telset

Festival Belanja Online Sepi, Jack Ma Salahkan Cuaca Panas

Telset.id, Jakarta  – Pendiri Alibaba Group Holding Inc, Jack Ma, mengatakan bahwa hasil transaksi festival belanja online tahunan bertajuk Singles’ Day tidak sesuai harapan. Ia pun menyalahkan cuaca panas yang melanda negaranya.

Digelar sejak 2009, Singles’Day menjadi festival belanja terbesar di China. Dilansir Reuters, pengaruhnya tak kalah dari A Sun Cyber yang populer di Amerika Serikat seiring perayaan Thanksgiving.

{Baca Juga: Asli, 10 Foto Ini Tunjukkan Belanja Online tak Selalu Berakhir Bahagia}

Analis selalu memantau transaksi selama perhelatan Singles’Day untuk mengukur sentimen konsumen di China. Festival tersebut diadakan setiap 11 November dan kerap disebut sebagai Double Eleven.

“Double Eleven tahun ini benar-benar tidak memenuhi harapan. Apa yang saya bayangan sangat meleset,” kata Jack Ma pada Konvensi Pengusaha Zhejiang Dunia ke-5, dikutip Telset.id, Kamis (14/11/2019).

Dalam sebuah video yang diedarkan oleh media China, Jack Ma mengatakan satu alasan kenapa Singles’Day tak sesuai ekspektasi. “Cuaca sedang panas. Kalau cuacanya dingin, penjualan akan lebih baik,” ujarnya.

Selain soal pakaian tak laku pada musim panas, ia juga mengatakan bahwa Singles’Day berlangsung pada awal pekan. Akibatnya, orang-orang tidak ingin berbelanja pada malam hari sebelum pergi bekerja.

{Baca juga: Wow, Ada Voucher Rp 11 Miliar di Festival 11.11 Lazada}

“Saya berharap, pada pelaksanaan Double Eleven tahun-tahun berikutnya, pemerintah China bisa memberi waktu libur bagi semua warga negara tanpa terkecuali selama sekitar setengah hari,” pungkas Jack Ma.

Bos Alibaba ini memang patut kecewa, karena pada ajang ferstival belanja online di tahun-tahun sebelumnya dia bisa meraup keuntungan besar selama event Singles Day berlangsung.

Contoh saja, raksasa e-commerce China ini pernah berhasil meraup USD 14,3 miliar atau setara Rp 190,3 triliun hanya dalam waktu 15 jam pada tahun sebelumnya.

situs Mashable mengabarkan, hanya dalam waktu 42 detik saja, Alibaba sudah mencetak penjualan USD 146 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun. Dan pada menit ke tujuh, Alibaba berhasil meraih penjualan sebesar USD 1.46 miliar atau sekitar Rp 19,5 triliun.

{Baca juga: Hanya 42 Detik, Alibaba Raup Rp 1,9 Triliun di Singles’ Day}

Tentu hasil tersebut benar-benar membuat kita bingung dicampur rasa kagum. Tapi roda itu berputar. Pada tahun ini, Jack Ma tak bisa mengulang catatan apiknya itu di festival belanja online di tahun ini. [SN/HBS]

Sumber: Reuters

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0