Bagini Cara Melacak Panggilan Telepon “Misterius”

Telset.id, Jakarta – Dalam berkomunikasi melalui sambungan telepon seringkali kita mendapatkan gangguan dari panggilan telepon “misterius”. Panggilan ini merupakan panggilan yang muncul tanpa kita ketahui siapa identitas pemilik nomor telepon tersebut.

Acapakali kita memang mengabaikan panggilan telpon tanpa identitas. Tapi terkadang ada juga orang yang penasaran ingin mencari tahu siapa sosok yang menelpon.

Sebenarnya di era digital atau Internet saat ini, kita dimudahkan untuk melacaknya via Internet. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencari identitas sebuah nomor telepon tanpa identitas.

Nah, bagi Anda yang penasaran bagaimana cara untuk mengetahui panggilan telpon misterius, kali ini Telset.id akan memberikan 3 cara yang bisa dilakukan untuk mencari identitas nomor telepon di internet.

Mencari di Facebook

Dengan sekitar 2,5 miliar orang yang menggunakan Facebook pada tahun 2018, plaftorm ini dapat menjadi solusi pencarian identitas sebuah nomor telepon.

Memang tidak semua orang menghubungkan nomor telepon mereka ke akun Facebook tetapi jika beruntung Anda akan menemukan identitas nomor telepon yang pernah menghubungi Anda.

Caranya, kunjungi laman website Facebook melalui akun Facebook Anda, dan ketikan nomor telepon di kotak pencarian yang terletak di bagian atas halaman Facebook.

Baca juga: Elon Musk Tak Sengaja Sebar Nomor Telepon di Twitter

Hasilnya, jika nomor telepon tersebut dikaitkan dengan akun Facebook maka profil pengguna akan muncul. Tetapi ada kemungkinan jika nomor tersebut adalah milik komplotan penipu.

Ketika Anda hanya menemukan akun-akun rekomendasi saat melakukan pencarian, maka Anda dapat memeriksa beberapa dari mereka, karena bisa saja nomor tersebut orang yang Anda kenal, atau milik seorang penipu.

Menggunakan Mesin Pencari Google

Mesin pencari Google dapat menjadi cara untuk mengetahui identitas nomor telepon. Anda dapat mengetikan nomor telepon yang tidak dikenal di bar pencarian Google dan memeriksa pada dua halaman pertama. Berikut ini adalah cara mencaranya.

Pertama, kunjungi laman Google, dan ketik nomor telepon. Nantinya akan ada laman-laman hasil temuan dari Google. Setelah itu silahkan Anda mencari mengunjungi laman tersebut untuk menemukan identitas nomor telepon.

Baca juga: Cara Melacak Nomor Telepon via PC dan Smartphone

Jika nomor tersebut milik suatu perusahaan, Anda bisa melihat web dan akun media sosial perusahaan yang terkait. Jika nomor itu adalah milik seseorang, biasanya nomor tersebut akan muncul di dalam akun Facebook, Instagram, LinkedIn dan lain sebagainya.

Jika nomor telepon adalah telepon rumah, sangat mungkin untuk memasukkannya ke dalam platform halaman kuning (Yellow Pages) online, disertai dengan info pemilik.

Tetapi jika website tersebut terlalu banyak tautan seperti 800notes.com, whocalled.us, dan whocallsme.com, muncul di hasil pencarian, maka Anda harus mempertimbangkan untuk memblokir nomor tersebut karena nomor telepon tersebut milik komplotan penipu.

Gunakan Zabasearch atau Whitepages

Jika Anda tidak berada di Facebook dan Google, maka Anda bisa menggunakan platform seperti Zabasearch dan Whitepages. Keduanya bisa menjadi opsi yang bisa digunakan untuk mencari identitas nomor telepon. Zabasearch sendiri adalah platform yang memudahkan pengguna internet mencari alamat dan juga nomor telepon.

Baca juga: Kominfo Tegaskan Isu Penyadapan Nomor IMEI Hoax

Caranya hampir mirip ketika melakukan pencarian melalui Google. Anda tingga mengetikan nomor telepon di Zabasearch dan akan muncul beberapa informasi terkait nomor telepon tersebut.

Situs web tertentu menyediakan penyaringan lanjutan, dengan memungkinkan Anda memberikan info tambahan, seperti kode pos, negara bagian dan kota. [NM/HBS]

Sumber: Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here