OpenSignal: Kecepatan Download & Upload Telkomsel Paling Ngebut

Telset.id, Jakarta – Laporan terbaru dari OpenSignal mengungkap operator Indonesia yang unggul di kategori kecepatan download, upload, pengalaman video, dan juga cakupan 4G. Telkomsel menjadi operator yang unggul di kecepatan download, sementara Tri Indonesia menghadirkan pengalaman terbaik untuk game online.

OpenSignal melakukan analisis selama 90 hari, terhitung sejak 1 Februari 2021. Proses analisa ini dilakukan baik secara nasional dan regional.

Dalam laporan OpenSignal, Telkomsel menjadi operator dengan kecepatan download paling tinggi. Kecepatannya mencapai 13,4 Mbps atau naik 0,8 Mbps daripada sebelumnya.

Di bawah Telkomsel, ada XL Axiata yang punya kecepatan download 12,6 MBps atau naik sekitar 1,3 Mbps daripada laporan sebelumnya.

“Keunggulannya Telkomsel atas XL menurun dari 1,4 Mbps yang terlihat dalam laporan kami sebelumnya menjadi 0,9 Mbps untuk kali ini. Ini karena kecepatan unduhan pengguna XL kami naik 1,3 Mbps menjadi 12,6 Mbps,” tulis OpenSignal.

{Baca juga: Daftar Paket Internet Telkomsel Terbaru Juni 2021, Ada Paket 5G!}

Indosat Ooredoo menempati posisi ketiga dengan 12,1 Mbps, Tri Indonesia dengan 11,1 Mbps, dan Smartfren dengan 6,3 Mbps.

OpenSignal mengatakan, secara keseluruhan kecepatan download rata-rata di Indonesia lebih baik dari laporan sebelumnya.

Kecepatan Download Upload Telkomsel OpenSignal
Data kecepatan download dari OpenSignal

Telkomsel juga jadi jawara untuk urusan kecepatan upload, menurut OpenSignal. Operator plat merah ini memiliki kecepatan upload mencapai 6,8 Mbps, mengalahkan Indosat dan XL yang memiliki kecepatan 5,7 Mbps dan 5,6 Mbps.

Sementara di posisi empat dan lima, ada Tri Indonesia dan Smartfren yang memiliki kecepatan upload sekitar 5,1 Mbps dan 1,2 Mbps.

Kecepatan Download Upload Telkomsel OpenSignal
Data mengenai Pengalaman Kecepatan Pengunggahan

Lagi-lagi, Telkomsel juga meraih kemenangan dalam hal cakupan 4G. OpenSignal memberikan skor 8,5 poin untuk operator pimpinan Hendri Mulya Syam.

Skornya unggul jauh dibandingkan XL dan Indosat yang masing-masing 6,2 poin dan 6,1 poin. Sedangkan Smartfren dan Tri Indonesia menjadi operator yang menduduki peringkat keempat dan kelima dengan poin 5 dan 4,6.

“Nilai 8,5 menunjukkan bahwa pengguna Telkomsel dapat menemukan sinyal 4G di lebih banyak lokasi dibandingkan pengguna kami pada operator lainnya,” jelas OpenSignal.

Kecepatan Download Upload Telkomsel OpenSignal
Laporan Pengalaman Cakupan 4G

Selain menawarkan kecepatan download dan upload yang ngebut, Telkomsel unggul dalam urusan pengalaman video. OpenSignal menilai, Telkomsel menjadi yang terdepan dengan meraih 62,7 poin.

{Baca juga: Paket Internet Indosat Ooredoo, Daftar Harga Lengkap Juni 2021}

Di bawah Telkomsel ada Tri Indonesia dengan 61,7 poin dan Indosat dengan 59,9 poin. Di posisi keempat serta kelima ditempati oleh XL dan Smartfren dengan 57,3 poin dan 40,1 poin.

Kecepatan Download Upload Telkomsel OpenSignal
Pengalaman Video Operator Seluler

3 Indonesia Unggul Dalam Pengalaman Game Seluler

Namun untuk keperluan game online yang bisa mabar, Tri Indonesia jadi jagoannya. OpenSignal menyatakan, operator ini unggul dalam kategori pengalaman game seluler dengan skor 69,4 poin.

Telkomsel di posisi kedua dengan skor 57,6 poin. Lalu ada Indosat dengan 55,6 poin, XL dengan 53,2 poin, dan Smartfren dengan nilai 49,7 poin.

“Di semua operator, pengguna kami mengalami pengalaman bermain game multipemain yang jauh lebih baik menggunakan 4G dibandingkan dengan 3G,” ungkap OpenSignal.

{Baca juga: Menguji Jaringan Tri Indonesia di Pulau Jawa, Bagaimana Hasilnya?}

Tri Indonesia OpenSignal
Kategori Pengalaman Game Seluler

Tidak hanya unggul dalam pengalaman game online, operator ini juga menjadi yang terbaik dalam aspel pengalaman aplikasi suara. Tri Indonesia mendapatkan 78,6 poin dan menjadi yang tertinggi dibandingkan yang lain.

Lalu Telkomsel berada di urutan kedua dengan 76,1 poin dan Indosat dengan 74,6 poin.

“3 mempertahankan penghargaan Pengalaman Aplikasi Suara kami dengan nilai 78,6 poin dari 100,” tutur OpenSignal.

Tri Indonesia OpenSignal
Pengalaman Aplikasi Suara

Terakhir mengenai kategori ketersediaan 4G, Smartfren menjadi yang paling unggul. Perusahaan pimpinan Merza Fachys ini memiliki persentase ketersediaan 4G sebesar 97,9%.

Tri Indonesia berada di posisi kedua dengan persentase 93,3%, disusul XL Axiata dengan 91,2% di posisi ketiga.

{Baca juga: Jangkauan 4G Smartfren Terluas Menurut OpenSignal}

“Operator khusus 4G di Indonesia, Smartfren, memegang penghargaan Ketersediaan 4G kami, kali ini dengan skor 97,9%,” tutup OpenSignal.

Smartfren OpenSignal
Ketersedian 4G

Hasil ini merupakan hasil untuk peride Juni 2021. Patut ditunggu mengenai laporan OpenSignal untuk periode selanjutnya di tahun 2021. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI