10 Smartphone dengan Kamera “Optical Zoom” Terbaik 2020

Smartphone Optical Zoom Terbaik

Telset.id – Sektor kamera smartphone terus berkembang, dan mungkin semakin mendekati teknologi kamera DSLR dan mirrorless. Berbagai konfigurasi dihadirkan oleh para vendor. Salah satu konfigurasi kamera smartphone terbaik saat ini adalah kamera optical zoom.

Sekadar informasi, kebutuhan zooming jauh dalam fotografi maupun videografi terus meningkat. Dengan kamera yang bisa memperbesar gambar beberapa kali, pengguna akan lebih mudah menangkap momen terbaik dari kejauhan, seperti konser, sepak bola, perayaan kelulusan, dan lainnya.

Ada dua buktinya, mengapa kami mengatakan hal demikian. Pertama, kini ukuran sensor dari kamera utama smartphone makin besar, dan dimungkinkan untuk menangkap gambar dengan detail lebih baik. Kemampuan tersebut membuat pengguna dapat memperbesar gambar beberapa kali tanpa kehilangan kualitas detailnya.

{Baca juga: 10 HP Kamera Selfie Terbaik 2020 Versi DxOMark}

Kedua, kini beberapa vendor smartphone merilis seri yang memiliki kamera periskop dengan kemampuan optical zoom dan hybrid zoom yang jauh lebih baik.

Nah, kali ini tim Telset.id telah merangkum 10 smartphone kamera terbaik dengan fitur optical zoom terbaik 2020. Sebagai catatan, seluruh smartphone yang masuk rekomendasi kami dijual resmi di Indonesia. Yuk simak!

Samsung Galaxy S20 Ultra

Smartphone Optical Zoom Terbaik

Samsung Galaxy S20 Ultra mengandalkan empat kamera utama. Konfigurasinya, masing-masing adalah lensa utama dengan sensor 108MP dengan dukungan OIS, kamera periskop 48MP, kamera ultrawide 12MP, dan lensa 3D ToF atau Time of Flight.

Yup! Ada kamera periskop di sini. Kamera periskop di smartphone ini menawarkan 4x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan 100x digital zoom. Bisa dibayangkan bagaimana kemampuan zooming S20 Ultra, sob?

{Baca juga: Review Samsung Galaxy S20 Ultra: Smartphone Terbaik Tahun Ini}

Dalam review yang kami lakukan beberapa waktu lalu, smartphone ini mampu memberikan foto dengan kualitas warna dan detail yang bagus, meski kami melakukan perbesaran optik maupun hybrid sampai tingkat maksimal.

Selain karena kualitas sensornya yang bagus, Samsung pun menyematkan teknologi berbasis artificial intelligence atau AI untuk meningkatkan kualitas foto yang diambil.

Xiaomi Mi Note 10 Pro

Smartphone Optical Zoom Terbaik

Xiaomi Mi Note 10 Pro memang tidak mengusung kamera periskop. Meski demikian, smartphone ini telah mendukung fitur optical zoom sampai 5 kali.

Smartphone tersebut mengandalkan lima kamera utama. Kamera pertama merupakan menggunakan sensor 108MP yang dilengkapi dengan OIS 4-axis. Kamera kedua, adalah telephoto 5MP dengan kemampuan 5x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan 50x digital zoom.

{Baca juga: Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Kualitas Flagship}

Lalu, ada juga lensa telephoto lainnya dengan resolusi 12MP. Selain diperuntukkan untuk foto portrait, kamera tersebut punya kemampuan 2x optical zoom juga. Terdapat pula lensa ultrawide 20MP dan kamera makro 2MP sebagai tambahan.

Dalam review yang kami lakukan, fitur optical zoom pada kamera smartphone ini sangat berguna saat kami ingin memotret objek foto dari jarak jauh. Kualitasnya oke, dan tidak kalah dengan smartphone yang punya kamera periskop.

Samsung Galaxy S20 / S20+

Samsung Galaxy S20 maupun S20+ sebenarnya punya konfigurasi tiga kamera yang sama, meski S20+ punya satu kamera tambahan breupa DepthVision 0,3MP.

Tiga konfigurasi kamera tersebut adalah, kamera utama dengan sensor 12MP, kamera telephoto 64MP, dan kamera ultrawide 12MP. Nah, kamera telephoto di kedua smartphone sudah dilengkapi dengan OIS dan PDAF untuk menjaga kestabilan gambar ketika pengguna melakukan perbesaran secara optik maupun hybrid.

Berbicara soal kemampuan perbesarannya, kamera telephoto ini mendukung 2x optical zoom dan 3x hybrid zoom. Meski tak sejauh kamera periskop, tapi perbesaran itu cukup membantu pengguna untuk menangkap objek foto dari kejauhan dengan kualitas yang baik.

Huawei P40 Pro

Smartphone Optical Zoom Terbaik

Huawei P40 Pro mempunyai empat kamera belakang, yakni Ultra Vision 50MP sebagai kamera utama, lensa ultrawide 40MP Cine Camera, lensa periskop 12MP, dan 3D ToF Camera.

Kamera periskop pada Huawei P40 Pro didukung oleh OIS untuk menjaga kestabilan lensa ketika pengguna melakukan perbesaran gambar beberapa kali. Untuk kemampuannya, kamera smartphone ini punya kemampuan 5x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan 50x digital zoom.

{Baca juga: Review Huawei P40 Pro: Masih ‘Pede’ dengan HMS}

Dalam review yang kami lakukan, kualitas foto yang ditangkap menggunakan perbesaran optik sampai 5 kali terbilang baik. Kualitas warna dan detail dari foto pun bagus dan enak untuk dipandang. Apalagi, ada Master AI yang meningkatkan kualitas foto yang diambil.

Begitu juga dengan perbesaran hybrid sampai 10 kali. Hasilnya masih bagus, minim noise, dan memiliki detail yang berkualitas.

Oppo Find X2 Pro

Oppo Find X2 Pro menjadi smartphone flagship terbaru yang diboyong Oppo ke Indonesia. Smartphone ini punya tiga kamera berkualitas di bagian belakang.

Masing-masing konfigurasinya adalah 13MP lensa periskop dengan OIS, 48MP lensa ultrawide dengan sensor Sony IMX586, dan 48MP lensa utama bersensor Sony IMX689 dengan omni-directional focus dan OIS.

{Baca juga: HANDS ON OPPO FIND X2 PRO: Speknya Lebih Gahar}

Kamera periskop di smartphone ini sudah mendukung 5x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan 60x digital zoom. Dengan konfigurasi kamera tersebut, Oppo Find X2 Pro pun bahkan pernah dinobatkan sebagai smartphone dengan kamera terbaik oleh DxOMark.

Huawei P30 Pro

Smartphone Optical Zoom Terbaik

Huawei menghadirkan teknologi kamera periskop pertama kali pada P30 Pro. Smartphone ini memiliki empat kamera belakang, yang disebut sebagai “Leica Quad Camera System”.

Konfigurasinya, kamera utama dengan sensor 40MP yang didukung oleh OIS, kamera ultrawide 20MP, kamera periskop 8MP, dan 3D ToF. Kamera periskop 8MP di smartphone tersebut telah mendukung optical zoom 5x, hybrid zoom 10x, dan digital zoom 50x.

{Baca juga: Review Huawei P30 Pro: Kamera Masih Jadi Andalan}

Dalam review yang kami lakukan, kamera periskop yang disebut Huawei sebagai “SuperZoom Lens” ini memberikan foto berkualitas baik meski sudah diperbesar secara optik sampai 5 kali maupun hybrid hingga 10 kali.

Detail dan komposisi warnanya masih bisa dinikmati dengan baik meski foto telah diperbesar beberapa kali. Wajar saja, kamera ini pun telah didukung oleh teknologi Master AI yang mampu meningkatkan kualitas foto.

Oppo Reno 10x Zoom

Smartphone Optical Zoom Terbaik

Oppo Reno 10x Zoom bisa dibilang merupakan pelopor smartphone dengan teknologi kamera periskop. Oppo sudah sejak lama memperkenalkan teknologi kamera periskop di ajang MWC beberapa tahun lalu, dan benar-benar resmi membawa inovasinya itu pada Reno 10x Zoom.

Oppo Reno 10x Zoom memiliki konfigurasi kamera 48MP lensa utama, kamera periskop 13MP, serta lensa ultrawide 8MP. Kamera periskop di smartphone ini mendukung 6x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan 60x digital zoom.

{Baca juga: Hasil Foto Ciamik Pakai Lensa Tele Oppo Reno 10x Zoom}

Dalam review yang kami lakukan, kamera periskop memudahkan kami untuk menangkap momen menarik secepat mungkin dari jarak jauh, tanpa harus kehilangan momen tersebut.

Hasil foto yang didapatkan punya kualitas detail yang baik, meski pengambilan foto menggunakan pengaturan optical zoom hingga 6 kali. Didukung juga dengan OIS, pengambilan gambar pun tetap stabil meski telah diperbesar beberapa kali.

Huawei P30

Huawei P30 menjadi “model flagship standar” yang diboyong Huawei tahun lalu. Smartphone ini punya tiga kamera yang disebut sebagai “Leica Triple Camera System”.

Smartphone ini punya lensa utama dengan sensor 40MP dengan dukungan teknologi SuperSpectrum Sensor tanpa adanya Optical Image Stabilization (OIS). Lalu, ada lensa ultrawide 16MP dan kamera telephoto 8MP.

{Baca juga: Review Huawei P30: Desain Standar, Kamera Tetap Memikat}

Kamera telephoto yang dimiliki smartphone ini sudah didukung oleh OIS agar pengambilan gambar menggunakan teknik optical zoom sampai 3x, hybrid zoom hingga 5x dan digital zoom 30x tetap terjaga kestabilannya.

Dalam review yang kami lakukan, foto yang dihasilkan kamera telephoto Huawei P30 tetap bagus dan ciamik, meski kami melakukan perbesaran optik maupun hybrid sampai maksimal.

iPhone 11 Pro / Pro Max

iOS 14

Diluncurkan September tahun lalu, kedua smartphone ini pun punya kamera dengan fitur optical zoom terbaik. iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max punya tiga kamera utama.

Konfigurasinya, lensa wide 12MP, lensa telephoto 12MP, dan lensa ultrawide 12MP. Kamera telephoto di sini memiliki kemampuan 2x optical zoom, dan bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto portrait yang berkualitas tinggi.

{Baca juga: Powerful dan Premium, Ini Spesifikasi dan Harga iPhone 11 Pro}

Dikombinasikan dengan fitur bernama Deep Fusion yang memanfaatkan machine learning, pengguna dapat menghasilkan foto berkualitas dengan warna dan detail yang bagus.

Realme X2 Pro

Realme X2 Pro Red Brick

Realme X2 Pro punya empat kamera utama dengan konfigurasi 64MP aperture f/1.8 sebagai kamera utama, lensa telephoto 13MP, 8MP lensa ultrawide, dan 2MP lensa depth.

Kamera telephoto pada smartphone bertenaga Snapdragon 855+ ini menyuguhkan optimasi optical zoom hingga 2 kali, hybrid zoom sampai 5 kali, dan digital zoom sampai 20 kali.

{Baca juga: Review Realme X2 Pro: Ngebut Berkat Snapdragon 855+ & SuperVOOC}

Berbicara soal kualitasnya, dalam review yang kami lakukan, Realme X2 Pro mampu menangkap foto yang bagus, kualitas detail yang jernih, dan minim noise meski kami melakukan perbesaran secara optik. Begitu juga dengan hybrid zoom, foto masih terlihat mengesankan dan minim noise.

Nah, itu tadi rangkuman 10 smartphone yang memiliki kamera optical zoom terbaik 2020 yang beredar resmi di Indonesia. Apabila Anda mencari rekomendasi smartphone terbaik lainnya dengan kemampuan dan rentang harga yang berbeda, tim Telset.id pun telah menyiapkan beberapa artikelnya.

Berikut adalah artikel rekomendasi smartphone terbaik lainnya yang bisa menjadi panduan Anda ketika memilih smartphone:

(MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here