Samsung Perkenalkan 4 Monitor Terbaru, Layar Jumbo 57 Inci!

Telset.id, Jakarta – Mengawali tahun 2023, Samsung mengumumkan 4 produk monitor terbaru. Keempat monitor tersebut ditujukan untuk konten kreator, gamers dan fotografer yang membutuhkan layar yang tangguh untuk aktivitas mereka.

Dikutip Telset dari GSM Arena pada Rabu (04/01/2023), monitor buatan Samsung memiliki keunggulan dari segi ukuran, dan juga spesifikasi pendukung. Pasalnya ukuran monitor yang dirilis besarnya sampai 57 inci.

Jadi, dapat membantu pengguna dalam bermain game atau mengedit video yang kerap membutuhkan laptop berukuran besar. Adapun keempat produk yang dimaksud adalah Odyssey Neo G9 ukuran 57 dan 49 inci, ViewFinity S9  dan Smart Monitor M8. Berikut ini spesifikasi lengkap keempat monitor Samsung tersebut.

BACA JUGA:

Spesifikasi Monitor Samsung Odyssey Neo G9

Pertama adalah Samsung Odyssey Neo G9 (G95NC). Monitor Samsung ini memiliki panel LCD rasio aspek 57 inci, 32:9 dengan bentuk sedikit melengkung. Layarnya beresolusi 7680 x 2160 piksel alias 4K UHD dengan refresh rate 240Hz.

Disematkan pula konektor DisplayPort 2.1 yang menawarkan bandwidth 54 Gbps, atau  hampir dua kali lipat lebih besar dibandingkan konektor HBR3 DisplayPort 1.4a yang mampu mengalirkan bandwidth 32 Gbps.

Kelengkungan layarnya 1000R dan menggunakan lampu latar LED mini dengan lapisan titik kuantum dan sertifikasi VESA Display HDR 1000. Samsung juga telah menggunakan lapisan matte untuk layar untuk mengurangi pantulan di dalam layar.

Monitor Samsung Odyssey OLED G9
Odyssey OLED G9

Berikutnya Samsung Odyssey OLED G9 (G95SC) dengan ukuran yang lebih kecil. Model ini memiliki panel OLED 49 inci 32:9. Resolusinya 5120 x 1440 piksel, dengan refresh rate 240Hz. Sayangnya monitor tidak didukung oleh konektor DisplayPort 2.1.

Panel ini memiliki lapisan titik kuantum untuk meningkatkan saturasi warna serta memiliki peredupan lokal per piksel dan waktu respons mendekati 0,1 ms.

OLED G9 sudah terpasang beberapa aplikasi bawaan seperti Netflix, YouTube, dan Prime Video. Ada juga dukungan untuk Xbox Cloud Gaming dan Nvidia GeForce Now melalui platform Samsung Gaming Hub bawaan yang ada di monitor ini.

BACA JUGA:

Spesifikasi Samsung ViewFinity S9 dan Smart Monitor M8

Samsung juga menyediakan monitor khusus yang menyasar pekerja kreatif, yakni Samsung ViewFinity S9 (S90PC). Spesifikasi monitor ini terdiri dari panel LCD 5K 27 inci dengan resolusi 5120 x 2880 piksel. Samsung mengklaim cakupan DCI-P3 monitor mencapai 99%.

Monitor ini memiliki fitur manajemen warna bawaan, yang bisa dikendalikan melalui smartphone tepatnya aplikasi Samsung Smart Calibration. Perihal konektivitas, ViewFinity S9 dilengkapi koneksi USB-C dan Thunderbolt 4.

Perpaduan koneksi ini menjadikan layar cukup ideal untuk digunakan dengan PC, Mac, dan iPad Pro. Port di Samsung ViewFinity S9 ini juga memungkinkan monitor terhubung ke periferal lain serta kamera 4K SlimFit.

Viewfinity S9
Viewfinity S9

Layar Samsung sudah didukung oleh aplikasi Samsung Smart Hub, Google Meet dan beberapa aplikasi lainnya.

Terakhir ada Smart Monitor M8 (M80C). Ini adalah model yang ada dengan panel 4K 32 inci dan 27 inci. Monitor ini memiliki aplikasi pemutaran media bawaan serta SmartThings Hub untuk menghubungkan perangkat rumah pintar. Model ini pada dasarnya berfungsi sebagai televisi, tetapi tidak didukung fitur TV tuner.

BACA JUGA:

Smart Monitor M8
Smart Monitor M8

Sayangnya Samsung belum mengumumkan terkait harga. Dikatakan bahwa Harga dan ketersediaan untuk keempat model akan diumumkan di kemudian hari. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0