telset

Riset: Download dengan Koneksi 4G Lebih Ngebut Daripada WiFi

Telset.id, Jakarta – Riset OpenSignal mengungkapkan bahwa kecepatan download sari internet 4G LTE di Indonesia jauh lebih baik daripada jaringan WiFi. Oleh karenanya, koneksi internet 4G pun menjadi favorit orang-orang Indonesia untuk download file yang mereka inginkan.

Dalam keterangan resmi yang diterima Telset pada Kamis (28/10/2021), peneliti OpenSignal bernama Hardik Khatri mengatakan bahwa kecepatan download jaringan 4G lebih baik daripada WiFi.

Didasarkan riset yang dilakukan sejak 1 Juli 2021 sampai 28 September 2021 di 12 wilayah Indonesia, kecepatan download internet 4G 25% lebih tinggi dibandingkan WiFi, baik itu berbentuk MiFi, WiFi publik, atau WiFi private.

“Kecepatan unduhan rata-rata pada jaringan 4G secara nasional yang dirasakan oleh pengguna ponsel pintar mencapai 15,1 Mbps atau 25% lebih cepat daripada kecepatan yang dimiliki oleh mayoritas WiFi,” ungkap Hardik Khatri. 

Baca juga: Tips Terbaik Penguat Sinyal WiFi

Kecepatan download internet 4G LTE WiFi

Lebih lanjut, populernya jaringan 4G LTE untuk keperluan download karena koneksi nirkabel biasanya diakses oleh lebih dari satu perangkat. Berbeda daripada jaringan 4G yang hadir di masing-masing perangkat HP masa kini.

Baca juga: Internet Biznet dan Telkomsel Tercepat di 2021

“Maka dari itu, tidak mengejutkan apabila melihat kecepatan unduh rata-rata dari WiFi saat disambungkan melalui perangkat MiFi akan turun dibandingkan 4G yang mencapai 15,1 Mbps,” tutur Khatri.

Kecepatan Download Internet 4G dan WiFi di Indonesia 

Dalam riset yang sama, OpenSignal pun membeberkan kecepatan download dari internet 4G dan jaringan WiFi di Indonesia. Di masing-masing daerah, terjadi perbedaan kualitas kecepatan antara kedua koneksi ini.

Di Papua Barat misalnya, 4G jauh lebih kencang daripada jaringan nirkabel. Perbedaannya terbilang cukup jauh. Tercatat, kecepatan download jaringan 4G mencapai 14,6 Mbps atau 58% lebih cepat daripada WiFi yang menyentuh 9,2 Mbps saja.

Sama halnya di Kalimantan dan Jawa Timur. OpenSignal menyatakan bahwa kecepatan internet 4G LTE di sana masing-masing mencapai 15,7 Mbps dan 16,3 Mbps.

“Pengguna kami di Papua Barat menunjukkan perbedaan yang paling mencolok. Mereka merasakan 58% peningkatan kecepatan unduh melalui 4G daripada Wifi,” jelas Khatri.

Baca juga: Jangkauan 4G Smartfren Terluas

Serupa dengan 6 wilayah lainnya, seperti Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil, Yogyakarta, Jawa Tengah, Maluku, dan Sumatra. Seluruh wilayah tersebut memiliki jaringan 4G LTE dengan kecepatan download rata-rata lebih kencang di atas 25% daripada koneksi WiFi.

Hanya DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat saja yang kualitas kecepatan internet antara jaringan 4G dan WiFi yang tidak terlalu berbeda.

“Para pengguna yang berada di Jakarta merasakan perbedaan kecil dalam pengalamannya menggunakan 4G dan WiFi,” ungkap Khatri.

Baca juga: Cara Mengetahui Password WiFi

Cepat mana jaringan 4G dan WiFiTerlepas dari perbedaan kecepatan download, baik 4G dan WiFi adalah layanan yang saling melengkapi. Penggunaan Wifi membantu pengguna saat mengakses internet di dalam ruangan atau indoor. Sementara jaringan 4G lebih pas dimanfaatkan di luar ruangan.

“Namun, WiFi dan jaringan seluler adalah dua layanan yang saling melengkapi dan akan terus hidup berdampingan untuk meningkatkan konektivitas,” tutup Khatri. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0