Google Authenticator Dapat Langsung Terhubung ke Akun Google

Telset.id, Jakarta – Google Authenticator, aplikasi otentikasi dua faktor (2FA) telah diperbarui untuk smartphone iOS dan Android. Update ini memungkinkan aplikasi Authenticator tersinkronisasi atau terhubung dengan akun Google mereka, sehingga aplikasi bisa diakses ke beberapa perangkat.

Sebelumnya One Time Password atau OTP di Authenticator hanya disimpan di satu perangkat, sehingga membatasi pengguna untuk masuk ke layanan keamanan tersebut jika mereka tidak memiliki perangkat utamanya.

Alhasil pengguna akan menghadapi masalah saat masuk ke layanan yang disiapkan untuk menggunakan 2FA, jika perangkat smartphone mereka hilang, dicuri, atau rusak.

Namun pembaruan Google Authenticator terbaru di Android dan iOS, memungkinkan pengguna untuk mengakses kode autentikasi dua faktor (2FA), mereka di perangkat lain yang masuk dengan akun Google yang sama.

BACA JUGA:

Pembaruan untuk Google Authenticator dirinci oleh Google dalam sebuah posting di blog Keamanan Google. Pembaruan baru untuk Google Authenticator di iOS dan Android menambahkan kemampuan untuk mencadangkan dan menyinkronkan OTP di seluruh perangkat yang masuk ke akun Google yang sama.

Raksasa pencarian menyatakan bahwa fitur Authenticator yang terhubung ke akun Google ini akan membantu pengguna mengakses OTP di perangkat lain, khususnya ketika pengguna mengalami musibah seperti HP hilang atau smartphone rusak.

“Kami meluncurkan solusi untuk masalah ini, menjadikan OTP lebih tahan lama dengan menyimpannya secara aman di Akun Google pengguna. Perubahan dapat diandalkan pengguna untuk mempertahankan akses, meningkatkan kenyamanan dan keamanan,” tulis Google.

Dikutip Telset dari Gadget 360 pada Rabu (26/04/2023), aplikasi Google Authenticator diluncurkan pada tahun 2010 sebagai alternatif untuk kode sandi satu kali berbasis SMS, yang jauh lebih tidak aman dan tidak dapat diandalkan dibandingkan dengan aplikasi 2FA.

Aplikasi digunakan untuk menghasilkan otentikasi 2 faktor untuk berbagai aplikasi dan layanan Google. Setelah diatur, aplikasi menampilkan kode unik sepanjang 6 hingga 8 digit yang dapat digunakan untuk masuk ke akun.

BACA JUGA:

Google terus menghasilkan berbagai fitur untuk aplikasi keamanannya ini termasuk fitur sinkronisasi ke akun Google. Untuk mencoba Authenticator baru dengan sinkronisasi Akun Google, cukup perbarui aplikasi dan ikuti petunjuknya.

gadgets360.com/apps/news/google-authenticator-update-android-ios-otp-backup-account-2fa-feature-3978671

https://security.googleblog.com/2023/04/google-authenticator-now-supports.html

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI