Samsung Hadirkan DRAM DDR5 Pertama Berteknologi 12nm

Telset.id, Jakarta – Samsung mengumumkan versi terbaru DRAM DDR5 16GB. Memori itu adalah yang pertama dibangun di atas teknologi proses kelas 12nm.

Samsung DRAM DDR5 keluaran paling anyar tersebut mengalami peningkatan teknologi dibanding produk EUV kelas 14nm yang sekarang beredar di pasaran.

DRAM DDR5 baru juga kompatibel dengan produk AMD, serta telah dioptimalkan dan divalidasi di platform Zen.

BACA JUGA:

Jooyoung Lee, EVP Produk & Teknologi DRAM di Samsung, mengatakan bahwa standar baru ini akan menjadi pendorong utama adopsi DRAM DDR5 di seluruh pasar.

DRAM DDR5 diproduksi menggunakan bahan baru yang meningkatkan kapasitansi sel dan teknologi desain eksklusif yang meningkatkan karakteristik sirkuit kritis.

DRAM baru didasarkan kepada litografi EUV atau Ultraviolet Ekstrem, memungkinkan densitas die yang lebih tinggi sekaligus produktivitas 20 persen lebih baik.

DRAM DDR5 tersebut mengonsumsi daya 23 persen lebih sedikit, membuka pintu untuk operasi ramah lingkungan yang lebih baik di antara perusahaan TI.

Memory stick pertama dengan DRAM DDR5 baru diharapkan mulai dikirimkan pada tahun depan. Samsung kini sedang melakukan produksi masif untuk stok.

Sebelumnya, Oktober 2022 lalu, Samsung mengumumkan LPDDR5X DRAM yang telah menuntaskan proses validasi. Memori baru itu mencapai kecepatan 8,5 Gbps.

Samsung LPDDR5X DRAM dengan kecepatan hingga 8,5 Gbps merupakan yang paling cepat dalam industri. Bahkan, memori itu tak hanya bisa untuk smartphone.

Seperti Telset kutip dari GSM Arena, Selasa (18/10/2022), konsumsi daya rendah dan tingkat kinerja tinggi LPDDR5X cocok untuk aplikasi di PC, server, maupun mobil.

Teknologi LPDDR5X bukanlah hal baru di pasaran. Banyak smartphone bahkan sudah mengadopsi platform tersebut. Namun, berbeda dengan LPDDR5X Samsung.

Memori baru Samsung diklaim akan memungkinkan kecepatan lebih tinggi untuk dicapai dengan desain ulang internal minimal. Konsumsi dayanya pun rendah.

Daniel Lee, EVP Memory Product Planning Team di Samsung, mengungkapkan upaya bergabung dengan Qualcomm dalam pengembangan LPDDR5X 8,5 Gbps.

BACA JUGA:

“Upaya itu memungkinkan perusahaan untuk mempercepat ketersediaan LPDDR5X 8,5 Gbps di pasar dalam waktu lebih dari setahun,” demikian terang Daniel.

Ziad Asghar, VP Product Management di Qualcomm, menambahkan, perusahaan San Diego adalah pertama di industri seluler yang mendukung memori tercepat baru. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0