Google Bard Advance Bakal Rilis, Jadi Layanan Berbayar?

Telset.id, Jakarta – Google Bard Advanced akan segera dirilis. Menurut laporan, kemungkinan Google Bard Advanced akan menjadi layanan berbayar pertama kali oleh Google untuk aplikasi chatbot bertenaga AI.

Melansir Engadget pada Jumat (05/01/2024), sebuah kode di situs web Bard menunjukan ada peluang untuk pengguna yang ingin menjajal Google Bard Advanced secara gratis hanya dalam waktu 3 bulan saja.

Adapun bocoran tersebut mengisyaratkan bahwa chatbot AI milik Google ini akan dikenakan biaya untuk menggunakannya.

BACA JUGA:

Menurut seorang pengguna Twitter X bernama Bedros Pambukian yang juga membagikan kode yang ditemukan, pengguna juga harus berlangganan Google One untuk mengakses Bard Advanced.

Google pertama kali mengumumkan Bard Advanced pada bulan Desember 2023 bersama dengan model bahasa besar AI baru Gemini dan layanan hiperkomputer AI dari Google Cloud.

Gemini sendiri adalah model AI milik Google yang paling mumpuni hingga saat ini, dengan kemampuan untuk memahami dan mempertimbangkan segala jenis masukan dengan lancar, jauh lebih baik daripada model multimodal yang ada.

Gemini memiliki tiga jenis, antara lain Gemini Ultra, Gemini Nano, dan Gemini Pro, dengan Bard menggunakan yang terakhir. Gemini Ultra sekarang belum tersedia untuk umum, namun Google telah menyatakan bahwa itu akan menjadi kekuatan di balik Bard Advanced.

Mengenai ketersediaan Bard Advanced, kode yang disebutkan di atas menunjukkan bahwa ini mungkin akan terkait dengan Google One, meski tidak jelas tingkat berlangganan apa yang diperlukan. Pasalnya, belum ada detail yang dikonfirmasi hingga sekarang.

BACA JUGA:

Google saat ini sedang menguji kemampuannya dengan sekelompok kecil, yang mungkin juga menjadi alasan mengapa kode tersebut bisa terlihat. Sementara itu, saat ini belum ada tanggal rilis pasti untuk Bard Advanced. Google mengatakan pada bulan Desember bahwa itu akan tersedia awal tahun depan, sehingga besar kemungkinan akan diluncurkan dalam waktu dekat. [FY/IF]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI