telset

Ookla: Internet Biznet dan Telkomsel Masih Tercepat di Q3 2021

Telset.id, Jakarta – Ookla telah merilis laporan kinerja kecepatan Internet di Q3. Menurut Speedtest Intelligence Ookla, Biznet dan Telkomsel menjadi yang tercepat untuk fixed broadband (internet tetap) dan seluler di Indonesia selama Q3 2021.

Indonesia menduduki peringkat ke-114 dalam Speedtest Global Index Ookla untuk kecepatan internet unduhan tetap rata-rata, berdasarkan data pada bulan Agustus 2021.

Menurut Speedtest Intelligence, kecepatan internet jalur tetap (fixed broadband) di Indonesia telah meningkat selama setahun terakhir, dari kecepatan unduhan median 14,96 Mbps pada bulan Agustus 2020 menjadi 19,00 Mbps pada Agustus 2021.

Baca juga: Daftar Ibu Kota Negara dengan Koneksi 5G Tercepat dan Terlambat

Namun, dalam hal pasar seluler, kinerja jalur tetap di Indonesia masih tertinggal jauh dari negara-negara di sekitarnya.

Biznet Tercepat untuk Fixed Broadband

kecepatan internet biznet

Ookla mencatat, Biznet kembali menjadi penyedia fixed broadband tercepat di Indonesia selama Q3 2021, dengan perolehan Speed ​​Score 42,17. Kecepatan Internet Biznet juga memiliki Skor Konsistensi fixed broadband tertinggi di Indonesia selama Q3 2021, mengalahkan MyRepublic 68,3% menjadi 63,5%.

kecepatan internet biznet

Baca juga: Harga Paket Iconnet, Indihome, First Media & Biznet: Murah Mana?

Ookla juga menghitung rata-rata latency untuk penyedia fixed broadband teratas di Indonesia selama Q3 2021, MyRepublic dan Telkom memiliki latency terendah pada 16 ms.

kecepatan internet biznet

Dalam mengukur konsistensi kinerja masing-masing penyedia fixed broadband, Ookla menemukan bahwa kecepatan internet Biznet memiliki Consistency Score tertinggi di Indonesia selama Q3 2021, dengan 68,3% hasil menunjukkan kecepatan download minimal 25 Mbps dan kecepatan upload minimal 3 Mbps.

Sedangkan Jakarta memiliki kecepatan pengunduhan fixed broadband rata-rata tercepat di antara kota-kota terpadat di Indonesia pada 33,73 Mbps, sementara Makassar mencapai kecepatan pengunduhan seluler rata-rata tercepat pada 25,30 Mbps.

Kecepatan Internet Telkomsel Teratas

kecepatan internet telkomsel

Sementara Telkomsel yang merupakan operator seluler terbesar di Tanah Air memiliki jaringan seluler tercepat di Indonesia selama Q3 2021. Kecepatan Internet Telkomsel mendapatkan Skor Kecepatan 30,49, dan juga berhasil meraih Consistency Score tertinggi sebesar 85,7%.

telkomsel

Baca juga: Daftar Paket Internet Telkomsel Terbaru Oktober 2021

Ookla juga menghitung rata-rata latensi untuk penyedia seluler teratas di Indonesia selama Q3 2021. Hasilnya, kecepatan internet Telkomsel memiliki latensi terendah pada 30 ms.

Sementara itu, dalam mengukur konsistensi kinerja masing-masing operator, Ookla menemukan bahwa Telkomsel memiliki Consistency Score tertinggi di Indonesia selama Q3 2021, dengan 85,7% hasil yang menunjukkan kecepatan unduh minimal 5 Mbps dan kecepatan unggah minimal 1 Mbps.

Lalu kota mana di Indonesia yang memiliki kecepat mobile internet tercepat? Ternyata, Makassar menunjukkan kecepatan pengunduhan seluler rata-rata tercepat di antara kota-kota terpadat di Indonesia selama Q3 2021 pada 25,30 Mbps.

Baca juga: Harga Paket Internet 5G Telkomsel

telkomsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0