5 Operator Resmikan 4G LTE, Berapa Kecepatannya?

 

Telkomsel 4G LTE di MakasarTelkomsel

Telkomsel menjadi satu-satunya operator yang telah siap menggelar layanan 4G LTE di frekuensi 1.800 MHz secara komersial. Tak ayal, operator dengan 140 juta pelanggan ini langsung tancap gas meninggalkan para pesaingnya begitu mendapatkan restu menggelar jaringan 4G di 1.800 MHz.

Telkomsel langsung menggeber pembangunan infrastruktur yang dimilikinya, tak kurang 150 eNode B untuk BTS 4G langsung siap beroperasi di hari pertama peluncuran.

“Jumlah itu sudah lebih dari separuh BTS yang dimiliki oleh Telkomsel di kota Makassar saat ini,” terang Direktur Pemasaran Telkomsel, Mas’ud Khamid saat peresmian layanan 4G tahap kedua di Trans Studio Mall, Makassar, Senin (6/7/2015) kemarin.

Telkomsel mengklaim jaringan 4G di kota Makassar saat resmi diluncurkan memiliki kecepatan rata-rata 72 Mbps. “Angka ini akan terus kita jaga, demi memberikan layanan terbaik Telkomsel,” ujar Mas’ud.

Namun saat dijajal menggunakan speedtest dari ponsel, angka sesungguhnya yang dicapai untuk download hanya mencapai 44 Mbps dan upload 4,5 Mbps. Di sejumlah titik, kecepatan yang dihasilkan cukup bervariasi.

Misalnya, di bandara Sultan Hassanudin, speed yang dihasilkan sekitar 17,3 Mbps untuk download dan 7,6 Mbps untuk upload. Sedangkan di hotel Aryaduta dan sekitar pantai Losari, kecepatannya 17,9 Mbps untuk download dan 9,5 Mbps untuk upload.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI