Jangkauan 4G Smartfren Terluas Menurut OpenSignal

Telset.id, Jakarta – OpenSignal memberikan predikat “Global Leaders” kepada Smartfren pada OpenSignal Global Awards 2021. Perusahaan pimpinan Merza Fachys itu menyabet penghargaan untuk kategori pengalaman jangkauan 4G atau 4G availability.

Penghargaan tersebut diperoleh Smartfren berdasarkan laporan hasil riset OpenSignal berjudul “Global Mobile Network Experience Awards 2021” yang membandingkan kualitas seluler pada berbagai operator di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

{Baca juga: Seleksi Jaringan 5G Batal, Telkomsel dan Smartfren Angkat Bicara}

Hasilnya Smartfren berhasil meraih penghargaan “Global Leaders” untuk kategori 4G Availability bersama dengan operator seluler dunia lainnya. Smartfren bersanding dengan berbagai operator seperti SK Telecom, Jio, Rakuten, T-Mobile dan lain sebagainya.

Berdasarkan penilaian OpenSignal, Smartfren berhasil meraih skor 98% atau hampir mendekati angka sempurna yakni 100%. Di kategori 4G Availability sendiri dimenangkan olehLG U+ dari Korea Selatan yang memiliki skor 99,7%.

“Smartfren mendapatkan skor tertinggi 98% dalam pengalaman jangkauan 4G se-Asia Tenggara atau hanya kurang 2% dari skor sempurna,” tulis OpenSignal.

Selain itu Smartfren juga berhasil meraih “Global Rising Stars” untuk kategori pengalaman aplikasi suara atau Voice App Experience dengan skor 4,7%.

“Smartfren juga terpilih sebagai Global Rising Star untuk pengalaman aplikasi suara,” sambung OpenSignal.

Selain Smartfren, Hutchison 3 Indonesia (Tri) juga berhasil meraih penghargaan di OpenSignal Awards 2021. Tri berhasil meraih “Global High Performer” dan Global Rising Stars” untuk tiga kategori pengalaman seluler.

{Baca juga: Switch Tutup Layanan, Pengguna Migrasi ke Smartfren}

Ketiga kategori yang dimaksud adalah pengalaman video atau Video experience, Voice app experience atau pengalaman aplikasi suara dan Download Speed Experience atau pengalaman kecepatan pengunduhan.

Untuk ketiga kategori tersebut Tri berhasil meraih skor 21,4% kemudian 7,2% dan terakhir adalah 45,9%.

Indosat dan XL Raih Global Rising Star

OpenSignal Awards 2021 juga memberikan penghargaan kepada Indosat Ooredoo dan XL Axiata. Indosat Ooredoo berhasil masuk di 4 dari 5 kategori yakni Video Experience, Voice App Experience, Download Speed Experience dan Upload Speed Experience.

“Indosat adalah salah satu dari 14 operator yang terpilih menjadi Global Rising Star untuk 4 dari 5 kategori,” jelas OpenSignal.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Jumat (05/03/2021), keempat kategori tersebut berhasil diraih dengan maksimal oleh Indosat dengan skor 23,6% lalu 6,4%, 52% dan 45%.

Smartrfren OpenSignal
Smartfren mendapatkan penghargaan di OpenSignal Global Awards 2021 kategori jangkauan 4G atau 4G availability.

“Indosat adalah operator dengan peningkatan persentase tertinggi kedua dalam perihal Download Speed Experience dengan skor 52% dibandingkan semua operator Asia Tenggara,” tutur OpenSignal.

“Indosat juga mengalami peningkatan persentase tertinggi ketiga dalam Upload Speed Experience dengan skor 45% di Asia Tenggara,” tambah OpenSignal.

Terakhir masih di kategori Global Rising Stars, XL Axiata terpilih sebagai Global Rising Star untuk dua kategori yakni Voice App Experience dan Download Speed Experience dengan skor 2,3% dan 28,1%.

{Baca juga: Indosat Ooredoo Hadirkan Layanan Periklanan Digital Bernama iAds}

Merujuk pada penghargaan tersebut OpenSignal menganalisa bahwa pelayanan dan jaringan operator seluler di Indonesia terus menunjukan tren positif seiring penghargaan yang diperoleh awal tahun ini.

“Sebagian besar operator di Indonesia telah mengalami kemajuan yang mengesankan dalam beberapa kategori utama pengalaman seluler,” tutup OpenSignal.

Penghargaan ini menunjukan bahwa kualitas operator seluler Indonesia tidak kalah bagus dengan operator di negara lain. Semoga kualitas operator bisa terus dikembangkan agar layanan telekomunikasi digital di Indonesia menjadi lebih baik. [NM/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -