telset
spot_img

Fosil Naga Laut Raksasa Ditemukan, Penemuan Terbesar dalam Sejarah

Telset.id, Jakarta – Arkeolog berhasil mengidentifikasi fosil naga laut raksasa untuk ordo ichthyosaurus. Fosil ini ditemukan di Inggris oleh pemimpin tim konservasi Leicestershire and Rutland Wildlife Trust, Joe Davis pada Januari 2021.

Dilansir Telset dari Live Science pada Kamis (13/1/2022), fosil naga laut pertama kali ditemukan oleh pemimpin tim konservasi Leicestershire and Rutland Wildlife Trust, Joe Davis pada Januari 2021.

Lokasi penemuannya berada di Rutland Water Nature Reserve di East Midlands, Inggris. Ketika itu, Davis ditemani Paul Trevor sedang berjalan melintasi laguna yang kering.

Di tengah perjalanan mereka melihat objek menyerupai pipa yang mencuat dari lumpur. Davis menilai kalau bentuknya seperti kerangka tulang.

Baca juga: Misteri Fosil Embrio Dinosaurus Langka Terkuak, Bentuknya Mirip Burung

“Kami mengikuti apa yang tampak seperti tulang belakang dan Paul Trevor menemukan sesuatu lebih jauh yang bisa jadi tulang rahang. Kami sangat tidak percaya,” kata Davis.

Selanjutnya temuan itu ditindaklanjuti oleh peneliti hingga pada akhirnya dilakukan penggalian fosil pada Agustus dan September 2021. Dari penggalian, diketahui bahwa fosil yang ditemukan Davis adalah sisa-sisa naga laut raksasa.

Arkeolog menganalisa kalau ukuran naga laut sangat besar yakni mencapai 10 meter. Naga laut diprediksi hidup di era dinosaurus tepatnya sekitar 180 juta tahun yang lalu.

Fosil tersebut diberi nama Behemoth. Menurut arkeolog, Bahemoth adalah fosil naga laut terbesar dan terlengkap dari ordo ichthyosaurus yang pernah ditemukan.

“Ini adalah penemuan yang benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya dan salah satu penemuan terbesar dalam sejarah paleontologi Inggris,” kata ahli paleontologi dari University of Manchester Dean Lomax, dan juga pemimpin penggalian fosil naga laut tersebut.

Fosil naga laut Behemoth masuk dalam ordo ichthyosaurus atau reptil laut. Ordo ichthyosaurus berevolusi pada periode Trias sekitar 250 juta tahun yang lalu dan menghilang dari catatan fosil 90 juta tahun yang lalu.

Ciri khas ordo ini adalah memiliki moncong yang panjang dan tampak mirip dengan lumba-lumba modern. Sebagai fosil terbesar di ordo ichthyosaurus fosil yang awalnya bernama Behemoth tersebut kemudian diberi nama Temnodontosaurus trigonodon.

Baca juga: Supersaurus Ditemukan, Dinosaurus Terpanjang Berukuran 42 Meter

Rencananya proses penemuan fosil ini akan ditampilkan dalam serial televisi Inggris berjudul “Digging for Britain” yang mengudara di BBC Two. Acaranya sudah ditayangkan pada Selasa 11 Januari 2022 kemarin.

Sementara hasil penelitian lebih lanjut dan makalahnya akan diterbitkan pada tahun 2023 mendatang. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0