Google Resmi Perkenalkan Fitur Circle to Search di Android

Telset.id, Jakarta – Google secara resmi mengumumkan fitur AI baru bernama Circle to Search. Fitur ini akan tersedia di berbagai HP berbasis sistem operasi Android.

Sejak awal kemunculan ponsel berbasis Android, raksasa mesin pencari memang telah melakukan berbagai pengembangan untuk meningkatkan mesin penelusuran di smartphone. Sebagai contoh, Google Search yang semakin detail hingga adanya chatbot AI Bard.

Kini, Google telah melakukan upaya baru dalam meningkatkan hal tersebut melalui fitur bernama Circle to Search yang bisa dimanfaatkan para pengguna Android.

BACA JUGA:

Berdasarkan keterangan resminya, Circle to Search ini memungkinkan pengguna menggambar lingkaran di objek tertentu di layar untuk mencari berbagai informasi hingga detailnya di internet.

Meskipun, disebut sebagai Circle to Search yang mengisyaratkan untuk membuat lingkaran, tetapi pengguna juga menyorot teks tertentu atau menandakan objek dengan bentuk lain selain bentuk lingkaran untuk mencari informasi.

Fitur ini dapat berfungsi di ponsel apa saja asalkan menggunakan OS Android terbaru, dan untuk mengaktifkannya pengguna harus menekan tombol Home atau menahan bagian tengah jika ingin menggunakan swipe gesture sebelum melingkari objek.

Dalam iklannya, Google mengatakan bahwa fitur ini sebagai alternatif yang lebih nyaman untuk beralih di antara berabgai aplikasi, dibandingkan menggunakan cara menelusuri melalui Google Lens.

Circle to Search pada dasarnya menggunakan fitur multipenelusuran bertenagai AI milik Google yang sudah ada di dalam Google Lens dan sudah ada sejak tahun 2022 lalu. Kemampuan multipenelusuran AI ini mendukung pencarian multimodal, sehingga bisa mengidentifikasikan teks dan gambar.

Dengan ini, pengguna bisa mengajukan pertanyaan yang lebih bernuansa yang mencakup konsep, ide, atau topik tertentu. Lalu, Google akan memberikan jawaban yang terangkum secara detail di kotak jawaban tanpa harus menelusuri halaman informasi.

BACA JUGA:

Cirlce to Search dipastikan akan debut global pada tanggal 31 Januari dan akan tersedia eksklusif untuk Google Pixel 8 dan Samsung Galaxy S24 Series pada saat fitur ini pertama kali diluncurkan.

Dilansir Telset dari GSMArena, fitur ini diperkirakan akan hadir di lebih banyak HP flagship Android di akhir tahun ini. Lalu, fitur multipenelusuran yang diperbari di Google App diluncurkan untuk pengguna Android dan iOS di Amerika. [FY/IF]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI