Cara Melacak Nomor Telepon via PC dan Smartphone

Lacak nomor telepon

Telset.id – Sering dapat panggilan tak dikenal yang masuk ke smartphone Anda? Ada dua kemungkinan yang bisa Anda hadapi, kemungkinan pertama adalah nomor yang tak dikenal itu merupakan kerabat Anda yang kebetulan belum tersimpan nomornya di kontak, atau nomor aneh yang jika diangkat hanya akan menawarkan iklan atau hal tidak penting lainnya kepada Anda.

Anda tak perlu resah jika sering mengalami hal tersebut, karena sebenarnya Anda bisa melacak nomor telpon tak dikenal itu. Ya, Anda dapat dengan mudah melacak nomor telepon tak dikenal itu langsung di PC atau smartphone. Tim Telset.id akan memberitahukan caranya. So, yuk ikuti caranya berikut ini!

Melacak Nomor Telepon Menggunakan PC

Trik yang bisa dilakukan melacak nomor telepon menggunakan PC atau laptop adalah dengan menggunakan website Truecaller.com. Berikut caranya:

  • Pertama yang harus dilakukan adalah akses situs Truecaller.com di browser pada PC atau laptop Anda.
    Melacak Nomor Telepon Menggunakan PC

{Baca Juga: Sejarah Perkembangan Telepon dari Zaman Engkol Hingga Smartphone}

  • Jika sudah, atur terlebih dahulu kode area negara sesuai keinginan. Biasanya, kode area tersebut mengikuti lokasi Anda secara otomatis yakni Indonesia.
    Melacak Nomor Telepon Menggunakan PC
  • Selanjutnya, masukkan nomor telepon yang ingin Anda lacak. Ketika Anda mulai mencarinya, akan muncul popup yang mengharuskan Anda untuk login atau daftar menggunakan akun Google atau Microsoft.
    Melacak Nomor Telepon Menggunakan PC
  • Kemudian jika sudah masuk, maka otomatis hasil pencarian nomor tersebut akan muncul beserta operator dan lokasinya.
    Melacak Nomor Telepon Menggunakan PC

{Baca Juga: Angkat Telepon Tanpa Sentuh Layar Oppo Reno4 F, Begini Caranya}

Melacak Nomor Telepon Menggunakan Smartphone

Sama halnya seperti pada PC, untuk smartphone juga kita bisa menggunakan aplikasi Truecaller yang sudah tersedia di Google Play Store. Berikut caranya:

  • Pertama, install terlebih dahulu aplikasi Truecaller di Google Play Store.
    Melacak Nomor Telepon Menggunakan Smartphone
  • Selanjutnya, jalankan aplikasi tersebut, dan tekan tombol Get Started untuk masuk ke halaman utama. Tapi perlu diingat sebelumnya, Truecaller akan meminta izin akses untuk mengatur panggilan telepon dan juga kontak telepon, tekan Allow jika Anda mengizinkannya.

{Baca Juga: Tips Rekam Panggilan Telepon WhatsApp dengan Mudah}

  • Setelah itu, masukkan nomor telepon Anda terlebih dahulu. Jika sudah, Anda akan menerima panggilan dari Truecaller untuk proses verifikasi nomor.
  • Selanjutnya, masukkan nama lengkap dan juga email untuk mendaftar ke aplikasi. Jika malas mengetikkan nama dan alamat email, Anda juga bisa menggunakan akun Facebook.
    Melacak Nomor Telepon terbaru Menggunakan Smartphone
  • Jika semua pengaturan sudah dijalankan, maka Anda akan menemui empat menu di bagian bawah layar yakni CallsSearchBlock dan Contacts. Sekarang masuk ke bagian Search.

{Baca Juga: Tips Jitu! Ini Cara Mencegah Panggilan Spam di HP}

  • Kemudian, masukkan nomor atau nama yang ingin Anda cari. Selanjutnya tekan tombol cari di keyboard untuk melihat hasil pencarian.
    Melacak Nomor Telepon terbaru
  • Jika hasil pencarian telah ditemukan, maka akan terlihat lokasi dari nomor telepon tersebut.

Selesai! Bagaimana, mudah kan menggunakan aplikasinya? Selamat mencoba ya! (FHP)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here