Google Luncurkan Generator Video AI Baru, Namanya Phenaki

Telset.id, Jakarta – Saat ini berbagai perusahaan teknologi berlomba-lomba mengembangkan AI, dan kini Google telah meluncurkan generator video AI terbaru, bernama Phenaki.

Bagi yang belum tahu, generator video AI merupakan sebuah teknologi AI dan algoritme pembelajaran mesin yang memungkinkan para pengguna membuat video secara data yang dimasukkan, seperti gambar, teks, hingga audio.

Teknologi di baik generator video AI kini semakin meningkat, dan pembuatan video semakin canggih dan realistis dengan sedikit campur tangan manusia. Meskipun teknologi ini dapat menghemat waktu dan sumber daya, namun ada kekhawatiran penyalahgunaan, seperti Deepfake.

BACA JUGA:

Google kini telah meluncurkan teknologi AI terbarunya, yaitu Phenaki sebuah generator video generator Ai dalam perlombaan AI dengan perusahaan teknologi lainnya, lapor Gizmochina. Dengan rilisnya Phenaki, terlihat Google bertekad mengejar pesaingnya di bidang AI generatif.

Saat ini, pembuatan gambar dengan teknologi AI telah mengalami banyak kemajuan, namun masih belum ada perusahaan yang memimpin teknologi AI di bidang ini. Google berharap dapat mengubahnya dengan meluncurkan generator video AI Phenaki.

Dengan Phenaki, para pengguna bisa memasukkan prompt teks, dan AI akan membuat video pendek yang merepresentasikan perintah prompt teks tersebut. Meskipun, teknologinya masih dalam tahap awal tetapi Google memasang batasan untuk mencegah generator membuat video palsu yang mendalam.

Menariknya, CEO Google Sundar Pichai secara terbuka menyatakan dukungannya terhadap regulasi pemerintah terhadap teknologi berbasis AI, seperti Phenaki.

BACA JUGA:

Untuk mencegah pembuatan dan penyebaran video berbahaya menggunakan perangkat lunak bertenaga AI ini, diperlukan batasan pembuatan video AI. Bayasan ini bisa berupa batasan jenis konten yang dihasilkan, mewajibkan transparansi dalam penggunaan teknologi dan menerapkan hukum dan etika untuk mengatur penggunanya.

Meski sudah diluncurkan, Phenaki kini masih belum tersedia secara umum dan beberapa orang yang ingin menjajal generator video ini perlu menunggu untuk beberapa waktu ke depan. [FY/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI