Bu Tejo dan Virus Corona Populer di Google Sepanjang 2020

Telset.id, Jakarta – Informasi terkait virus corona atau Covid-19 menjadi kata kunci paling banyak dicari di Google sepanjang tahun 2020. Dalam Google Year in Search 2020, rupanyan banyak sekali masyarakat yang mencari informasi mengenai pandemi yang sampai sekarang masih terjadi di Indonesia.

Google Year in Search 2020 sendiri mengumumkan topik-topik informasi yang paling banyak dicari masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2020.

Menurut Head of Consumer Marketing Google Indonesia, Fida Heyder, banyak sekali mpencarian terkait kata kunci virus corona di Google sepanjang tahun 2020.

Fida menyatakan, Google membantu masyarakat untuk mencari informasi mengenai Covid-19 dengan mengubah halaman pencarian agar masyarakat dapat mendapatkan informasi yang akurat mengenai penyebaran virus ini.

“Pertama itu virus corona karena ini topik yang dicari dan sangat krusial. Sejak awal tahun sampai sekarang kita mengubah search page kita mengenai Covid-19. Hingga saat ini halaman itu masih ada dan ini sifatnya serius,” katanya.

Bukan cuma soal pandemi virus corona saja, masyarakat Indonesia juga suka mencari resep kue odading di Google. Tema kuliner memang selalu ramai diperbincangkan, termasuk kue odading yang sebelumnya viral di medsos.

{Baca juga: Peneliti Top AI Ini Dipecat Google Gegara Protes Keragaman}

“Orang Indonesia suka makan. Banyak trending soal makanan karena mungkin untuk mengisi kegiatan di rumah sehingga mencari resep makanan. Untuk tahun ini resep Odading ini trending sekali,” jelas Fida.

Meningkatnya pencarian terkait kue odading disebabkan oleh viralnya “Odading Mang Oleh” di media sosial. Apalagi, ada aksi dari Nandar Ukandar alias Ade Londok yang mempromosikan odading tersebut dengan logat bahasa Sunda.

“Waktu itu viral di media sosial Odading Mang Oleh,” tutur Fida.

Selain virus corona dan resep odading, Google Year in Search 2020 pun mengungkap kata kunci lainnya yang populer sepanjang tahun ini. Berikut rinciannya:

  1. Virus Corona
  2. PSBB
  3. Kartu Pra Kerja
  4. Sepeda Lipat
  5. Odading
  6. Glenn Fredly
  7. Hand Sanitizer
  8. Lathi – Weird Genius ft. Sara Fajira
  9. Omnibus Law
  10. Google Classroom

Bintang Emon Sosok Populer di Google Year in Search 2020

Google sendiri membuat 9 kategori berisikan 10 tren teratas pencarian di Google. Kategori itu mencakup Siapa, Apa Itu, Bagaimana Cara, Lirik Lagu, Resep, Film, dan Berita.

Di kategori Siapa, Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra alias Bintang Emon menjadi sosok paling populer di Google Year in Search 2020.

Komedian asal Jakarta ini berada di posisi teratas di kategori Siapa. Bintang Emon bersanding dengan berbagai tokoh terkenal, seperti Hyun Bin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, hingga pemenang Pilpres Amerika Serikat 2020, Joe Biden.

Pada konferensi pers tersebut, komika tersebut tidak menyangka dirinya masuk dalam kategori tersebut. Namun, ia menduga kalau selama ini banyak anak muda yang merasa suaranya terwakilkan sehingga dirinya banyak dicari masyarakat di Google.

“Banyak yang terwakilkan. Ternyata memang selama ini banyak suara-suara yang menumpuk yang tidak terwakilkan,” jelas Bintang.

{Baca juga: Bintang Emon Dituduh Pakai Narkoba, Netizen: Dia Orang Baik!}

Seperti diketahui, Bintang Emon adalah komedian yang aktif membuat video komedi bernama Dewan Perwakilan Omel-omel (DPO). Video tersebut berisi pendapatnnya mengenai sebuah fenomena yang dibalut dengan cara yang lucu.

“Yang saya wakilkan adalah anak muda karena selama ini suara anak-anak muda belum terwakilkan. Urusan politik dianggap eksklusif orang dewasa dan anak muda dianggap tidak mengerti,” tutur Emon.

Berikut ini 10 tren pencarian teratas untuk kategori Siapa di Google Year in Search 2020:

  1. Bintang Emon
  2. Hyun Bin
  3. Kim Soo Hyun
  4. Najwa Shihab
  5. George Floyd
  6. Tara Basro
  7. Seo Ye Ji
  8. Budi Karya
  9. Joe Biden
  10. Djoko Tjandra

Film Tilik “Bu Tejo” Banyak Dicari 

Bukan cuma Bintang Emon, film Tilik yang memopulerkan karakter Bu Tejo pun menjadi kata kunci paling populer untuk kategori Film. Tilik yang dibuat oleh sutradara Wahyu Agung Prasetyo ini banyak dicari, dan memang sempat viral di YouTube juga.

Menurut Wahyu, film Tilik terinspirasi dari kebiasaan masyarakat desa khususnya ibu-ibu yang menjenguk saudara atau tetangga di desa yang sedang dirawat di rumah sakit.

{Baca juga: 5 Hari Tayang, Gibah Bu Tejo Raih 2,8 Juta Views di YouTube}

“Tilik itu mengangkat fenomena yang saya lihat di tahun 2017 dan saya merasa fenomena tersebut unik dan harus dipotret dalam sebuah film,” ucap Wahyu.

Kemudian, film tersebut sempat mengikuti berbagai festival film sepanjang tahun 2018 sampai 2020. Tepat pada 17 Agustus 2020, Tilik diunggah ke YouTube hingga mendapatkan respon yang sangat positif.

Karakter Bu Tejo pun ikut viral di media sosial. Wahyu sampai tidak menyangka akhirnya Tilik mendapat respon positif dari masyarakat.

“Tahun 2020 kami merilis Tilik dan responnya sangat positif dan banyak yang menonton. Kami sangat terhormat,” tutur Wahyu.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Google Terbaru}

Selain Tilik, berikut ini daftar 10 Film atau TV yang banyak dicari di Google sepanjang tahun 2020:

  1. Tilik
  2. Crash Landing on You
  3. Milea
  4. The World of The Married
  5. Mariposa
  6. Mulan
  7. Money Heist
  8. It’s Okay to Not Be Okay
  9. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini
  10. Bucin

Selengkapnya, Anda bisa melihat di situs resmi Google untuk mencari tahu topik populer lainnya sepanjang tahun 2002.

(NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -