Fosil Kadal Laut Raksasa Pemakan Hewan Besar Ditemukan di Maroko

Telset.id, Jakarta – Para peneliti menemukan fosil kadal laut raksasa pemakan hewan besar ditemukan di Maroko, Afrika. Fosil spesies baru mosasaurus itu bernama Thalassotitan atrox, yang saat hidup bisa tumbuh hingga 12 meter.

Fosil kadal laut raksasa bernama mosasaurus  itu berukuran besar. Mosasaurus adalah kerabat jauh biawak dan iguana, mirip komodo, bisa tumbuh hingga 12 meter.

Sekitar 66 juta tahun lalu, manakala daratan masih dikuasai oleh dinosaurus, lautan dipenuhi oleh predator laut raksasa berbentuk kadal yang disebut mosasaurus.

Kini, para peneliti telah menemukan fosil spesies baru mosasaurus bernama Thalassotitan atrox. Mosasaurus seperti kadal laut yang bisa tumbuh hingga 12 meter.

BACA JUGA:

Dilansir Gadgets360, mereka adalah kerabat jauh biawak dan iguana modern dan terlihat mirip komodo. Saat hidup di laut, mosasaurus tidak punya sirip seperti hiu.

Reptil itu berevolusi untuk tumbuh lebih besar dan lebih terspesialisasi dalam 25 juta tahun terakhir periode Cretaceous. Ia menguasai lautan, melahap setiap makhluk.

Dikutip Telset pada Kamis (25/8/2022), fosil tersebut digali di luar kota Casablanca di Maroko. Kata para peneliti, fosil mempunyai ukuran hampir sembilan meter.

Tengkoraknya hanya memiliki panjang 1,4 meter. Kebanyakan mosasaurus mempunyai rahang panjang dan gigi ramping yang efektif dalam menangkap ikan kecil.

Berbeda, Thalassotitan ditemukan memiliki moncong pendek, lebar, dan gigi besar dengan struktur kerucut, memungkinkan untuk mencabik-cabik mangsa besar.

Fitur-fitur tersebut, menurut para peneliti, menunjukkan bahwa Thalassotitan adalah predator puncak dan diposisikan paling tinggi di struktur rantai makanan.

Mereka punya ceruk ekologis sama dengan paus pembunuh dan hiu putih besar. Kondisi giginya patah dan aus, tidak memangsa ikan tetapi memburu reptil laut lain.

“Ia mematahkan, memotong, dan menggertakkan giginya. Thalassotitan adalah hewan yang menakjubkan dan menakutkan,” kata dosen senior Dr Nick Longrich.

BACA JUGA:

Selain fosil Thalassotitan, para peneliti juga menemukan sisa-sisa mangsa predator. Fosil dari lapisan yang sama di mana Thalassotitan ditemukan mengalami kerusakan.

Menurut Longrich, meskipun tidak bisa dipastikan siapa yang memakan mosasaurus lain, setidaknya mereka memiliki tulang reptil laut yang dibunuh oleh pemangsa besar. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0