Seorang Pria Tewas Tersambar Petir karena Tongsis

Walking in the Brecon Beacons National Park Pen-y-Fan (from Cribyn) Walking Activities & Sports
Walking in the Brecon Beacons National Park Pen-y-Fan (from Cribyn) Walking Activities & Sports
Brecon Beacons National Park

JAKARTA – Dua orang tewas akibat sambaran petir di pegunungan Brecon Beacons, Wales pekan lalu. Salah satu pria disebut-sebut tengah membawa tongkat selfie atau Tongsis yang terbuat dari logam.

Menurut laporan Telegraph, mengutip sumber yang dekat dengan mereka yang berhasil selamat dari kejadiaan nahas tersebut, Tongsis itu mungkin adalah salah satu faktor yang telah “menarik perhatian” petir.

Seperti diketahui, petir sangat erat kaitannya dengan musim penghujan. Menurut National Severe Storms Laboratory,  sebuah sambaran petir mengandung listrik sebesar 100.000 hingga 1 miliar volt. Kemungkinan seseorang tersambar petir adalah 1 banding 3.000, dengan asumsi orang tersebut hidup hingga umur 80 tahun. Sementara kemungkinan seseorang terbunuh karena tersambar petir dalam satu tahun di AS adalah 1 banding 240.000.

Petir juga bukan hanya dapat membunuh manusia dengan sambarannya tapi juga dapat meledakkan alat-alat elektronik seperti laptop maupun handphone.

Mengutip CNET, Selasa (7/7/2015), sudah menjadi rahasia umum bahwa seorang pegolf akan menjauhkan peralatan logamnya ketika terdengar ada petir di sekitar. Pun demikian dengan seorang perenang, harus kaluar dari air ketika melihat langit mulai gelap dan petir mulai terdengar. Pasalnya, tubuh manusia bisa menjadi saluran untuk debit listrik dan air menghantarkan listrik secara efisien. [IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here