google Contact hanya menyimpan nomor telepon yang hilang selama 30 hari saja.

11. Menggunakan EaseUS

Cara mengembalikan file yang terhapus di HP Android

Terakhir, Anda dapat mengembalikan file foto, video, dan lainnya yang terhapus di HP Android dengan aplikasi EaseUS MobiSaver for Android. Aplikasi ini dapat Anda dapatkan di Google Play Store secara gratis.

Seperti versi aplikasi untuk Windows 10, EaseUS pun mampu mengembalikan data dengan cepat dan mudah. Anda dapat restore foto, video, musik, kontak, hingga pesan yang tak sengaja dihapus.

Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu memilih kategori file apa saja yang ingin dikembalikan. Kemudian, biarkan sistem memindai memori penyimpanan Anda.

Usai menampilkan data-data, Anda hanya perlu melakukan Restore. Hanya saja, untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap dari EaseUS, Anda harus melakukan root ponsel Android terlebih dahulu.

Demikian cara untuk mengembalikan file foto, video, dan lainnya yang terhapus di HP Android dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang tak sengaja melenyapkan data penting. Selamat mencobanya, sob! (MF)

13 KOMENTAR

  1. if i lost mү keys аnd someokne wanted tto cօme intߋ my house theу’d fail
    cause tһey’Ԁ never figure out i open my house with my саr key

  2. This is really fascinating, You’re an excessively professional blogger.
    I’ve joined your rss feed and look ahead to in quest of more of your excellent post.
    Additionally, I’ve shared your web site in my social networks

  3. Hey Guys, Nice blog dear I am Sharring you very important information to you . Workingmnet is always ready with Do My Assignment service, challenging tasks. Our team offer best and affortable writing services to the students.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI